“Apalah dayaku jika tanpa lipstik…”

Sebagai cewek yang doyan dandan, lipstik pastinya jadi andalan untuk mendongkrak kecantikan. Dari berbagai macam warna serta bentuknya, lipstik sudah jadi separuh jiwa dari para penikmat dandan ini.

Nggak cuma variannya aja yang beragam, harga lipstik pun bermacam-macam; dari yang murah hingga yang harganya ratusan ribu. Tapi seberapa mahalpun harga lipstikmu, itu akan percuma jika saat memakainya kamu tidak tahu tips dan triknya agar lipstikmu tahan lama! Penasaran gimana caranya? Yuk, simak sama-sama!

1. Membersihkan bibir sebelum pakai lipstik seringkali dilupakan. Usap lembut bibirmu dengan handuk basah agar penyerapan lipstik lebih optimal.

bersihkan bibirmu dulu via gudang.muhrid.com

Sebelum pakai lipstik, usahakan kamu bersihkan dulu seluruh bagian bibirmu. Ini berguna untuk menghilangkan kotoran serta sel kulit mati yang masih menempel dan akan menganggu penyerapan lipstikmu nanti. Jika memungkinkan, gunakan air hangat agar bibirmu sekaligus di pijat dengan lembut. Jika sudah, jangan lupa keringkan dengan tissue.

2. Jika sudah selesai dibersihkan dan dikeringkan, bubuhkan foundation (alas bedak) atau bedak sebagai dasar agar lipstikmu menempel sempurna.

Advertisement

ternyata foundation bisa buat bibir juga via medianita.com

Nggak cuma wajah, ternyata bibir juga butuh foundation atau alas bedak sebelum memakai lipstik. Ini cara menggunakannya :

Jika foundation :

  • Ambil foundation menggunakan telunjuk secukupnya, jangan sampai kebanyakan nanti mbeleber.
  • Taruh di kuas kecil (seukuran kuas lipstik)
  • Oleskan merata ke bibir dengan gerakan searah (dari kanan atau kiri saja)

Jika bedak :

  • Sapukan kuas kecil tadi ke bedakmu, secukupnya
  • Usapkan ke bibir dengan gerakan searah (usahakan jangan menggumpal)

Ribet amat sih?  Nggak ribet kok, ini cuma butuh waktu 30 detik saja jika kamu telaten.

3. Jangan sampai bibirmu kering saat pakai lipstik, aplikasikan juga lip balm tanpa warna demi tampilan bibir yang makin merona.

makes your lip’s beautiful and healthy! via habbana.com

Apapun jenis lipstikmu, sebaiknya kamu menggunakan lip balm sebelum ber-lipstik ria. Nggak mau dong bibirmu kering dan pecah-pecah padahal harga lipstikmu sudah selangit? Nah, jangan lupa pakai lip balm ya! Dan yang nggak kalah penting, pilih lip balm yang mengandung SPF atau vitamin E yang bisa mempercantik sekaligus bisa merawat bibirmu.

4. Jangan sampai lipstikmu belepotan! Selain merapikan, lip liner juga membantu polesan lipstikmu terlihat rapi.

gunakan lip liner agar rapi via medianita.com

Lip liner ini mungkin masih agak asing buat kalian para pemula, tapi sebenarnya nggak kalah penting, lho! Mencegah lipstik belepotan dan menyempurnakan warna lipstik adalah fungsi utama dari lip liner ini. Untuk menghindari kesan aneh, gunakan lip liner sesuai dengan warna lipstikmu, jangan sampai perbedaan warnanya jauh. Kan nggak lucu kalau bibirmu jadi ombre!

5. Kuas lipstik adalah benda yang wajib kamu punya. Selain bisa mempertahankan warna, kuas kecil ini bikin lipstikmu merata sempurna.

oleskan lipstik dengan gerakan satu arah via teruskan.com

Jangan langsung tempelkan lipstik pada bibir, ini bisa menghasilkan bentuk lipstik yang tidak rata. Dengan kuas ini, penyerapan warna lipstik ke bibirmu akan lebih merata dan awet tentunya.

6. Kalau kamu nggak terbiasa memakai kuas lipstik pun nggak apa-apa. Tapi, pastikan polesan lipstikmu dengan benar, ya!

poleskan lipstikmu searah via cnnindonesia.com

“Kalau gerakan memoles lipstikmu dari kiri, dari kiri seterusnya agar tetap rapi dan sebaliknya.”

7. Terakhir, tempelkan tissue kering dan jepit dengan kedua sisi bibir. Ini sentuhan penting agar lipstikmu menyerap sempurna dan tahan lama.

kurangi kelebihan lipstikmu via gladis.beritagar.id

Step terakhir ini nggak harus kamu lakukan, sih. Tapi ini berguna juga jika pemakaian lipstikmu berlebihan dan kurang menyerap. Jika diperlukan, bubuhkan kembali bedak pada kuas yang agak besar agar bibir terlihat membaur dengan lipstik kesukaanmu.

8. Nggak perlu repot ke salon kok. Kamu bisa merawat bibir yang biasa kamu poles lipstik dengan scrub gula alami.

jangan lupa rawat bibirmu via hipandhealthy.com

Setelah seharian memakai lipstik, bibirmu juga jangan luput dari perawatan agar tetap sehat. Kamu bisa pakai gula pasir di dapur secukupnya, oleskan ke bibir dan gosok dengan lembut menggunakan tangan atau sikat gigi bersih. Lakukan ini 2-3 kali seminggu agar sel kulit mati bibirmu hilang sehingga lipstikmu bisa menempel dengan sempurna keesokan harinya. Kuncinya cuma telaten aja, sih!

Nggak perlu bingung lagi, dong. Bisa pakai lipstik kesayanganmu dengan warna yang menyerap sempurna plus bibirmu bisa tetap sehat. Selamat mencoba ya…