Cara Mudah Menerjemahkan Konten Aneka Bahasa dengan Google Sheet. Efisien Banget Nih!

Terjemahan dengan Google Sheet

Tahukah kamu? Ada cara yang lebih efisien untuk melacak kosakata bahasa asing atau menerjemahkan konten bahasa Indonesia ke bahasa asing selain dengan Google Translate. Tapi, kamu bisa menggunakan formula Google Translate di Google Sheet!

Iya, Google Docs rupanya menyertakan beberapa fungsi baru untuk membantu menerjemahkan setiap sel dalam spread sheet dari satu bahasa ke bahasa lain atau untuk mendeteksi bahasa apa yang digunakan dalam spread sheet tertentu. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot copy-paste lewat Google Translate lagi! Pengen tahu caranya? Yuk, simak bareng ulasan Hipwee Tips berikut.

1. Masukkan kosakata yang ingin diterjemahkan ke dalam sel, lalu gunakan formula untuk menerjemahkannya

Advertisement


Buka Google Sheet, lalu masukkan kosakata atau pun frasa yang ingin kamu terjemahkan. Selanjutnya, tinggal masukkan formula atau rumus di sel lain untuk menerjemahkannya secara otomatis.

=GOOGLETRANSLATE(text, source_language, target_language)

Advertisement

Jadi, kuncinya adalah kamu hanya harus memasukkan kode dua huruf dari bahasa asal yang akan diterjemahkan dan juga bahasa tujuan penerjemahan.

2. Inilah daftar kode bahasa yang jika ditotal bisa lebih dari 100 — yang kamu butuhkan untuk membuat formulanya

kode bahasa via infoinspired.com

Contohnya, kamu akan menerjemahkan kata dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris, maka rumusnya adalah seperti ini:

=GOOGLETRANSLATE(“musim panas”, “id”, “en”)

Setelah memasukkan formula tersebut, lalu klik ENTER. Google Sheet pun akan memproses terjemahannya. Kamu pun bisa menyeret bagian pojok sel ke bawah untuk menerjemahkan kata lain yang kamu masukkan berurutan secara otomatis. Nah, untuk mengetahui kode bahasa lebih lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

3. Tak hanya menerjemahkan, kamu pun bisa mendeteksi bahasa pada kata yang nggak kamu ketahui yang tertera pada sel

mendeteksi bahasa via infoinspired.com

Untuk mendeteksi bahasa pada kata yang nggak kamu ketahui, pun harus menggunakan formula yang disediakan pada Google Sheet.

DETECTLANGUAGE(text_or_range)

Lalu Google Sheet secara otomatis akan mendeteksi bahasa pada kata yang kamu maksudkan dengan menampilkan kode bahasanya.

4. Kalau kamu ingin menerjemahkan kata yang belum terdeteksi bahasanya, kamu perlu menggabungkan kedua formula di atas. Begini caranya…

formula kombo via infoinspired.com

Formula kombo untuk menerjemahkan kata yang belum terdeteksi bahasanya:

=GOOGLETRANSLATE(A1,DETECTLANGUAGE(A1),”en”)

Jadi, tanpa kamu harus mengerti kode bahasa asal dan kode bahasa terjemahan pun, tetap bisa menerjemahkan secara otomatis menggunakan rumus kombo di atas. Keren, kan?

Nah, sekarang jurus menerjemahkanmu sudah nggak terbatas hanya di Google Translate saja. Kapan pun kamu ingin mengalih-bahasakan kata atau frasa ketika sedang mengerjakan garapan di Google Sheet, langsung saja praktikkan formula yang sudah Hipwee Tips bocorkan di atas, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE