“Kenapa sih senyum-senyum aja dari tadi?”

“Iya nih, kan bentar lagi tanggal satu.. Hehehehe”

Awal bulan jadi surga dunia bagi setiap orang, setuju? Baik mereka yang mahasiswa maupun yang sudah bekerja. Kamu yang masih mahasiswa akan dapat jatah bulanan dari orang tua, sedangkan yang sudah bekerja bakal dapat gaji dari hasil keringatnya plus tambahan insentif kalau ada.

Yup, biasanya momen ini jadi momen bahagia di mana setiap orang tersenyum lebar. Di kepala mereka sudah ada banyak rencana mulai dari A sampai Z untuk mengalihfungsikan uang yang mereka dapatkan di awal bulan. Eits, tapi jangan sampai kecolongan. Setidaknya kamu harus sisihkan uang 150 ribu untuk memenuhi hal-hal yang bisa jadi kebutuhan tak terduga di awal bulan. Kira-kira apa saja, ya?

Hipwee akan bantu kamu untuk bikin daftar kebutuhan yang kira-kira perlu dipenuhi dengan cara menyisihkan uang 150 ribu di awal bulan. Biar lebih berguna dan nggak kelabakan. Ini dia…

1. Sayang hape, sayang gadget. Menyisihkan 150 ribu bisa jadi penyelamat saat gadget-mu tiba-tiba ngadat.

Kemaslahatan. via picshype.com

Advertisement

Sekarang, hape udah jadi barang yang wajib dipunya oleh sebagian besar orang. Nggak hanya buat memudahkan komunikasi, merangkap jadi alat dokumentasi, pencari informasi, sampai alat update paling anyar, semua bisa dilakukan oleh benda ajaib kecil ini. Jangan kaget, suatu saat hape dan gadget kesayanganmu akan ngadat dan hang.

Dengan berjaga-jaga menyisihkan 150 ribu di awal bulan, paling tidak bisa kamu jadikan tabungan mendadak buat benerin hapemu. Nggak perlu ngerepotin orang lain buat hutang juga nantinya.

2. Sekali-sekali bahagiain diri dengan nongkrong dan ngemil cantik di kafe dekat rumah. Sambil melepas lelah~

Yuk ngopi cantik~ via formulalubvi.com

Siapa sih yang nggak butuh hal buat bikin diri sendiri senang? Mungkin kamu masih belum ada budget lebih buat liburan, tapi dengan menyisihkan selembar seratus ribu dan lima puluh ribuan, kamu bisa jajan dan nongkrong cantik di kafe lucu di dekat rumahmu. Sambil memesan kopi latte favorit dan se-slice cheesecake, ah, kenikmatan mana yang kamu dustakan? Lelah yang ada di pikiran sirna sudah.

3. Kendaraan juga perlu perawatan, kalau nggak dijadwalkan servis di awal bulan, bisa jadi uangmu ludes duluan.

servis kendaraan via haynes.co.uk

Dapat rejeki di awal bulan jangan cuma kamu gunakan untuk kebutuhan pribadimu saja, kendaraanmu juga butuh perawatan. Walau gimanapun, kendaraanmu juga punya peran di kehidupanmu. Servis rutin akan jadi treatment yang lebih bagus buat menjaga kendaraanmu tetap prima. Modal uang 150 ribu? Cukup banget lah buat servis ringan plus ganti oli. So, perlakukan kendaraanmu seperti kamu memperlakukan dirimu sendiri, ya.

4. Jangan heran kalau di awal bulan kamu dapat banyak undangan nikahan, 150 ribumu bisa buat modal kondangan.

buat nyumbang di kondangan via img1.etsystatic.com

Awal bulan adalah kesempatan buat mereka yang punya rencana menggelar resepsi pernikahan. Kenapa nggak? Awal bulan kan dompet orang lagi tebal-tebalnya. Harapan untuk dapat sumbangan lebih banyak nggak dipungkiri, kan?

Nah, kalau kamu termasuk orang yang dapat setumpuk undangan di awal bulan, uang 150 ribu akan jadi bermanfaat banget buat kamu bagi-bagi modal mendatangi acara resepsian. Itu sudah termasuk biaya dandan juga, khusus kamu yang cewek. Jangan kebiasaan datang ke acara resepsian dengan tangan kosong, alias cuma numpang makan dan foto saja. Nggak dosa sih, tapi mereka juga butuh dihargai.

5. Buat bayar barang incaran yang kamu keep di online shop, yakin cuma lapar mata?

beli ah, mumpung awal bulan via madelast1.files.wordpress.com

Hey, kamu yang suka belanja di online shop, pasti sering kan nge-keep barang incaran dan ngasih tenggat waktu ke sista online nya untuk bayar itu barang di awal bulan. Yup, cara ini kerap dilakukan karena sudah terlanjur naksir sama barang yang dijual, tapi belum bisa bayar karena kehabisan uang.

Nah, ketika hari itu datang, di mana ATM-mu sudah terisi uang, kamu musti buru-buru mengentaskan barang yang kamu keep dari sista online sebelum diambil orang lain.

6. Kamu yang sudah berpenghasilan, kiriman 150 ribumu ke rumah mungkin bukan apa-apa, tapi bagi orang tua itu berkesan

sisihkan untuk orang tua via 3.bp.blogspot.com

Sudahkah kamu sisihkan sedikit uangmu untuk kiriman uang bulanan ke orang tua? Khusus kamu yang sudah bekerja dan punya cukup penghasilan, adalah wajib hukumnya untuk memberi sedikit nafkah untuk orang tuamu. Meskipun orang tuamu nggak mengharapkan materi, namun setidaknya, lewat uang yang nggak seberapa ini menjadi wujud terima kasihmu pada orang tua yang sudah banyak berjasa di kehidupanmu.

7. Atau, kamu bisa tukar 150 ribumu dengan pengalaman seru nonton konser di kotamu. Selain ketemu idola, siapa tahu jodohmu juga di sana.

Alasan terakhir kenapa kamu harus sisihkan uang 150 ribumu di awal bulan adalah karena kamu bisa merasakan sensasi tak terlupakan untuk nonton festival musik terbesar dan terkeren di Indonesia, apalagi kalau bukan #Soundrenaline2016.

Yup, acara yang sudah digelar pada tanggal 3 dan 4 September 2016 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali lalu ini mampu menyedot perhatian 101.520 penonton. Bertemakan #LouderThanEver, mega konser ini mampu menyuguhkan beberapa penampilan musisi lokal dan internasional, mulai dari genre yang mainstream hingga indie pun ada.

Adapun line up-nya seperti Sheila on 7, Maliq & D’essentials, Efek Rumah Kaca, Shaggy Dog, Tulus, Isyana Sarasvati, Sore, Endah ‘n Rhesa Kahitna, DJ Yasmin, The S.I.G.I.T, Mocca, dan masih banyak lagi performer keren lainnya. Nggak cuma itu, Simple Plan, The Temper Trap dan Bloc Party juga sukses menambah level keseruan gala konser yang dibagi di 5 panggung ini.

Istimewanya, cuma dengan merogoh 150 ribu untuk dapetin tiketnya, keseruan yang terasa serunya di sana adalah dengan adanya berbagai aktivitas lain seperti marketplace, art exhibition oleh finalis Go Ahead Challenge, games hingga kolaborasi dengan individu atau komunitas Catalyst Art, Nikita Dompas, dan Localbrands.id bakal kamu dapatkan.

Kesempatan untuk bisa merasakan sensasi bernyanyi bersama 70 musisi kesukaanmu–baik  yang sudah dikenal maupun yang emerging, tak akan merugi rasanya jika hanya bermodalkan 150 ribu. Atau paling tidak, budget-mu buat nonton Soundrenaline tahun depan nggak akan mahal-mahal banget, kok. Hehehehe.

So, gimana? Untuk kamu yang masih belum kesampaian jadi bagian di momen spesial #LouderThanEver ini, siapkan tabungan untuk beli tiket di Soundrenaline tahun depan, ya. Karena event musik yang dari kamu ini, akan dinikmati oleh kamu pula. Let’s go, sisihkan 150 ribumu ya, masih ada waktu yang panjang buat menyisihkan!

Jadi, dalam waktu dekat ini uang 150 ribumu akan kamu gunakan untuk apa, guys?