Seperti halnya makan sushi atau menggunakan sumpit, menikmati steak alias daging panggang pun ada aturannya. Tata cara makan steak ini sebenarnya nggak wajib hukumnya, tapi kalau kita tahu cara makan yang tepat, maka pengalaman bersantap pun akan lebih nikmat. Belum lagi kalau kamu diundang ke jamuan makan formal oleh orang penting, tentu kelihaianmu dalam menggunakan pisau dan garpu untuk menikmati steak akan jadi prestise tersendiri.

Biar lebih paham lagi saat menyantap steak menggunakan pisau dan garpu, perhatikan beberapa tata cara yang Hipwee Tips sajikan di bawah ini, yuk!

1. Sebelum masuk ke cara makan steak, mulailah dengan memilih potongan daging kesukaan dan pemilihan temperatur yang tepat

pilih dulu jenis potongan dagingnya via www.ottogrills.com

Advertisement

Jenis potongan daging steak sangat beragam. Nggak cuma sirloin dan tenderloin aja, ada juga jenis daging berdasarkan asal-usulnya seperti daging wagyu, US beef, daging sapi dari Australia atau pun New Zealand, serta pilihan daging lokal yang semakin bervariasi. Jangan lupa juga untuk memilih tingkat kematangan dagingnya. Tahap ini penting bagi pihak restoran karena akurasi pemanggangan adalah kepuasan untuk pelanggan.

2. Kalau steak sudah tersaji, yang pertama dilakukan adalah periksa temperatur dagingnya

cek kematangan daging yang diinginkan via www.stocksy.com

Cara mengeceknya adalah dengan melihat warna daging di bagian dalam. Hindari untuk memotong daging di bagian yang mendekati tulangnya (kalau ada) terlebih dahulu, atau pun bagian ujungnya. Mulailah dari tengah, karena di situlah kita bisa dengan jelas melihat temperatur daging steak yang tersaji sesungguhnya.

3. Cara makan steak yang pertama adalah dengan gaya Amerika. Cocok buatmu yang risi makan pakai tangan kiri

pakai tangan kanan via www.independent.co.uk

Cara orang Amerika menyantap steak adalah dengan cara memegang pisau di tangan kanan dan garpu di tangan kiri, lalu menahan steak di atas piring. Potong-potong daging menjadi potongan kecil, lalu letakkan pisaunya di tepi piring dan pindahkan garpu ke tangan kanan dengan sisi depan menghadap ke atas untuk menyantap potongan dagingnya. Kalau kamu kidal, posisi garpu tetap berada di tangan kiri dengan sisi depan menghadap ke atas.

4. Atau pakai gaya Eropa yang bisa tetap menikmati dagingnya dengan garpu yang tetap ada di tangan kiri

tetap pakai tangan kiri via www.ironwoodlagunahills.com

Advertisement

Sama seperti gaya Amerika, di Eropa posisi pisau juga berada di tangan kanan dan garpu di tangan kiri. Bedanya, saat akan menyantap potongan steak, posisi garpu tetap berada di tangan kiri dengan sisi depan menghadap ke bawah. Posisi pisau tetap di tangan kanan. Setelah itu, kamu bisa menikmati potongan steak dengan posisi garpu di tangan kiri dan sisi depan menghadap ke bawah.

5. Perhatikan pula posisi tubuh saat menyantap steak. Usahakan posisi siku tetap dekat dengan badan, jangan melebar ke samping

siku tetap dekat dengan badan via www.youtube.com

Penting atau nggak, merapatkan siku ke badan saat menyantap steak juga penting agar posisi badan kita tetap terlihat sopan dan tertata. Posisi ini perlu kamu terapkan terutama saat sedang jamuan makan formal. Kalau lagi makan biasa sama teman mah, ya udah lah ya~

6. Jangan buang dulu potongan lemak yang kamu temukan saat makan steak

jangan buang dulu lemaknya via food-hacks.wonderhowto.com

Kalau ada sebagian lemak yang menempel pada daging, sebaiknya jangan dibuang,  nikmatilah apa adanya. Lain halnya kalau ada potongan lemak yang terlalu besar. Keberadaan lemak menjadikan rasa daging lebih lezat. Jika kamu ingin makan steak tanpa terganggu lemak, pilihlah jenis potongan daging tenderloin atau filet mignon yang mengandalkan sisi kelembutan dari daging saja.

7. Kamu boleh gunakan tangan saat kondisi tertentu saja

boleh pakai tangan tapi lihat sikon via www.amicospizza.com

Lakukan ini saat hanya tersisa daging yang berada dekat dengan tulang dan sulit dipotong dengan pisau. Selain lebih nikmat, tentu puas rasanya kalau bisa menghabiskan steak hingga tuntas. Tapi hindari menggunakan tangan saat berada dalam acara formal, ya!

8. Terakhir, perhatikan pula tata cara meletakkan pisau dan garpu setelah selesai makan

posisi pisau dan garpu setelah selesai makan steak via www.asuntospublicos.org

Kalau kamu pakai gaya Amerika, letakkan pisau dan garpunya berdampingan di atas piring dengan sisi garpu menghadap ke atas. Sedangkan kalau menggunakan gaya Eropa, letakkan garpu dan pisau berdampingan dengan sisi garpu menghadap ke bawah.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana tata cara makan steak menggunakan pisau dan garpu yang baik dan benar. Kalau nanti kamu diundang makan ke acara formal, apalagi sama calon mertua, praktikkan tata cara ini biar nyaman makannya dan lebih prestise, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya