Sembelit adalah kondisi ketika kamu sulit untuk buang air besar (BAB). Entah karena asupan gizi yang kurang seimbang atau hal lain yang bisa membuat perutmu jadi tak nyaman. Kalau sudhah begini, beraktivitas pun jadi terganggu bahkan mengurangi produktivitasmu.

Eits… bukan karena puasanya, tapi pola makanmu selama sahur dan berbuka yang patut dikoreksi. Terus, gimana sih cara mencegahnya? Ini nih, Hipwee Tips bagi solusinya…

1. Terapkan sistem 2-4-2 untuk minum air putih saat puasa. Dijamin, BAB-mu akan lancar jaya!

Minum ait putih sistem 2-4-2!

Minum ait putih sistem 2-4-2! via www.lovethispic.com

Advertisement

Biasakan untuk mengonsumsi air putih 2-4-2. Jadi, dua gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. Konsumsi air yang cukup mencegahmu dari dehidrasi. Lho apa hubungannya? Yup, karena dehidrasi bisa menjadi pemicu datangnya sembelit. Yuk, biasakan minum air putih yang cukup selama puasa!

2. Daripada gorengan, mengkonsumsi makanan berserat jauh lebih bermanfaat dan membuat pencernaanmu nyaman

makan makanan yang berserat

makan makanan yang berserat via ayobisnisherbal.com

Salah satu penyebab dari sembelit adalah kurangnya serat. Kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti sayur, buah, sereal, roti gandum, biji-bijian, bahkan kurma. Pilihan menu tadi sangat baik untuk berbuka dan sahurmu, lho. Faktanya, mengonsumsi makanan kaya serat saat sahur juga bikin kamu merasa kenyang lebih lama.

Kurma misalnya, buah khas Arab ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Ini disebabkan, tekstur serat kurma yang halus, hingga aman saat melewati organ pencernaan. Selain itu, makanan juga jadi lebih mudah terdorong dalam usus. Tuh, rajin-rajin makan kurma ya!

3. Kalau sembelit udah terlanjur mendera, jangan lupa mengonsumsi minuman probiotik ya sehabis berbuka puasa

Yogurt, baik

Yogurt, baik untuk mengatasi sembelit. via www.pinterest.com

Advertisement

Kalau seandainya kamu udah terlanjur susah buang air besar, bisa diatasi dengan mengonsumsi minuman probiotik. Minumlah sehabis berbuka puasa, agar pencernaanmu esok hari lebih terjaga.

Yoghurt misalnya. Sekarang yogurt yang beredar di pasaran semakin beragam rasanya. Tinggal kamu pilih aja rasa apa yang paling kamu suka. Biar makin fresh dan semangat buat menjalankan puasa. 🙂

4. Percaya atau tidak, kopi dan teh ternyata malah memperburuk susah BAB-mu. So, sebaiknya hindari saja

Kurangi kopi juga ya..

Kurangi kopi juga ya.. via chelseashealthykitchen.com

Mungkin buat sebagian orang yang suka teh dan kopi, menghindari dua minuman kesayangan ini tentu sangat berat rasanya. Namun, mau nggak mau harus kamu mengurangi karena bisa memperburuk sembelit. Kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat diuretik, yakni menyerap cairan tubuh. Pun dengan kandungan tanin dalam teh yang juga berpotensi bikin sembelit tambah menjadi.

Buat amannya sih, sebaiknya kamu konsumsi kedua minuman ini nggak lebih dari 1 gelas per hari, ya.

5. Buka puasa pakai menu yang pedas-pedas memang menggoda, tapi efek buruknya buat pencernaan jangan ditanya

Enak sih, tapi....

Enak sih, tapi…. via resepdendengbalado.com

Meski banyak yang bilang kalau makan makanan yang pedas bisa ‘meminta’ perut kita untuk berkontraksi dan buang air besar, namun jika berlebihan nggak baik untuk kesehatan pencernaan. Makanya, mengurangi porsi makanan pedas ini adalah solusi terbaiknya.

6. Karena seratnya yang tinggi, menyisipkan puding atau agar-agar di menu buka puasa bisa banget kamu coba

sisipkan puding atau agar-agar juga!

sisipkan puding atau agar-agar juga! via thesugarhit.com

Agar-agar dan puding itu berbahan dasar rumput laut, dan erkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah, jika kamu menyantap salah satu dari keduanya saat berbuka puasa, ini sangat baik untuk melancarkan pencernaanmu.

Agar-agar atau puding bisa membantu mengaktifkan kembali fungsi pencernaanmu yang sebelumya beristirahat selama kurang lebih 14 jam.

7. Tahukah kamu kalau kurang olahraga juga bisa bikin sembelit? Bonusnya, perutmu juga akan membuncit

Jogging sambil nunggu buka puasa.

Jogging sambil nunggu buka puasa. via www.tumblr.com

Olahraga menyebabkan pembakaran lemak dan kalori, sehingga mampu mencegah sembelit yang mengganggu. Kamu bisa kok memilih olahraga yang ringan-ringan saja selama bulan puasa.

Kalau kata Brunei Times, berolahraga sebelum makan berat itu baik karena bisa menghindari gas berlebih yang bisa menyebabkan sembelit. Jadi, jangan jadikan puasa sebagai alasanmu malas bergerak atau olahraga, ya! Nanti bisa bahaya.

Bye, sembelit! Aku sudah bahagia tanpamu…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya