Belajar Membangun Usaha Agar Berumur Panjang di Webinar Jumat Ceria. Penting, nih!

Tips Usaha Berumur Panjang

Kalau dulu, mungkin hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memulai sebuah usaha. Sekarang, siapa saja bisa, karena pengusaha nggak lagi identik dengan membangun kantor besar di gedung tinggi dengan jumlah karyawan ratusan. Perkembangan dunia digital juga membuat dunia usaha semakin fleksibel. Menjadi reseller produk fashion atau buka pop up coffee shop saja sudah bisa jadi usaha yang menjanjikan, lo.

Sayangnya, bicara membangun usaha nggak semudah itu juga. Buktinya, banyak usaha ataupun startup yang nggak berumur panjang. Laku sebentar lalu tumbang. Berangkat dari persoalan itu, CERIA bersama Hipwee dan YoungOnTop menggelar webinar bertajuk Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir, Jumat (26/06/2021). Dalam acara ini, hadir Ashanty selaku public figure sekaligus pemilik usaha, serta Ibu Handayani selaku Direktur Konsumer BRI. Dua sosok berpengalaman ini berbagi cerita dan tips bagaimana membangun sebuah usaha. Nah, berikut ringkasan tips dari Bunda Ashanty dan Ibu Handayani agar usahamu bisa sustain.

Berangkat dari hal yang disukai adalah poin penting dari mendirikan sebuah usaha

Ashanty berbagi tips menjalankan usaha dalam webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir via www.hipwee.com

Meskipun semua orang bisa, memulai bisnis itu nggak bisa asal-asalan, lo. Segalanya harus dipersiapkan dengan sangat matang, sehingga ketika memulainya, kita bisa mengambil langkah dengan yakin. Keyakinan diri inilah yang menurut Ashanty sangat penting dalam memulai sebuah usaha.

“Berbisnis itu memang nggak mudah, apalagi dengan modal sendiri. Ada ketakutan ini nanti jalan nggak ya. Jadi, memang butuh keyakinan gitu, supaya kita menjalaninya dengan yakin. Karena kalau kita nggak yakin, semuanya nggak akan berjalan dengan baik,” ujar Ashanty dalam Webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir, Jumat (26/06).

Nah, untuk menumbuhkan keyakinan itu, Ashanty menggarisbawahi satu poin penting, yaitu bahwa pertama-tama kita harus menyukai apa yang akan kita jalani. Dari rasa suka tersebut, tentunya akan tumbuh rasa nyaman, dan kemudian keyakinan untuk melangkah. Contohnya, bila kamu menyukai bidang kuliner, maka pilihlah usaha di bidang kuliner. Namun, Ashanty juga mengingatkan bahwa walau menjalani apa yang kita sukai, kita harus melepaskan ego dan mau mengikuti tren, agar usaha kita bisa diterima oleh masyarakat.

“Kita melakukan bisnis yang kita suka, misalnya kuliner. Tapi tetap saat aku punya usaha kuliner, aku menjalankan sesuai dengan apa sih yang orang lagi suka? Apa sih yang lagi hits? Kalau nggak, kita nggak akan berhasil dengan apa yang kita jalani. Karena kita ego dengan diri kita, hanya mengikuti apa yang kita mau, sedangkan orang nggak suka,” tambahnya.

Bisnis harus bisa memberikan solusi atas kebutuhan masyarakat

Handayani, Direktur Konsumer BRI, berbagi tips menjalankan usaha dalam webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir via www.hipwee.com

Menambahkan uraian Bunda Ashanty, Ibu Handayani selaku Direktur Konsumer BRI menyebutkan bahwa sebuah bisnis harus berupa solusi atas kebutuhan masyarakat. Karena itu, bisnis harus berangkat dari sebuah riset dan menggali informasi. Kira-kira apa, sih, kebutuhan masyarakat saat ini? Masalah apa, sih, yang tengah dihadapi masyarakat saat ini? Dari sana, kita akan menemukan berbagai niche atau target pasar. Nah, dari sekian banyak niche tersebut, kita bisa memilih mana yang paling cocok dengan apa yang kita suka.

“Yang harus kita jadikan consideration utama adalah bahwa kita itu harus memberikan jawaban atas kebutuhan customer kita,” ungkap Ibu Handayani, dalam Webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir, Jumat (26/06).

Yang nggak kalah krusial dari riset dan target pasar, adalah persiapan mental. Menurut Ibu Handayani, mental kita harus dipersiapkan dengan baik, karena tidak semua hal bisa berjalan mulus atau sesuai ekspektasi. Tanpa persiapan mental, hal ini bisa jadi ancaman terbesar bagi pelaku usaha dalam mempertahankan bisnisnya, lo.

“Itu sering terjadi di anak-anak muda sekarang. Jadi, begitu ada kendala sedikit saja, karena nggak disiapin mentalnya, langsung drop, dan kemudian berhenti mencoba lagi,” tambahnya.

Modal menjadi syarat utama sebuah bisnis bisa dimulai

Ide bisnis cemerlang, target pasar yang jelas, mental yang tangguh dan siap dengan segala kemungkinan, belum cukup untuk membuat sebuah usaha berdiri. Kurang apa lagi, nih? Tentu saja modal. Tanpa modal, rancangan bisnis hanyalah rancangan, dan terwujudnya entah kapan.

Nah, salah satu keunggulan zaman digital ini, memperoleh modal usaha itu relatif lebih mudah dan cepat, lo. Karena kita bisa memanfaatkan layanan digital lending seperti CERIA. Prosesnya cepat, praktis, dan tanpa agunan. Kamu bahkan nggak perlu datang ke bank, melainkan cukup mengunduh aplikasi CERIA, lalu mendaftarkan diri, dan mengajukan pinjaman.

Ibu Handayani juga berpesan, bahwa dalam mengajukan pinjaman, penting bagi kita untuk menjaga reputasi. Karena kalau reputasi kita buruk, misalnya sering terlambat melakukan pembayaran, akan sulit bagi kita untuk mendapatkan pinjaman modal yang lebih besar. Padahal, untuk membuat bisnis berkembang, terkadang kita juga membutuhkan modal yang lebih besar.

Nah, itu dia beberapa poin penting yang dibahas dalam Webinar Jumat Ceria. Kamu bisa menerapkannya dalam merancang usaha sendiri, agar usahamu bisa berumur panjang. Penasaran tayangan selengkapnya atau ingin ilmu yang lebih komplit? Kamu masih bisa menonton tayangan Webinar Jumat Ceria – Memulai Usaha Tanpa Khawatir melalui channel YouTube Hipwee, BRI, atau klik saja di sini.

Gimana? Sudah siap menjalankan usahamu sendiri? Sebagai langkah awal, segera tentukan apa yang kamu ingin jalankan, susun dulu business plan, mantapkan hati, dan soal modal, serahkan pada CERIA.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.