5 Trik Agar Nggak Kena Tipu Montir Nakal Saat Servis Motor. Cewek-cewek Sering Jadi Korban

Tertipu saat servis motor

“Berapa, Mas?”

“Totalnya 570 ribu, Mbak.”

“Kok mahal banget? Padahal saya cuma minta ganti oli lo!”

Kejadian seperti ini memang seringnya menimpa para cewek atau siapa pun yang sama sekali nggak ngerti masalah otomotif. Iya, dikelabui oknum montir nakal karena minimnya pengawasan saat mengerjakan servisan motor. Padahal, servis motor merupakan salah satu hal penting agar kinerja motor lebih tahan lama dan kamu pun bakal lebih aman ketika berkendara.

Advertisement

Nah, supaya hal seperti di atas nggak terjadi ke kamu, coba ikuti beberapa tips dari Hipwee Tips berikut. Ini berlaku jika kamu terbiasa servis motor di bengkel yang bukan resmi, ya!

1. Sebelum berangkat ke bengkel, nggak ada salahnya kalau kamu mempelajari dulu bagian-bagian dasar motor

pelajari komponen motor via jabar.tribunnews.com

Nggak perlu tahu mesin terlalu dalam, setidaknya pahami beberapa bagian dasar seperti seperti aki, lampu, ban, dan rantai. Itu pun nggak kudu sampai hafal banget kok, cukup tahu sedikit saja bisa jadi modal biar kamu nggak ketipu montir bengkel. Buat tahu bagian-bagian ini pun nggak sulit, bisa tanya teman atau nonton video-video singkat Youtube pun sudah membantu.

2. Lebih aman lagi kalau kamu ajak teman yang tahu mesin, biasanya sih cowok

ajak teman cowok via www.merdeka.com

Mintalah pada temanmu untuk bilang ke montir bengkel mengenai hal-hal yang jadi keluhan motormu. Sambil membenahi, minta juga buat memperhatikan tiap detail proses servisnya. Pastikan bahwa yang dibenahi memang apa yang dikeluhkan pada awal.

Advertisement

3. Jangan mudah tergoda dan percaya ketika montir bilang bagian-bagian tertentu sudah harus diganti

jangan percaya via today.line.me

“Mbak, ini V-belt nya sudah rusak. Mau diganti sekalian?”

Ya, seringnya montir akan menawarimu hal-hal seperti ini ketika servis motor. Tapi, jangan mudah percaya begitu saja. Mending minta montir untuk fokus membenahi apa yang dari awal jadi keluhanmu saja. Misal, kalau ganti oli ya ganti saja, nggak perlu membenahi yang lainnya.

4. Tiap ada sesuatu yang diganti, mending minta montir menunjukkan bagiannya

perhatikan waktu servis via risdiken900.blogspot.com

Meski kamu nggak tahu itu bagian apa, tapi dengan memperhatikan, setidaknya kamu tahu kalau itu memang benar-benar diganti. Sembari melihat, kamu bisa minta penjelasan ke montirnya. Sambil tanya-tanya juga gitu. Nggak apa-apa jadi pelanggan yang cerewet daripada malah kena tipu, kan?

5. Pastikan kamu mendapatkan nota dengan isi servis yang detail

Nota detail menandakan bahwa bengkel nggak melakukan penyelewangan ketika membenahi motormu. Atau, kalau sekiranya kamu nggak yakin dengan nota yang diberikan, mending pastikan ulang ke kasir bengkel mengenai servis motormu. Daripada pas sampai rumah ngecek terus tiba-tiba menemukan hal yang ternyata kamu asing?

Bukan berarti di bengkel resmi bakal jaminan nggak ada tindak penyelewengan, tapi setidaknya relatif aman karena ada pengawasan di sana. Atau mintalah rekomendasi bengkel yang cukup bagus dan terpercaya untuk servis motor. Bagus lagi kalau kamu sudah kenal dekat dengan pemilik bengkel juga montirnya. Kalau masih punya gratis masa garansi servis, mending manfaatnya juga dengan maksimal, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE