10 Tanaman Air Penghias Kolam Ikan, Juga Menjernihkannya dari Kotoran

Tanaman air

Tanaman air kian hari semakin digandrungi banyak orang. selain bisa menciptakan kesejukan di rumah, beberapa jenis tanaman ini bahkan ada yang fungsinya sebagai penjernih air. Nah, untuk kamu yang mempunyai kolam atau akuarium di rumah, rekomendasi tanaman air penghasil oksigen berikut, agaknya akan mempermudah pekerjaanmu.

Advertisement

Bentuk dan variasi warnanya pun beragam. Ada yang sifatnya mencuat ke permukaan, tenggelam, hingga bisa diletakkan pada akuarium tanpa sinar matahari. Menariknya, tanaman air kolam yang menjernihkan tersebut juga punya rupa yang cantik. Apa saja jenisnya? Simak 10 tanaman air untuk kolam ikan di bawah ini, yuk!

1. Lemna sering dijuluki mata lele, tanaman air yang terapung ini dibutuhkan ikan untuk tempat berlindung. Di sisi lain juga mampu membersihkan air kolam

Contoh tanaman air

Tanaman air Lemna: credit: Wikipedia Commons

Lemna merupakan tanaman kecil yang nggak memiliki akar sejati atau batang dan hidup bergerombol. Disebut juga tanaman air tanpa tanah yang berfungsi sebagai tempat berlindung, mencari makan (feeding ground), memijah (spawning ground), dan mengasuh anaknya (nursery ground).

Lemna biasanya dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas air atau sebagai pencuci polutan. Perawatannya pun cukup mudah, bahkan kamu bisa gunakan lemna sebagai tanaman air untuk akuarium.

Advertisement

2. Selain bentuknya yang unik, eceng gondok juga dikenal dengan beragam manfaat. Tanaman air hias ini punya adaptasi yang tinggi di berbagai jenis ekosistem

Tanaman air tanpa sinar matahari

Tumbuhan penjernih air kolam| credit: PxHere via pxhere.com

Budidaya tanaman air eceng gondok nggak pernah mengecewakan. Selain banyak manfaat, bentuknya yang oval dengan ujung dan pangkal yang runcing mampu mempercantik kolam ikan di rumahmu. Eceng gondok bisa tumbuh di perairan yang dangkal seperti kolam, rawa, danau hingga sungai.

3. Terlihat seperti rumpun batang  yang menyerupai lidi terbalik. Jenis tanaman cattail juga bisa diletakkan dalam ruangan sebagai hiasan

Tanaman air penghasil oksigen

Tanaman lidi air | credit: PxHere

Berfungsi sebagai penjernih air kolam, bentuk cattail atau seringkali disebut lidi air banyak digunakan sebagai tanaman air hias meja atau dinding dengan cara digantung. Bernama latin Typha latifolia, lidi air mempunyai bunga berwarna merah yang berbentuk seperti bulu kucing. Akar tanamannya pun tebal, dengan bentuk daun yang ramping dan memanjang ke atas.

4. Menjadi contoh tanaman air yang umum ditemukan di kolam ikan, bunga teratai punya fungsi untuk menyaring kotoran

Tanaman air yang terapung

Bunga teratai | credit: Yudha P Sunandar / Flickr

Teratai memiliki bunga dengan beragam warna yang indah, dari kuning, putih, ungu hingga merah muda. Bentuknya dipercantik dengan daunnya yang lebar dan mengapung di atas permukaan air. Merupakan salah satu tanaman air tanpa sinar matahari yang bisa dirawat dalam pot, hal ini karena teratai menyukai tempat yang teduh namun cukup terang dan hangat.

5. Bersifat oksigenasi, ganggang rantai atau hydrilla juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan kolam rumahmu, lo!

Tanaman air tanpa tanah

Tanaman ganggang rantai | credit: Shopee

Ganggang rantai bersifat oksigenasi, yakni mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam air sehingga kolam di rumah bisa tetap jenih. Selain itu, ikan dalam kolam pun bisa mendapat pasokan oksigen yang cukup. Ganggang kerap digunakan sebagai tanaman air untuk cupang dan termasuk salah satu tanaman di dalam rumah yang banyak kegunaannya.

6. Memiliki bentuk serupa dengan tanaman bambu pada umumnya, bedanya hanya dari tinggi yang sekitar 25 -100 meter saja. Bambu air bermanfaat untuk menjernihkan kolam

Tanaman air kolam

Tanaman air bambu air | credit: dijelas.in

Sama seperti namanya, jenis tumbuhan yang bisa dipakai sebagai tanaman hias mejatanaman hias meja ini memiliki manfaat untuk menjernihkan air. Diameter batangnya lebih ramping, dengan demikian tampilannya cocok diletakkan pada kolam ikan. Tak sedikit yang mengenal tanaman ini sebagai bambu Jepang, meski berbeda, keduanya memiliki fungsi yang sama.

7. Punya bentuk yang khas seperti empat buah payung yang digabungkan, tumbuhan kecil semanggi dapat menyerap logam berat seperti Cd dan Pb

Tanaman air mata ibu

Tumbuhan semanggi | credit: Kathleen Bergmann / Pixabay

Tumbuhan kecil tak berbatang ini banyak tumbuh liar di permukaan danau atau sungai, tapi juga bisa dirawat pada kolam ikan rumahmu. Semanggi punya fungsi bioremediasi, yaitu mampu menyerap logam berat seperti kadmium dan timbal. Nah, untuk mempercantik kolam, kamu bisa gantungkan tumbuhan lain di dekatnya seperti tamanan air pengantin, tanaman air mata ibu, tanaman air mata janda hingga tanaman air mancur.

8. Bukan hanya tampilannya yang cantik, tanaman kala lili juga mampu membuat kolam ikan jadi lebih bersih

Tanaman air untuk kolam ikan

Tanaman kala lili | credit: Alfred Derks / Pixabay

Tanaman kala lili punya bunga yang bisa disandingkan dengan bunga di daratan. Punya ciri khas kelopak berwarna putih, kala lili digandrungi banyak orang karena tampilannya. Selain mampu membersihkan kolam, aroma dari bunga kala lili pun lembut sehingga momen bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menenangkan.

9. Siapa yang baru mendengar namanya? tanaman papyrus payung dimanfaatkan sebagai pembersih kolam sekaligus peneduh ikan-ikan di dalamnya

Tanaman air hias

Tanaman papyrus payung | credit: latour-marliac.com

Papyrus atau Ccyperus alternifolius memiliki batang berbentuk segitiga dengan ketinggian mencapai satu meter lebih. Daunnya yang cukup lebat dimanfaatkan oleh ikan untuk tempat berlindung. Untuk diletakkan dalam rumah, ketinggian dari tanaman ini bisa disesuaikan, asal kamu memangkasnya secara berkala.

10. Berukuran lebih kecil dari pisang pada umumnya, Typhonodorum lindyeyanum cocok untuk menghias kolam ikan sekaligus menjernihkan air dari kotoran

tanaman air

Tanaman pisang air | credit: sandirini.it

Tanaman air yang satu ini memiliki daun yang bergelombang dengan panjang 1,5 meter dan bisa tumbuh mencapai 4 meter. Pisang air cocok untuk menghiasi kolam di rumah sekaligus bisa mencegah air menjadi terlalu panas pada siang hari.

Itulah 10 tanaman air yang mempunyai fungsi untuk menjernihkan air sekaligus mempercantik rumahmu. Meski begitu, jangan lupa untuk selalu membersihkan dan menguras air kolam ikan sekitar 2-3 bulan sekali, ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE