Tepung terigu adalah bahan paling dasar yang digunakan dalam segala hal, mulai dari makanan hingga produk kecantikan. Tapi, banyak orang (mungkin termasuk kamu) hanya menggunakan tepung terigu untuk keperluan dapur saja, seperti membuat kue dan masakan. Padahal tepung terigu bisa dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan rumah tangga juga. Mulai dari membersihkan ceret hingga melawan jerawat, tepung dapat menjadi sahabat rumah tangga yang menyenangkan.

Mau tahu kegunaan ‘sampingan’ tepung selain untuk membuat kue? Simak di sini yuk!

1. Tepung terigu bisa membuat ceret dapur, lampu tembaga, dan kotak perhiasanmu tetap berkilau.

Jaga kilaunya dengan tepung terigu

Jaga kilaunya dengan tepung terigu via sriyadiantik.blogspot.com

Ceret dapur, lampu tembaga, dan kerajinan-kerajian yang terbuat dari logam tembaga biasanya akan terlihat “butek” atau kehilangan kilaunya jika sudah berumur terlalu lama. Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa pakai tepung terigu. Campurkan sejumlah tepung dan cuka putih serta garam secukupnya hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada barangmu yang terbuat dari tembaga, biarkan hingga kering dan hilangkan tepung dengan kain yang lembut.

Advertisement

Barang-barangmu ini akan terlihat kembali menakjubkan!

2. Nggak sempat keramas? Tepung terigu bisa menjadi sampo kering saat kamu sedang terburu-buru.

Sampo kering

Sampo kering via www.food.com

Ketika kamu sedang terburu-buru dan rambutmu berminyak, tepung dapat mengatasi masalahmu. Taburkan sedikit tepung di akar rambutmu dan sisir hingga tepung menghilang secara merata. Tepung dapat mengurangi kadar minyak berlebih dalam rambutmu sehingga rambutmu tak akan terlihat lepek dan berminyak.

3. Dengan takaran yang tepat, tepung terigu juga bisa membuat kulitmu menjadi lebih cerah.

Masker kunyit

Masker kunyit via www.pinterest.com

Ingin kulitmu tampak lebih cerah? Campurkan 2 sendok makan tepung dengan 1 sendok makan yogurt serta sedikit bubuk kunyit. Aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering selama 25 menit, setelah itu basuh wajah dengan air hangat. Jika rutin dilakukan, wajahmu akan menjadi sehat dan bersinar.

4. Sering diganggu jerawat? Racikan masker tepung yang satu ini mampu membantumu melewatinya.

Masker madu

Masker madu via www.pinterest.com

Advertisement

Jerawat tak terduga memang menyebalkan. Apalagi jika beberapa hari ke depan kita memiliki acara penting dan kita pasti tak mau wajah terdapat jerawat. Untuk menyingkirkannya, campurkan sejumlah tepung, madu, daun teh hijau yang telah diseduh (gunakan selagi masih hangat) dan beberapa tetes air lemon. Tempelkan pada jerawatmu dan tutupi dengan plester jerawat semalam suntuk. Keesokan harinya kamu sudah tak akan menemui lagi jerawat di wajah.

5. Kulit di tubuhmu juga perlu detoksifikasi. Daripada pusing beli lulur, buat lulur mandimu sendiri dengan tepung.

Lulur tepung

Lulur tepung via www.thefitindian.com

Hancurkan sejumlah buah anggur dan kemudian campurkan tepung secukupnya hingga menjadi adonan yang pas untuk lulur. Aplikasikan pada tubuh atau wajah kurang lebih selama 15 menit. Kemudian mandilah dengan air hangat. Lakukan secara berkala agar kulitmu sehat dan indah.

Nah, sekarang tepung terigu tak akan lagi terlihat sama di matamu. Ternyata tepung terigu memiliki kegunaan lain yang bermanfaat selain menjadi bahan dasar pembuatan kur. Siapa sangka tepung terigu kini akan menjadi andalanmu untuk memiliki kulit yang indah dan perabotan yang berkilau?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya