5 Strategi yang Bisa Kamu Lakukan untuk Lindungi Diri di Tengah Pandemi Walau Harus Beraktivitas Kembali

Strategi lindungi diri di tengah pandemi

Beberapa orang sudah harus kembali mulai beraktivitas kembali di masa pandemi ini. Seperti para pekerja di beberapa perusahaan Ibu Kota yang harus mulai pergi ke kantor lagi. Mungkin kamu salah satunya. Walau masih berat hati dan deg-degan harus beraktivitas seperti biasa di tengah pandemi, semua harus dilewati dengan tenang, tapi tetap waspada.

Daripada mikir yang nggak-nggak dan berujung stres, mending sekarang mempersiapkan diri dengan baik yuk! Nggak susah kok bikin aktivitas lancar di tengah pandemi. Yang terpenting kan kamu sudah berusaha dengan baik~ Berikut strategi yang bisa kamu lakukan untuk melindungi diri di tengah pandemi.

1. Tetap update dengan berita terkini, jadi kamu bisa menaati aturan terbaru. Jangan sampai salah langkah saat beraktivitas karena nggak update

Rajin-rajin baca berita dari sumber terpercaya (Foto: iStock)

Belum ditemukannya vaksin Covid-19 dan masih berlanjutnya penelitian mengenai virus ini membuat imbauan maupun peraturan yang dikeluarkan oleh badan dunia maupun pemerintahan terus berubah-ubah. Makanya kamu harus update dengan berita terkini mengenai Covid-19. Ikutilah akun berita dan institusi terpercaya agar tidak terdampak berita hoaks. Setelah membaca berita, kamu juga perlu cek kebenarannya. Update juga dengan peraturan yang dikeluarkan kebijakan tempatmu tinggal biar nggak salah langkah saat beraktivitas.

2. Bawa perlengkapan kebersihan seperti hand sanitizer yang mendapat predikat ‘World’s First Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting’

Jaga kebersihan dengan Lifebuoy Hand Sanitizer Immunity Boosting (Foto: dok. Lifebuoy)

Rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas atau memegang bagian tubuh adalah salah satu langkah jitu untuk mencegah tertular COVID-19. Namun bagaimana kalau di sekitarmu nggak ada air bersih dan sabun? Kamu bisa membawa hand sanitizer yang juga ampuh membersihkan tangan dari virus. Kayak Lifebuoy Hand Sanitizer Immunity Boosting yang mendapat predikat World’s First Hand Sanitizer Skin Immunity Boosting.

Lifebuoy Hand Sanitizer Immunity Boosting bukanlah hand sanitizer biasa. Melainkan hand sanitizer peningkat imunitas pertama di dunia yang tidak hanya membunuh kuman tanpa air, tapi juga mengaktifkan peptida kulit untuk meningkatkan imunitas kulit yang melawan bakteri dan virus . Makanya berada di luar ruangan tetap aman dengan Lifebuoy Hand Sanitizer Immunity Boosting. Nah, Lifebuoy selalu menjagamu di mana saja dan kapan saja, termasuk ketika kamu bepergian keluar di era new normal ini. Lifebuoy bekerja sama dengan mitra-mitra seperti, Grab, Gojek, dan Bluebird untuk memastikan perjalananmu terlindung dari bakteri dan virus. Kamu cukup  tuangkan beberapa tetes hand sanitizer di tangan dan usapkan pada telapak tangan hingga kering. Oh iya, Lifebuoy Hand Sanitizer Immunity Boosting juga menutrisi kulit biar nggak kering loh~

3. Membawa bekal atau perlengkapan makan sendiri. Biar saat makan di luar nggak was-was

Membawa perlengkapan makan sendiri termasuk cara mencegah penularan Covid-19 (Foto: iStock)

Pasti kangen ya jajan kaki lima dan cari menu makan siang saat istirahat? Di masa pandemi ini, kamu harus lebih hati-hati dalam membeli makanan. Sebaiknya bawalah bekal dari rumah karena kamu tahu kebersihan dan cara pembuatannya. Kalau memang nggak bisa bawa bekal, pastikan restoran/warung yang kamu pilih mengutamakan kebersihan. Selain itu, bawalah perlengkapan makan sendiri seperti kotak bekal, sendok, dan garpu untuk mencegah penularan Covid-19. Oh iya, jangan lupa bawa tumbler sendiri ya untuk memastikan kamu tetap aman saat minum.

4. Kalau nggak bawa kendaraan sendiri buat bermobilitas, bawa disinfektan dan perlengkapan milik pribadi kayak helm

Bersihakan area di sekitarmu dengan spray disinfectant (Foto: iStock)

Per tanggal 8 Juni kemarin, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan bawah ojol sudah boleh beroperasi untuk mengangkut penumpang. Nah buat kamu yang harus bermobilitas menggunakan transportasi umum, tetap waspada ya saat perjalanan ke kantor maupun pulang ke rumah. Cara yang bisa kamu lakukan adalah membawa perlengkapan pribadi seperti helm ketika mau naik ojol. Misalnya kamu harus naik bus atau kereta, gunakan masker serta membawa disinfektan spray serta tisu untuk membersihkan area sekitarmu. Misalnya untuk membersihkan pegangan di dalam bus atau kereta. Peralatan ini juga bisa untuk membersihkan barang yang kamu sering pegang, seperti handphone atau area meja kerja.

5. Selain atur pola hidup sehat untuk kekuatan fisik, jaga kesehatan mental juga ya!

Sayangi dirimu dengan menjaga kesehatan mental (Foto: iStock)

Sudah pakai masker, rajin cuci tangan, dan menjaga kebersihan diri merupakan usaha yang baik. Tapi makin baik lagi jika kamu memerhatikan kesehatan mental. Nggak jarang loh di masa pandemi ini banyak yang stres karena berbagai faktor. Misalnya dari imbauan untuk melakukan physical distancing. Imbauan ini bisa bikin kamu yang suka bersosialisasi jadi harus terkungkung di rumah aja dan berujung stres. Nah setelah kebijakan new normal ini diberlakukan, stres juga muncul karena takut untuk berkegiatan seperti biasa. Kamu bisa curhat ke orang yang terpercaya, melakukan kegiatan yang bikin kamu happy dan kadar self love-mu bertambah, atau ketika memang rasa stres tidak bisa dilawan, coba deh konsultasi online dengan psikiater. Fisik udah sehat, mental juga dibikin sehat dong biar bisa beraktivitas dengan lancar~

Buat kamu yang mulai beraktivitas di masa new normal, semangat ya!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.