Kalian pernah nggak, tersasar ketika sedang berkendara? Lalu saat menanyakan alamat ke salah satu warga yang ditemui di pinggir jalan, eh malah makin nggak jelas arahannya?

Rupanya banyak yang sering terjebak di situasi seperti ini saat sedang mencari alamat yang berada di daerah perkampungan. Bukannya sampai di tujuan, malah seringnya kesasar meski sudah bertanya ke penduduk sekitar.

Advertisement

Pepatah mengatakan, “Apapun yang kamu lakukan, baiknya disertai dengan sopan dan santun”. Nah, termasuk juga ketika kamu menanyakan alamat ke orang di pinggir jalan yang nggak kamu kenal. Terlebih jika kamu sedang berada di lingkungan perkampungan yang mana penduduknya menjunjung tinggi etika sopan santun. Hipwee punya tips jika kamu sedang tersasar dan hendak menanyakan alamat ke orang yang nggak dikenal. Simak baik-baik, ya!

1. Pertama, jangan lupa matikan mesin kendaraan dulu. Jangan sampai ketika ingin bertanya, mesin kendaraan masih bunyi juga. Sudah nggak sopan, bising lagi~

mematikan mesin kendaraan via www.youtube.com

Langkah pertama yang harus dan nggak boleh nggak dilakukan adalah mematikan mesin kendaraan. Kenapa ini penting? Karena selain kamu akan dianggap nggak sopan jika nggak mematikan mesin, kamu pun bakal terganggu sendiri dengan suara mesin sementara kamu bertanya.

Tapi ingat, matikan mesin seperlunya aja melalui kuncinya, nggak perlu juga mencabut busi dari mesinnya. Kurang kerjaan.

2. Kalau sudah mematikan mesin, jangan lupa parkirkan kendaraan dulu, lalu turunlah. Jangan bertanya ketika kalian masih menaiki kendaraan

jangan bertanya saat masih menaiki kendaraan via www.thedrive.com

Advertisement

Hal yang nggak kalah penting setelah mematikan mesin kendaraan adalah meminggirkan atau memarkirkan kendaraan terlebih dulu di tempat yang sekiranya aman dari lalu-lalang kendaraan lain. Setelah itu, barulah kamu turun dari kendaraan dan pasang muka yang ramah dan penuh senyum. Jangan bertanya ketika masih menaikinya, sungguh bukan hal yang sopan.

3. Akan lebih sopan lagi jika kamu melepas helm dulu sebelum menghampiri orang yang mau ditanya

lepas helm dulu via www.namalonews.com

Bagi sebagian orang, bertanya dengan memakai helm itu dianggap nggak sopan. Makanya, kamu disarankan untuk melepas helm yang kamu kenakan sebelum menghampiri orang lain yang hendak ditanya. Apalagi jika kalian memakai helm full face, jangan coba-coba bertanya dengan posisi masih memakai helm dan kacanya tertutup!

Sudah mencurigakan, berpotensi dikira begal pula. Kan nggak lucu niatnya mau tanya alamat tapi malah diteriakin penculik bayi.

4. Pakai intro dulu, jangan langsung tiba-tiba nanyain alamat. Memangnya ngobrol sama pakdemu?

Bertanya dengan sopan via www.pittsburghcombatclub.com

Ini nih yang sering banget dilakukan, menghampiri orang di pinggir jalan lalu tiba-tiba langsung tanya alamat tanpa ba-bi-bu. Wah fatal banget sih. Harusnya basa-basi dulu, minta izin dan minta maaflah dulu, baru bertanya. Apalagi jika yang kamu tanyai adalah orang tua, kalau perlu sebutkan secara lengkap alamat yang hendak dituju. Terkadang sering juga dijumpai beberapa nama tempat yang sama dalam satu daerah.

5. Kalau sudah jelas, jangan lupa biasakan untuk berterima kasih dan pergi dengan sopan. Datang sopan, pergi juga harus sopan. Jangan tahu-tahu hilang nggak ada kabar~

Jangan lupa ucapin terimakasih via www.shutterstock.com

Biasakan kalau sudah merasa dibantu orang lain itu untuk berterima kasih. Setelah itu, jangan lupa pamit kalau hendak meneruskan perjalanan. Ingat ya, pamit! jangan tiba-tiba nyelonong pergi tanpa berkabar, tahu-tahu sudah hilang aja. Meskipun nggak menyakitkan, pergi tanpa kabar setelah bertanya alamat itu benar-benar nggak sopan.

Nah, itu tadi 5 hal penting yang harus kamu perhatikan ketika ingin bertanya alamat pada orang lain yang nggak kalian kenal di pinggir jalan. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Biasakan bersopan santun dalam hal apapun ya, guys!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya