Siapa yang nggak pernah makan nasi? Bahkan beberapa dari kita nggak bakal ngaku sudah makan kalau belum makan nasi. Belum pas aja rasanya kalau menikmati lauk pauk lengkap tanpa nasi putih yang mengebul. Tapi pernahkah kamu mengalami keluhan seperti ini?

Laper sih..tapi makan apa ya yang nggak nasi?

Nasi putih mulu ya? Bosen juga. Tapi mau dibikin apa.

Makanya, kali ini hipwee ingin membongkar rahasia tentang bahan-bahan makanan sederhana yang bisa kamu tambahkan sebelum kamu menyalakan api saat menanak nasi dan nggak ribet. Carainya tinggal ‘plung’ dan nyalain tombol cook di rice cooker. Bahan-bahan ini dijamin akan membangkitkan selera makan kamu karena lidah kamu bakal merasa lebih ditantang.

1. Tambahan potongan jahe di nasimu bikin nasi bertahan lebih lama kehangatannya

nasi jahe ditambah potongan jahe sebagai topping via www.darshanaskitchen.com

Tumbuhan akar serabut ini kerap dijadikan minuman yang terbukti berkhasiat menghangatkan tubuh. Ternyata jahe juga cocok dijadikan bahan tambahan sebelum kamu menanak nasi. Rasa dan aroma jahe bakal meresap ke dalam setiap butir beras. Selain berkhasiat menghangatkan tubuh, nasi jahe juga baik untuk kesehatan dan daya tahan tubuh.

2. Tambahkan nori di dalam rice cookermu. Atau gulung nasimu dengan lembaran rumput laut yang khas ini

Advertisement

Norinya dicemplungin. Kalau kurang boleh nambah sesuai selera via www.justonecookbook.com

Nori memang sangat akrab dengan yang namanya onigiri dan sushi. Pulen beras jika di-mix dengan nori nggak hanya akrab di lidah orang Jepang, tetapi juga di Indonesia. Lebih maksimal lagi kalau nori nggak cuma dijadikan sebagai balutan gulungan nasi. Rasa gurih akan bercampur dengan pulen beras kalau keduanya ditanak bersama-sama.

3. Menambahkan santan dalam rice cooker, serasa makan nasi uduk!

Nasi, santan, lengkap dengan daun pandan via lyssacooking.blogspot.co.id

Santan adalah andalan untuk memperoleh rasa gurih dalam masakan. Jangan lewatkan rasa gurih santan yang khas ini untuk dijadikan bahan tambahan saat menanak nasi. Akan lebih mantap lagi kalau kamu tambahkan daun pandan.

4. Aroma nasi bawang putih juga bisa menambah selera makan

nasi bawang lengkap dengan taburan parsley via www.lifesambrosia.com

Nggak ada salahnya mencoba menambahkan potongan bawang beberapa siung atau bawang yang sudah dihancurkan saat kamu menanak nasi. Kamu juga boleh menumis bawangnya terlebih dahulu sebelum dicemplungin ke dalam rice cooker. Kalo kamu kurang puas, tambahkan saja kaldu, olive oil dan parsley.

5. Daun bawang bisa jadi alternatif kalau kamu nggak suka bawang tapi pengen makan nasi yang rasanya ‘nendang’

nasi daun bawang lengkap dengan coriander via www.smartbalance.com

Bagi yang nggak kuat sama bau bawang, daun bawang bisa jadi alternatif untuk kamu tanak bareng nasi putih. Sayang sekali di Indonesia coriander atau parsley cina susah dijumpai. Tapi seledri juga bisa kamu pakai sebagai pelengkap.

6. Mentega bisa menyulap nasi yang rasanya datar menjadi gurih

mentega ditanak bareng beras via mainstcuisine.wordpress.com

Mentega yang diolesin di atas nasi hangat saja sudah enak, apalagi kalau kamu tanak bareng nasi sejak awal.

7. Nggak ada air, susu pun jadi

Tuangkan susu ke dalam rice cooker via www.homecrux.com

Saat daerah kamu mengalami kekeringan, susah cari air, adanya cuma susu (maklum kaya), susu bisa juga dijadiin pengganti air saat kamu menanak nasi. Kamu yang doyan banget minum susu pasti bakal ketagihan.

8. Hayo yang udah pakai kacamata tapi nggak mau makan wortel! Tambahkan potongan wortel ke dalam rice cooker. Dijamin kamu nggak bakal alesan lagi

nasi wortel dengan sedikit tambahan via www.nisahomey.com

Menu ini cocok buat kamu yang pengen cepet lepas kacamata biar kalau hujan nggak harus bersihin mika setiap saat.

9. Segarnya jeruk nipis akan menyertai aroma nasi yang sudah sedap

gambar jeruk nipis via instiks.com

Makan penyetan semakin lengkap dengan perasan jeruk nipis.  Kalau kamu pengen makan senikmat makan penyetan, tambahkan saja potongan jeruk nipis ke dalam rice cooker pas kamu menanak nasi. Nasi beraroma jeruk nipis bakal menggoda kamu untuk segera menyantapnya.

Sebagai tambahan, sebenernya yang ditanak bukan nasi, tapi beras. Tapi, biar nggak asing di telinga kamu saat baca artikel ini, yang ditanak tetep nasi aja. Selamat mencoba.