Siapa sih yang nggak kenal Google? Setiap orang pasti familiar dan sering menggunakan search engine yang satu ini. Berbagai macam informasi bisa kamu temukan di sana, mulai dari hal remeh temeh hingga hal-hal penting yang bisa memudahkan hidupmu, bisa kamu temukan di mesin pencarian Google.

Hanya saja, saking banyaknya informasi di Google, kamu perlu trik cerdas agar pencarianmu lebih terarah dan gak melebar kemana-mana. Nah, pencarianmu di Google lebih efektif, kamu wajib tahu dan segera mencoba trik-trik rahasia dari Hipwee Tips berikut ini!

Menggunakan tanda kurang (-) akan mengecualikan satu kata tertentu, biar pencarianmu efektif dan tepat sasaran

Gak ada ulasan Zenfone 5 kan jadinya via hipwee.com

Kadang ada makna ambigu dari suatu hal yang akan kamu temui di Google. Biar gak kesal sendiri, coba tambahkan tanda kurang (-) diikuti dengan kata makna ambigu dari hal yang kamu cari, setelah menuliskan keyword apa yang ingin kamu cari itu. Praktis ‘kan?

Mencari data dari satu situs tertentu? Coba gunakan “site:” sebelum keyword pencarianmu agar hasilnya bisa fokus disitu

Munculnya yang dari Hipwee doang kan via hipwee.com

Advertisement

Jika kamu butuh mencari data dari satu situs tertentu, cara ini wajib kamu coba. Sederhana kok, cukup praktikkan saja rumus di bawah ini.

“site:(nama situs) hal yang ingin kamu cari”

Kamu bisa menggunakan tanda bintang (*) sebagai pengganti kata yang dilupa. Misal; sepanjang * kenangan

Buat nyari lirik lagu bisa tuh via hipwee.com

Namanya juga manusia. Ada kalanya kamu lupa soal sesuatu. Nah kalau lupamu adalah salah satu kata dalam sebuah kalimat yang sudah tenar di Internet, kamu gak perlu sedih. Kamu cukup menambahkan tanda bintang (*) pada kata yang kamu lupa. Voila! Google akan menemukan kata yang kamu cari dengan cepat dan tepat.

Penggunaan tanda tambah (+) itu perlu, supaya Google menampilkan hasil pencarian paling sesuai dengan kata yang kamu masukkan

Keluarnya Liverpool yang klub bola. Bukan yang lainnya via hipwee.com

Mau lebih fokus mencari soal kata yang kamu inginkan? Kamu harus mencoba trik ini. Cukup dengan menambahkan tanda tambah (+) diikuti dengan fokus pencarianmu, Google akan memberikan hasil pencarian yang fokus sesuai yang kamu minta.

Related:” bisa kamu gunakan untuk mencari situs yang sama dengan keyword-mu. Biar referensimu gak itu-itu mulu

Jadi banyak kan referensi situs serupa via hipwee.com

Kamu butuh banyak informasi tapi sumbermu cuma dari situs itu aja? Cobalah dengan menggunakan “related:” kamu bisa mencari referensi situs yang sama dengan situs yang biasanya kamu buka.

Sedang mencari sesuatu dalam kisaran harga tertentu? Coba deh gunakan “…” dalam pencarianmu

Munculnya yang kisaran harga segitu doang via hipwee.com

Kamu bisa mencari barang-barang dengan range harga tertentu atau menemukan sesuatu sampai tahun tertentu. Contohnya, kalau kamu mau mencari informasi tentang smartphone yang kisaran harganya dari $300 sampai $500, kamu bisa menggunakan rumus ini.

Contohnya “smartphone $300…$500”

Menggunakan tiga  titik di antara angka akan meminta Google untuk menemukan sesuatu di dalam range angka tersebut.

Trik ini harus kamu tahu. Gunakan tanda petik dalam pencarian frase-mu agar hasil pencarianmu nggak melebar jauh

Ada Fatkhur Rozi semua Hehe via hipwee.com

Sering melakukan pencarian di Google tapi hasilnya melebar terlalu jauh? Berarti kamu belum mengerti trik yang satu ini. Cobalah menggunakan tanda petik dalam pencarianmu agar hasilnya sesuai dan nggak mbeleber kemana-mana. Kamu pun jadi lebih mudah menemukan informasi yang kamu inginkan.

Sedang mencari tipe file tertentu? Gunakan “filetype:” sebelum format file tertentu agar tak menghambat pencarianmu

Hasilnya PDF semua~ via hipwee.com

Kalau kamu bermaksud mencari berkas atau file dengan format tertentu di jagad internet, Google bisa membantumu. Kamu cukup mengetik perintah berikut:

“(nama berkas) filetype:(format)”

Setelah itu, Google akan memberimu hasil pencarian sesuai dengan format yang kamu minta.

Mencari laman lain yang terhubung dalam satu situs sudah bukan perkara susah. Cukup gunakan “link:” sebelum situs saja

Nah kan muncul laman terkait via hipwee.com

Barangkali kamu ingin mencari laman-laman lain yang terkait dengan situs favoritmu, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Demi mendapat data yang kamu inginkan, kamu cukup mengetikkan “link:(situs favoritmu)” dan biarkan Google bekerja dengan sendirinya.

Semoga artikel ini bisa membantu proses pencarianmu di Google, ya. Good luck!