9 Jenis Tanaman Aquascape yang Cocok untuk Ikan Cupang, Bisa Dimakan atau Malah buat Mainan

Tanaman aquascape

Memelihara ikan cupang menjadi salah satu hobi yang cukup diminati banyak orang. Sebagian juga ada yang menggabungkan hobi koleksi cupangnya dengan aquascaping atau seni mengatur tanaman di dalam akuarium. Hobi aquascaping juga kerap dikaitkan dengan budidaya tanaman aquascape. Nah, karena peminatnya yang lumayan banyak, wajar jika tanaman aquascape di sekitar kita mulai banyak diburu. Selain membuat akuarium kelihatan estetik, menata tanaman aquascape juga dapat mengoptimalkan pasokan oksigen yang dibutuhkan ikan.

Advertisement

Meski cara merawat tanaman aquascape terbilang mudah, namun memilih jenis tanaman aquascape yang paling tepat untuk cupang mesti sedikit picky. Pasalnya, cupang merupakan jenis ikan yang cukup agresif dan galak. Bahkan ia pun tak bisa hidup berdamping atau dijadikan satu dengan ikan lainnya. Meski begitu, bukan berarti aquascape ikan cupang mustahil untuk dibuat. Kamu dapat menata beberapa jenis tanaman aquascape tanpa CO2 ini untuk membantu cupang hidup dalam ekosistem yang lebih optimal. Berikut jenis tanaman aquascape pemula yang dapat digunakan untuk mengisi akuarium ikan cupangmu.

1. Tanaman aquascape Lilaeopsis tanpa CO2 ini dapat meningkatkan kadar oksigen dalam air di akuarium cupangmu

tanaman Lilaeopsis | credit: Serene Aquarium via sereneaquarium.com.au

Tampilan Lilaeopsis terlihat seperti rumput biasa, tapi dengan penataan yang tepat, akuarium cupang dapat terlihat lebih estetik. Tanaman aquascape low CO2 ini cepat sekali tumbuhnya, jadi kamu mesti rajin-rajin memangkasnya supaya tak mengganggu tanaman lain dan mengurangi ruang gerak cupang. Tak perlu khawatir soal perawatannya, sebab Lilaeopsis bisa tumbuh dan bertahan dalam kondisi pencahayaan dan kadar CO2 yang rendah.

2. Java Fern atau Microsorum pteropus merupakan salah satu tanaman aquascape yang cukup ideal untuk cupang

tanaman Java Fern | credit: Amazon via www.amazon.in

Dari sekian banyak tanaman aquascape murah, Java Fern lumayan sering dipilih karena parameternya sama dengan cupang. Java Fern dan cupang sama-sama membutuhkan intensitas cahaya, suhu air, dan tingkat pH sama sehingga jika dijadikan satu, keduanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Perawatan Java Fern terbilang cukup mudah. Kalau suatu saat kamu menemukan bagian yang tampak seperti lengan pada Java Fern, cukup ikat dengan tali pancing agar tak memenuhi akuarium.

3. Sekalipun tanaman Java Moss ialah tumbuhan liar, ikan cupang malah menyukainya

tanaman Java Moss | credit: Build Your Aquarium via www.buildyouraquarium.com

Tanaman yang memiliki nama latin Taxiphyllum barbieri ini memiliki tampilan yang unik dan cocok disandingkan dengan ikan cupangmu. Karena rimbun dan lembut, ikan cupang seringkali berenang mengelilinginya dan bersembunyi di belakangnya. Malah sesekali cupang juga mengigiti daunnya. Tapi jangan khawatir, sekalipun sering digigiti, Java Moss bisa tumbuh dengan cepat.

4. Selain jadi tempat berteduh cupang, Amazon Sword dapat digunakan sebagai tanaman aquascape background yang cantik dalam akuarium cupang

tanaman Amazon Sword | credit: Fish Keeping World via www.fishkeepingworld.com

Dibanding tanaman aquascape sebelumnya, Amazon Sword agak lebih susah perawatannya. Tanaman ini mesti ditanam agak dalam dan harus diberi pupuk karena akarnya cukup panjang. Pastikan kamu sudah memeriksa pH air sebelum menempatkan tanaman ini di akuariummu. pH yang paling ideal untuk Amazon Sword dan cupang yakni sekitar 6,5 sampai 7,5.

Berkat daunnya yang lebar dan akar panjangnya, ikan cupang suka berteduh dan menggigiti akarnya. Jika kamu menginginkan tanaman aquascape merah, Amazon Sword bisa jadi pilihan karena kadang ada daunnya yang tumbuh dengan warna merah dan warnanya sedikit berbeda dengan daun lainnya.

Advertisement

5. Amazon Frogbit merupakan salah satu jenis tanaman aquascape yang tumbuh dengan mengapung di atas permukaan air dan sering dijadikan tempat berlindung cupang

tanaman Amazon Frogbit | credit: Garden Homdec via id.pinterest.com

Karakter Amazon Frogbit hampir mirip teratai, bedanya tanaman ini bisa tumbuh lebih cepat dan dapat menutupi seluruh permukaan air. Karena ditempatkan di akuriaum cupang yang biasanya nggak begitu besar, kamu perlu mengontrol pertumbuhannya. Jika dirasa mulai memenuhi permukaan air akuarium, cobalah kurangi beberapa jumlah tanamannya. Meski begitu, cupang senang dengan keberadaan tanaman ini karena bisa digunakan untuk berteduh.

6. Meski bukan tanaman aquascape termahal di dunia, namun keunikan bentuk Marimo Moss Ball tetap dapat membuat akurium cupang jadi lebih estetik

tanaman Marimo Moss Ball | credit: Amazon via www.amazon.com

Tanaman aquascape tanpa pupuk dasar ini memiliki bentuk yang unik, yakni bulat seperti bola. Selain disukai cupang karena bisa digunakan sebagai mainan untuk disundul, Marimo Moss Ball juga dapat dimanfaatkan sebagai filter alami lo! Tanaman aquascape low light ini dapat menyerap bahan-bahan yang tak dibutuhkan air dan nutrisi dalam tangki yang berlebihan. Karena merupakan tanaman alga, Marimo Moss Ball cukup mudah untuk dirawat dan nggak butuh perlakuan khusus.

7. Hornwort tak memiliki akar sejati sehingga bisa tumbuh dengan mudah dan mengambang bebas di dalam air. Seringnya tanaman aquascepe ini jadi tempat untuk bermain cupang kecil

tanaman Hornwort | credit: Aqua Leaf Aquatics via aqualeafaquatics.com

Sama seperti Java Fern, tanaman aquascape di sungai ini daunnya dapat menjuntai panjang hingga keluar ke permukaan air dalam akuarium. Supaya pertumbuhan Hornwort nggak terganggu dan ikan cupang tetap memiliki ruang gerak yang cukup, lebih baik tempatkan di akuarium yang berukuran agak besar. Nah, karena Hornwort juga banyak merontokkan daun, jadi akuarium kudu rajin-rajin dibersihkan agar tak memengaruhi kondisi airnya.

8. Anubias merupakan jenis tanaman aquascape tanpa CO2 yang mudah sekali perawatannya dan cocok untuk dijadikan satu dengan ikan cupang yang agresif

tanaman Anubias | credit: Aqua Leaf Aquatics via aqualeafaquatics.com

Anubias masuk sebagai tanaman aquascape di sawah yang gampang dicari. Bentuk tanaman aquascape ini sedikit lebih kecil daripada tanaman biasanya dan warnanya pun agak lebih gelap. Namun, dibanding tanaman lain, Anubias cukup mudah beradaptasi bahkan dalam kondisi air seperti apa pun. Tak cuma itu saja, Anubias juga bisa bertahan di air bersuhu 22 sampai 28 derajat Celcius lo! Biasanya tanaman ini digunakan untuk menghiasi sudut belakang akurium yang diisi cupang ataupun ikan kecil lainnya.

9. Rotala Rotundifolia dikenal karena tanaman aquascape merah ini memiliki warnanya yang jauh berbeda dari tanaman lain

Rotala Rotundifolia | credit: Pinterest via id.pinterest.com

Tanaman aquascape adalah tanaman air yang dapat dimanfaatkan untuk menghiasi akuarium. Meskipun berada dalam air, bukan berarti perawatannya bisa sembarangan. Sama halnya dengan tanaman aquascape yang disukai cupang lainnya, Rotala Ratundifolia juga mesti mendapatkan cahaya yang cukup agar warnanya lebih menyala. Pertumbuhan Rotala bisa dibilang cukup cepat, tapi lebarnya nggak akan sampai melibihi 15 cm. Nah, karena cukup terkendali, tanaman ini aman ditempatkan di akuarium cupang. Cupang bisa bergerak dengan bebas dan tanaman aquascape pun tak terganggu pertumbuhannya.

Harga tanaman aquascape cukup bervariasi, mulai dari belasan hingga ratusan ribu. Biasanya harga tanaman tergantung dari ukuran, jenis, dan varietas. Selain membeli di tempat penjual ikan atau tanaman aquascape langsung, kamu juga dapat mencari di sekitar rumahmu. Terlebih jika area rumahmu dekat dengan sungai maupun sawah. Namun, sebelum dimasukkan ke dalam akuarium, pastikan tanaman bebas dari parasit agar tak mengganggu perkembangan dan pertumbuhannya pun bisa disesuaikan dengan ruang gerak cupang. Ternyata, menggabung hobi koleksi cupang dan aquascape ternyata cukup menarik, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE