Susah Move On dari Celana Jeans? 9 Aturan Merawat Jeans Ini Wajib Kamu Tahu!

Tips merawat jeans

Merawat jeans sebenarnya sederhana aja. Tapi tetap ya kamu harus memperhatikan beberapa hal supaya jeans-mu tetap awet. Kamu mungkin sering terlupa kalau mencuci jeans sebaiknya dibalik. Selain itu cara menggosok dan menyimpannya juga ada aturan tersendiri lho. Terus, kalau terkena noda, membersihkannya bagaimana?

Advertisement

Tenang, kali ini Hipwee bakal ngasih tips merawat jeans khusus buat kamu yang hobi pakai jeans.

1. Pastikan membalik jeans-mu sebelum di cuci, ya. Demi menjaga warnanya agar tidak cepat pudar

Jangan lupa di balik dulu ya. Photo by Mstudio from Pexels via www.pexels.com

Sebelum mencuci jeans-mu, pastikan membaliknya terlebih dahulu ya. Jadi, bagian dalamnya di luar. Supaya warna jeans-mu ga cepat pudar dan warnya terjaga. Sebelumnya kamu juga bisa membaca terlebih dahulu petunjuk pada bagian lebel dalam jeans-mu lho. Agar kamu mengetahui berapa suhu air yang bisa digunakan untuk mencucinya. Kamu juga bisa mencuci jeans-mu dengan air hangat agar kotoran-kotorannya bisa hilang. Satu lagi, jangan sekalipun mencuci jeans-mu dengan deterjen berpemutih! Biar apa? Biar warnanya ga pudar dong.

2. Mungkin kamu sering lupa mengecek kantong jeans-mu. Mulai besok, jangan lagi ya!

Jangan lupa cek kantong jeans sebelum dicuci. Photo by Castorly Stock from Pexels via www.pexels.com

Sisa koin, pulpen, sampai kertas, kadang suka tertinggal dalam kantong jeans-mu. Nah, mulai besok kalau mencuci jeans, periksa dulu ya isi kantongnya. Pastikan tidak ada barang yang tertinggal supaya jeans-mu tidak tergores ujung pulpen misalnya. Atau sekadar terkena serpihan kertas.

Advertisement

3. Ingin warna jeans-mu tetap cemerlang nyaris seperti pertama kali beli? Kamu bisa merendamnya dengan air cuka lo

Coba pakai cuka. Photo by Snapwire from Pexels via www.pexels.com

Kamu ingin warna jeans-mu mirip seperti pertama kali beli? Bisa banget lo. Cukup rendam jeans-mu dengan air yang sudah dicampur dengan cuka. Lakukan hal tersebut sebelum mencucinya ya.

4. Hindari sinar matahari langsung saat menjemur jeans-mu. Udah, cukup cintanya padamu aja yang pudar, warna jeans-mu jangan sampai deh

Jangan kayak gini ya, mending dibalik dan nggak kena sinar matahari langsung. Photo by Ricardo Gomez Angel on Unsplash via www.pexels.com

Balik jeans-mu saat akan menjemurnya. Gantung dengan hanger dan pastikan tidak terkena sinar matahari langsung ya. Agar warnanya terjaga dan nggak cepat pudar.

5. Mulai sekarang kalau menyetrika jeans, jangan lupa dibalik dan dalam keadaan lembab ya!

Jangan lupa kalau setrika juga dibalik ya. Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay via pixabay.com

Kamu mungkin suka lupa membalik jeans-mu saat menyetrikanya. Mulai sekarang jangan lagi ya. Pastikan juga jeans-mu dalam keadaan kering. Karena menyetrika jeans dalam keadaan lembab atau basah, akan menimbulkan jamur berwarna biru yang dapat membuat jeansmu gampang rusak.

Advertisement

6. Eits, menyimpan jeans juga jangan sembarangan. Sebaiknya kamu gantung ya!

Jangan dilipat ya, mending digantung. Photo by Mica Asato from Pexels via www.pexels.com

Jeans juga jangan disimpan sembarangan ya. Lebih baik di gantung dengan hanger dari pada dilipat. Supaya nggak ada bekas lipatan.

7. Kalau jeans-ku kena noda gimana? Hei, kamu bisa praktikan cara berikut ini

Noda jeans-mu bisa kok diatasi dengan alkohol dan bahkan dengan es!

Noda jeans-mu bisa kok diatasi dengan alkohol dan bahkan dengan es! via www.youtube.com

Ups, jeans-ku kena permen karet! Tenang, kamu bisa menaruh es di area yang terkena permen karet. Setelah permen karet membeku, kamu pun bisa mencucinya seperti biasa. Lalu bagaimana dengan noda tinta? Gosok aja dengan alkohol lalu bilas dan cuci lagi setelahnya. Adapun noda getah bisa dituntaskan dengan meneteskan alkohol juga pada area yang terkena noda. Diamkan selama 5 menit, gosok dengan ibu jari, terakhir cuci dan bilas dengan air dan sabun.

Bagaimana jika jeans-mu terkena noda seperti lumpur? Tenang, rendam jeans-mu di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan detergen. Setelahnya kamu bisa mencuci jeans-mu seperti biasa.

8. Ingin jeans-mu mendapat efek fading yang keren? Bisa banget. Bahkan kamu pun bisa membentuk efek unik pada jeans-mu lo!

Kamu pingin kan jeans-mu berefek fading kaya gini?

Kamu pingin kan jeans-mu berefek fading kaya gini? via blog.trashness.com

Mau tahu caranya? Cuci jeans-mu kalau udah terasa sangat kotor dan udah nggak nyaman aja. Sementara untuk dry denim atau raw denim, untuk mencucinya kamu perlu menunggu sampai 6 bulan dulu. Tuh, bukan cuma nunggu gebetan putus dari pacarnya aja yang butuh waktu, nunggu jeans dicuci juga butuh waktu. Ea!

Ingin efek fading yang unik? Kamu bisa sengaja (bertentangan dengan tips nomor 2) menaruh koin atau dompet di kantong belakang jeans-mu. Mau bentuk hati? Bisa kok, tinggal taruh saja benda yang bisa membentuk hati. Untuk mendapat efek fading ini, intinya jangan sering-sering dicuci sih. Alasannya? Mungkin kamu bisa mengetahuinya di sini.

Semoga setelah mengetahui cara merawat jeans di atas, bermanfaat ya buatmu yang hobi berjeans ria. Jangan cuma hobi pakainya aja, tapi juga kamu harus tahu cara merawat warnanya agar tidak cepat pudar. Cukup cinta dia aja ke kamu yang mulai pudar, warna cemerlang jeans-mu jangan ya.. 😉

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Belum bisa move on dari Firasat-nya Dewi Dee.

CLOSE