5 Cara Mengakali Website SSCASN BKN yang Tidak Bisa Diakses. Keluhan Klasik Pendaftaran CPNS

SSCASN tidak bisa diakses

Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 resmi dibuka pada hari ini. Bagi kamu yang berminta dan telah memenuhi persyaratan, bisa melakukan pendaftaran melalui situs https://sscasn. bkn.go.id. Dilansir dari laman Kompas, pemerintah mengalokasikan 197.111 formasi. Rinciannya, 37.854 formasi pada 68 kementerian/lembaga dan 159.257 formasi pada 462 pemerintah daerah.

Advertisement

Animo masyarakat yang sangat tinggi terhadap pendaftaran CPNS membuat website SSCASN BKN sering mengalami eror. Nggak cuma unggah dokumen, bahkan untuk masuk saja pun kadang  susah. Tapi kamu nggak perlu panik, toh jangka waktu pendaftarannya cukup panjang — sampai 24 November 2019. Lagipula ada beberapa cara yang untuk mengakalinya, berikut Hipwee Tips paparkan tipsnya!

1. Niatkan dirimu untuk mengakses website pendaftaran pada dini hari, bakal lebih sepi ketimbang siang atau malam hari

daftar dini hari via www.merdeka.com

Baiknya, kamu mulai mengakses website SSCASN BKN mulai pukul 2 dini hari hingga pukul 5 waktu subuh. Di  jam-jam ini, biasanya lalu lintas situs nggak terlalu padat, sehingga memudahkanmu untuk mengaksesnya. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu memiliki akses internet yang stabil supaya proses pendaftaranmu nggak terhenti di tengah jalan.

2. Selain jam akses, kamu juga perlu memperhatikan waktu dan tanggal saat mengakses website

pilih waktu yang tepat via www.lombokpost.net

Usahakan untuk nggak mengakses website di awal dan penutupan pendaftaran. Biasanya, masa-masa ini website ramai dikunjungi oleh banyak pendaftar. Makanya,  cobalah untuk mengaksesnya di pertengahan fase yang sekiranya sudah sepi pendaftar agar proses pendaftaranmu pun berjalan lancar.

3. Saat website benar-benar nggak bisa diakses, baiknya tunggu beberapa saat setelah dilakukan upgrade server

tunggu upgrade server via www.radartasikmalaya.com

Situs SSCASN BKN menggunakan cloud yang mana memiliki kinerja baik — jika server down lalu lintas akan dialihkan ke server lain yang nggak mengalami gangguan. Namun, tingginya pengunjung terkadang membuat sistem nggak bisa memulihkan lalu lintas dengan cepat. Untuk itu, cobalah tunggu 10 hingga satu jam setelah sistem melakukan upgrade server lebih dulu.

4. Agar lebih stabil, penggunaan IP Address dari luar negeri juga layak kamu coba. Itu lo, pakai VPN misalnya

pakai vpn via finance.detik.com

Secara keseluruhan, sistem pada server BKN merupakan sistem server yang dikhususkan untuk pengunjung dari IP Indonesia. Di mana setiap server memiliki batas maksimal pengunjung dari negara yang sudah ditentukan. Tapi, ternyata server ini juga memiliki bandwith untuk akses IP Address luar negeri lo! Makanya, kamu bisa coba menggunakan VPN atau ganti proxy  internet dengan IP 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 untuk second IP-nya.

5. Kesulitan mengakses website juga bisa terjadi karena history browser penuh. Nggak ada salahnya kamu bersihkan terlebih dahulu

Advertisement

clear browser data via osxdaily.com

Selain menggunakan aplikasi pembersih cache and junk file seperti Ccleaner, kamu juga perlu membersihkan browser-mu secara berkala. Caranya, cobalah masuk ke ‘Pengaturan’ kemudian pilih ‘History’, dan pilihlah ‘Clear Browsing Data’. Pastikan juga untuk nggak membuka banyak tab ketika sedang mengakses website SSCASN BKN ini, ya!

Mengingat hari ini adalah hari pertama dibukanya pendaftaran CPNS 2019, nggak perlu kesal kalau nggak bisa mengakses website pendaftarannya. Ini hal yang wajar banget. Coba lakukan dulu cara-cara di atas. Meski bisa diakses menggunakan ponsel, namun baiknya lakukan pendaftaran dengan laptop atau komputer supaya lebih jelas dan stabil koneksinya. Semoga berhasil, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE