Tips Agar Baterai Ponsel Kamu Awet & Punya Performance Tahan Lama

OPPO A54 dengan baterai andalan

Teknologi ponsel cerdas berkembang sangat pesat menyesuaikan kebutuhan konsumen saat ini. Dulu ponsel didesain dengan baterai yang bisa dilepas pasang bahkan diganti jika sudah mulai menggelembung. Namun berkat kecanggihan teknologi, kini ponsel cerdas dengan baterai tanam atau terpasang dalam bodi justru lebih diminati.

Selain berkapasitas besar, baterai tanam ini juga dilengkapi inovasi yang dibutuhkan oleh anak muda kekinian. Adanya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat penggunanya semakin lekat dengan gawainya.  Namun karena tidak adanya baterai yang dapat diganti berarti pada akhirnya sel lithium-ion yang ada di baterai, lama-lama akan menua dan menurun performanya. 

Meskipun kapasitas baterai akan menurun karena lama pemakaian, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan memperpanjang umur baterai ponsel kamu:

1. Jangan mengisi baterai saat ponsel mati atau di bawah 30%

(dok. OPPO)

Salah satu mitos baterai yang sangat kuat adalah bahwa kamu perlu sekali-sekali mengosongkan dan mengisi ulang untuk menghapus ‘memori baterai’. Hal ini sebenarnya salah kaprah jika diterapkan pada baterai berjenis lithium-ion. Pengisian daya saat kapasitas baterai lithium-ion tinggal sepertiga, sebenarnya memiliki beberapa manfaat positif untuk memperpanjang umur sel lithium-ion

Saat hampir kosong, baterai lithium-ion menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah. Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi, mendatar sekitar 70% muatan sebelum arus mulai turun hingga kapasitas penuh.

2. Recharge baterai  saat kapasitas dayanya tinggal 30% hingga 80%

(dok. OPPO)

Berdasar riset Battery University, mengisi daya ponsel dalam kisaran 30% hingga 80% membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai. Isi ulang daya meski hanya sedikit tapi teratur, jauh lebih baik untuk baterai  lithium-ion daripada siklus pengisian penuh yang lama. Apalagi saat inu rata-rata smartphone modern memiliki teknologi baterai yang hemat daya. 

Misalnya OPPO sebagai brand internasional, mengeluarkan OPPO A54 yang memiliki baterai berkapasitas 5000mAh dan pengisian cepat 18W Fast Charge. Sehingga ponsel bisa terisi lebih cepat & bisa terus aktif seharian menemani segala aktivitas kamu.

Bagi kamu yang gemar nge-game, nggak perlu takut kehabisan daya saat bermain. Bahkan bagi kamu yang suka streaming video di YouTube atau di platform lain sekalipun. Dengan kapasitas baterai 5000mAh, jagoan baru A series ini mampu bertahan selama 19,9 jam baik untuk streaming dan 41 jam untuk memutar musik tanpa henti.

3. Nyalakan fitur Super Power Saving Mode saat daya baterai menipis 

(dok. OPPO)

Sebelum membeli smartphone, pastikan pilihanmu memiliki fitur Super Power Saving Mode seperti OPPO A54 besutan brand internasional OPPO. Super Power Saving Mode memungkinkan ponsel OPPO A54 yang daya baterainya tinggal 5%, untuk tetap bisa melakukan chat selama 85 menit di WhatsApp. Bahkan bisa melakukan panggilan telepon hingga 91 menit.

4. Hindari mengisi daya baterai saat tidur

(dok. OPPO)

Mengisi daya semalaman sambil tidur adalah kebiasaan yang sangat umum, tetapi tidak disarankan karena beberapa alasan. Pertama, pengisian daya terus menerus dari baterai penuh dapat mengurangi stabilitas dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan kerusakan sistem. Kedua, baterai akan berada pada tegangan yang lebih tinggi saat berada pada kondisi terisi full 100 persen. Ketiga, hal ini menciptakan panas berlebih yang disebabkan oleh disipasi daya yang terbuang percuma.

Idealnya, perangkat harus berhenti mengisi daya ketika mencapai kapasitas 100%. Kecuali jika ponsel kamu punya fitur Overnight Charging seperti yang  brand internasional OPPO miliki. Fitur ini bisa menjaga pengisian daya dengan aman dan mencegah terjadinya overcharge meskipun diisi saat tidur. Fitur ini juga mampu menyesuaikan pengisian daya sesuai dengan jam tidur dan memastikan ponsel terisi 100% saat kamu terbangun. Jadi bagi yang suka mengisi ulang baterai semalaman, OPPO A54 ini sangat cocok untuk kamu.

Meskipun memiliki kapasitas baterai yang besar, namun OPPO A54 punya bodi ultra tipis dan ringan dengan ketebalan hanya 8.4mm & bobot 192 gram saja. Desain yang tetap stylish dan trendy membuatnya terasa lebih ramping ketika digenggam di tangan dengan waktu yang cukup lama.

Nggak cuma tipis dan ramping, OPPO A54 selalu memimpin di kelasnya. Pasalnya ia juga dilengkapi dengan fitur tahan air. Lengkap dengan sertifikasi IPX4 anti air yang membuat OPPO A54 mempunyai proteksi yang lebih baik dan menjadi lebih awet. Sehingga ponsel ini sudah aman ketika terkena cipratan air yang sewajarnya.

Segala kecanggihan fitur di atas bisa ditemukan hanya di satu ponsel saja yakni, OPPO A54. Ponsel ini bisa kamu miliki dengan harga dua jutaan saja. Untuk informasi lebih lengkap, kunjungi website dan media sosial resmi OPPO Indonesia, ya! OPPO A54 memang punya keunggulan yang cocok dengan aktivitas kamu sebagai anak muda, ‘kan?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

I know I glow up