5 Tips Biar Kamu Nggak Jenuh dan Stres karena Harus Study From Home. Kangen Sekolah Sih, Tapi Sabar Dulu Ya!

Tips anti-jenuh study from home

“Kangen belajar dan main sama teman-teman di sekolah. Kangen nyimak materi pelajaran langsung dari ibu dan bapak guru di kelas.”

Mungkin kalimat tersebut lagi memenuhi benak kamu yang harus study from home. Awal-awal pas diumumkan study from home mungkin merasa senang karena bisa belajar sambil rebahan di rumah. Tapi lama-lama kangen juga sama rutinitas seperti biasanya. Bahkan mungkin kamu udah berada di titik jenuh dan stres. Padahal kamu tetap harus belajar buat masa depan. Biar bisa terus fokus belajar #dirumahaja, coba deh ikutin tips-tips berikut ini.

1. Dekor ulang pojok belajarmu. Biasanya jenuh datang karena kamu melihat hal-hal yang monoton

Suasana belajar yang nyaman bisa bikin mood kamu enak buat belajar (Foto: iStock)

Merasa jenuh dan akhirnya malas belajar bisa juga disebabkan hal sekitar yang bikin nggak nyaman. Coba deh tengok suasana pojok belajarmu, mendukung untuk mengerjakan tugas nggak? Biar nggak jenuh dan tetap semangat, coba bikin pojok belajar yang bikin nyaman. Misal pastikan meja dan kursi nggak bikin badan kamu sakit, pilih juga tempat yang dekat sirkulasi udara biar adem, dan hias dengan pernak-pernik yang bisa memperbaiki mood kamu. Saat kamu mulai belajar, siapkan segala perlengkapan biar nggak terdistraksi ya seperti charger laptop, materi belajar, dan notebook. Kamu juga bisa dekor ulang pojok belajar seminggu sekali biar nggak terlihat monoton.

2. Selingi waktu belajar dengan kegiatan yang menghibur diri. Misalnya punya hobi baru bikin proyek DIY atau upgrade skill

Melakukan hal baru justru bisa me-refresh otak (Foto: iStock)

Kalau kamu sudah berada di titik jenuh karena merasa tugas nggak selesai-selesai atau baca materi pelajaran nggak masuk ke otak, coba deh istirahat sebentar. Jangan dipaksakan kalau kamu emang nggak fokus. Nah di sela-sela waktu istirahat kamu bisa melakukan hobi atau upgrade skill biar dapat suasana yang baru. Misalnya kamu punya proyek DIY bikin-bikin pouch dari kain bekas atau upgrade skill desain ilustrasi modal aplikasi gratis. Hal kayak gini bisa me-refresh otak kita loh selain istirahat sebentar buat rebahan. Tapi ingat, jangan kebablasan ya istirahatnya. Pasang reminder di handphone untuk kembali belajar.

3. Gunakan aplikasi Junio Smart. Nggak bakal stres ketinggalan info dari sekolah walaupun belajar #dirumahaja!

Yuk gunakan aplikasi Junio Smart (Foto: dok. BANK BRI)

Selain jenuh, stres juga kerap melanda pelajar yang harus study from home. Salah satu alasan kamu bisa jadi stres saat study from home karena selalu ketinggalan informasi alias nggak update sama pengumuman dari sekolah. Nah hal itu nggak akan terjadi kalau kamu memanfaatkan aplikasi Junio Smart. Aplikasi persembahan BANK BRI ini merupakan manajemen pengelolaan sekolah yang meliputi akademik, administrasi dan informasi untuk menghubungkan interaksi antara sekolah, orangtua dan siswa dalam satu platform.

Kamu sebagai siswa bisa mengakses silabus dan ujian online di aplikasi Junio Smart selama study from home. Selain itu, kamu bisa melihat jadwal pelajaran, jadwal ujian, sampai informasi kegiatan sekolah melalui fitur di Junio Smart. Nggak bakal lagi ketinggalan informasi atau lupa jadwal dan berujung stres sendiri. Langsung download aplikasi Junio Smart di AppStore dan PlayStore biar kegiatan study from home kamu tetap lancar. Nah gimana kalau sekolahmu belum terintegrasi dengan Junio Smart? Kamu bisa beri tahu pihak sekolah untuk bekerja sama dengan Junio Smart karena sekolah bakal dimudahkan dalam pengelolaan informasi akademik, administrasi, dan informasi lainnya seperti tagihan SPP kepada orangtua. Tepat banget diaplikasikan di tengah pandemi begini.

4. Sharing dengan orangtua tentang kendala kamu belajar atau sekadar cerita keseharian kamu di rumah aja. Biar punya support system!

Sharing dengan orang tua bisa bikin kamu mendapatkan solusi kalau terkendala saat belajar di rumah (Foto: iStock)

Hal lain yang bikin stres lainnya adalah kamu tidak mendapatkan support system selama study from home. Kalau di sekolah ada guru yang mengawasi, di rumah ada orang tua kan. Makanya sering sharing sama mereka ya tentang kegiatan belajarmu selama di rumah. Kalau ada kendala juga sampaikan ke mereka biar cepat dapat solusi dan kamu pun semangat belajar karena didukung oleh orang tua. Ingatkan juga orang tua buat mengakses aplikasi Junio Smart karena mereka bisa mengetahui absensi, laporan akademik anak, sampai tagihan secara realtime online. Untuk informasi lebih lengkap tentang Junio Smart, klik di sini.

5. Jangan lupa tetap bertukar kabar sama teman-teman. Kan salah satu hal yang bikin jenuh + stres adalah kamu nggak bisa tatap muka sama mereka~

Agendakan rutin jadwal video call sama teman-teman (Foto: iStock)

Bikin agenda cerita-cerita via video call sama teman sekolah bisa bikin jenuh dan stres kamu hilang loh. Soalnya kan biasanya hari-harimu di sekolah jadi warna-warni karena kehadiran para sahabat. Makanya bikin jadwal rutin buat saling curhat atau sekadar main game online dan berbagi meme lucu. Hal-hal sederhana kayak gini bisa jadi moodbooster. Kamu juga bisa bikin kegiatan bermanfaat bareng-bareng walau di rumah aja. Misalnya bikin vlog keseharian kalian atau bikin podcast yang lagi happening. Dibawa seru aja ya~

Coba yuk tips-tips di atas, semoga kegiatan belajar kamu selalu lancar ya!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.