Semua orang akan merasa kikuk ketika berada di lingkungan baru. Belum terbiasa dengan orang lain di sekitarnya, kita tidak tahu mesti bagaimana bertingkah laku. Belum lagi ada sedikit rasa waswas karena belum tahu apakah kita akan cocok dengan mereka. Kita takut salah bertingkah atau bicara sehingga menimbulkan kesan yang buruk.

Menciptakan kesan positif di mata orang yang baru kita temui memang gampang-gampang susah. Tapi, kamu tak harus memaksa senyum atau berpura-pura supaya orang lain suka. Latih saja bahasa tubuhmu supaya tampak ramah secara alami. Caranya mudah, cukup ikuti 6 trik bahasa tubuh sederhana ini:

1. Diajak mengobrol atau bercerita? Sembari mendengarkan, cobalah sesekali menganggukkan kepala

Anggukkan kepala via vk.com

Advertisement

Mendengarkan orang lain saat dia mengajakmu bicara adalah wajib hukumnya. Apalagi jika kamu adalah anak baru yang belum kenal siapa-siapa. Tapi tak hanya sekadar mendengarkan saja, cobalah untuk sesekali menganggukkan kepalamu. Ini adalah trik sederhana agar lawan bicaramu merasa kamu benar-benar memperhatikannya. Tak hanya itu saja, kamu akan terlihat ramah dan lebih simpatik di depannya.

2. Perhatikan bahasa tubuh orang di depanmu. Akan sangat bagus jika ada kebiasaannya yang bisa kamu tiru

Mirroring via www.mellanrummet.net

Mirroring atau meniru gaya bahasa tubuh orang di depanmu adalah cara sederhana lainnya untuk tampak simpatik dan ramah. Dengan mirroring, kamu tidak akan tampak kaku atau sulit diajak bekerja sama. Orang lain pun akan lebih cepat membuka diri padamu dan menganggapmu teman.

Untuk melakukan mirroring, caranya mudah saja. Perhatikan kebiasaan-kebiasaan kecil lawan bicaramu dan tirukan tanpa perlu terlihat berlebihan. Misalnya, kalau dia sering bertopang dagu saat berbicara, lakukanlah mirroring dengan sekali-kali bertopang dagu. Mudah ‘kan?

3. Haram hukumnya menyilangkan lengan di depan dada. Kamu justru tampak angkuh jika melakukan ini saat sedang bicara

Tanganmu di kantong saja via www.movieguiders.com

Advertisement

Pose menyilangkan lengan di depan dada akan membuatmu terlihat ‘angkuh’ dan unreachable. Karena itu, sebisa mungkin hindari pose ini. Daripada menyilangkan lengan, cobalah untuk memasukkan tanganmu ke saku bawahan. Kamu juga bisa membiarkan tanganmu tergantung santai di kedua sisi tubuh. Dengan ini, bahasa tubuhmu akan tampak lebih ramah dan terbuka. Orang pun tak akan segan jika kamu ajak bicara.

4. Mengetuk-etukkan kaki ke lantai adalah tanda kebosanan. Pantang kamu lakukan jika ingin dianggap sopan

Bosan? Tahan sebentar ya… via rebloggy.com

Punya kebiasaan mengetuk-etukkan kakimu ke lantai? Coba deh perhatikan, bukankah kamu melakukannya saat sedang mati bosan? Karena itu, jangan pernah melakukan ini di tengah-tengah percakapan dengan orang lain atau di tengah-tengah rapat. Ini sama saja kamu mengumumkan ke orang di depanmu bahwa dia membosankan. Bukan hal yang sopan, ‘kan?

Seberapa bosan pun dirimu, cobalah untuk duduk dengan tenang dan rapi. Bukankah orang lain akan jauh lebih respek padamu jika merasa kamu hargai?

5. Berdirilah dengan tegap dan tak membungkuk. Tak hanya membuat tubuhmu terlihat lebih baik, kamu juga akan lebih disiplin dengan begini.

Postur tubuhmu akan terlihat buruk kalau kamu duduk atau berdiri dengan membungkuk. Karena itu, cobalah untuk melatih tubuhmu agar lebih tegap. Tak hanya membuatmu terlihat lebih menarik dan percaya diri, postur seperti ini juga akan mengirim sinyal pada tubuhmu supaya menjadi lebih disiplin. Mungkin karena itu para tentara selalu dituntut untuk menunjukkan postur tubuh yang tegap.

6. Cobalah tepuk lawan bicaramu di bahu. Ini adalah sinyal bahwa kamu sudah menganggap dirinya temanmu

Tepuk temanmu di bahu! via www.dailymail.co.uk

Sedikit sentuhan di bahu, misalnya saja dengan sebuah tepukan lembut, bisa sangat berarti bagi orang lain yang kamu tepuk. Ini adalah tanda bahwa kamu sudah menganggap dirinya temanmu, dan kamu nyaman saat dia duduk di dekatmu. Jangan takut kikuk, tepuk saja bahunya ketika dia mengeluarkan suatu joke yang lucu, atau mengatakan sesuatu yang sama sekali tidak kamu sangka-sangka. Bahasa tubuh sesederhana ini saja akan meningkatkan kualitas pertemanan kalian berdua.

Tak usah memaksakan senyum setiap waktu hanya untuk tampak ramah di depan orang lain. Trik-trik sederhana di atas sudah cukup kok untuk membuatmu lebih mudah disukai. Selamat mencoba! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya