7 Cara Menyimpan Es Krim Supaya Tak Cepat Mencair dan Berubah Teksturnya

Tips es krim tidak mencair

Es krim mungkin adalah salah satu dessert atau snack yang bisa dibilang tidak kenal batasan usia. Baik anak-anak maupun orang dewasa, pasti punya es krim favorit mereka masing-masing. Ada rasa buah-buahan dan cokelat manis yang selalu jadi favorit anak-anak, ada juga es krim rasa kopi yang lebih sesuai dengan cita rasa orang dewasa. Terlebih lagi bagi kita yang hidup di negara  tropis seperti Indonesia, es krim yang dingin dan segar terasa lebih lezat di tengah-tengah cuaca yang super panas.

Advertisement

Alhasil, banyak orang akhirnya menstok persediaan es krim literan di freezer mereka. Atau bahkan tidak sedikit juga orang yang sekarang bikin es krim buatan sendir atau homemade. Nah, permasalahan klasik ketika membeli es krim literan atau jumlah besar dan es krim homemade adalah penyimpanannya yang cukup tricky! Supaya cita rasanya tetap terjaga dan tidak banyak kristal-kristal esnya, es krim harus disimpan dengan baik. Nah berikut ini Hipwee punya tips menyimpan es krim biar rasa dan creaminess-nya tahan lebih lama. Disimpan kurang lebih satu bulan masih aman~

1. Sebelum dimasukkan ke freezer, pastikan wadah es krim sudah tertutup rapat. Jangan sampai udara masuk yang bikin konsistensi cepat mencair

Simpan di wadah tertutup | Credit: Jason Richard via unsplash.com

Es krim adalah jenis dessert yang tepat dikonsumsi dikala sedih atau suntuk. Manfaat es krim bisa memberikan sensasi segar atas perasaan yang tak nyaman. Wajar bila banyak yang menyukai jenis cemilan yang satu ini. Saat kamu mencoba membuat es krim sendiri perhatikan wadah yang dipakai, ya. Sebisa mungkin pilih wadah kedap udara. Selain untuk menjaga es krim tetap awet, kedap udara juga membuat tekstur pada es krim tak berubah dan tetap lembut.

Advertisement

2. Sebisa mungkin gunakan wadah datar dan lebar, tujuannya supaya suhu dingin pada frezeer menyebar secara merata

Gunakan wadah yang datar dan lebar | Credit: Wikipedia via en.wikipedia.org

Tak perlu bingung cara menyimpan es krim buatan sendiri yang tahan lama, trik selanjutnya gunakan wadah yang datar dan lebar. Pindahkan adonan es krim yang telah kamu buat ke dalam jenis wadah ini, alasannya karena mampu menyebarkan udara dingin kulkas secara merata. Jadi tak ada lagi tuh, yang namanya bagian kiri mencair sedangkan yang kanan membeku. Dengan begitu, es krim homemade-mu pun akan tahan lebih lama. Di samping itu, wadah yang datar dan lebar juga memudahkan kita saat hendak menyendok.

Advertisement

3. Lapisi adonan es krim menggunakan plastic wrap. Supaya tak muncul kristal es posisikan wadah dalam keadaan terbalik, ya

Lapisi dengan plastic wrap | Credit: KQED via www.kqed.org

Bukan berarti kamu harus melapisi es dengan plastic wrap, melainkan wadah penyimpanan menggunakan benda yang satu ini. Manfaat plastic wrap juga untuk mencegah pembentukan kristal es yang bikin cita rasa es krim jadi berubah dan lebih keras. Tekstur es krim yang sempurna, tentu saja lembut tetapi tidak cair. Nah di sinilah fungsi plastic wrap yang digunakan sebagai pembungkus sebelum wadahnya ditutup.

4. Simpanlah es krim di belakang freezer, bukan dekat pintu kulkas yang udaranya bisa berubah ketika dibuka

Letakkan es krim dibagian paling belakang | Credit: Flickr via www.flickr.com

Cara es krim tidak cepat cair lainnya dengan perhatikan lokasi peletakkan wadah. Hindari menyimpan di dekat pintu kulkas karena saat pintu frezeer dibuka atau ditutup akan menyebabkan es krim mudah mencair. Oleh karena itu, simpanlah es krim di bagian paling belakang yang cenderung memiliki suhu stabil.

5. Terlihat sepele tetapi juga krusial, pastikan suhu di dalam freezer tetap di bawah 17 derajat celsius. Bisa lebih dari sebulan jika hal ini dilakukan

Perhatikan suhu freezer jangan terlalu turun | Credit: Dev Benjamin via unsplash.com

Supaya awet dan tahan lama, suhu freezer untuk es krim baiknya di bawah 17 derajat celsius. Suhu tersebut dapat menjaga kelembutan es krim dan juga mencegah terbentuknya kristal es. Sebisa mungkin pertahankan suhunya agar es krim tak cepat mencair atau terlalu keras untuk dikonsumsi. Jangan menaikkan suhu terlalu tinggi atau menurunkan suhu karena takut es krim akan mencair. Ingat tekstur es krim yang terbaik, yakni lembut dan meleleh di dalam mulut.

6. Bisa digunakan untuk berjualan, supaya adonan es krim tahan lama kamu bisa campurkan dengan agar-agar bubuk

Ilustrasi es krim yang telah ditambah agar-agar | Credit: Amanda Ma via unsplash.com

Pada saat membuat es krim, selain menggunakan susu full cream, kuning telur supaya mendapat tekstur yang lembut, kamu juga bisa tambahkan bubuk agar-agar. Fungsinya di sini membuat tekstur es krim tak begitu cair dan bisa awet dalam beberapa minggu. Jangan lupa saat memasaknya cobalah untuk selalu mengaduk adonan es krim supaya tak menggumpal.

7. Tak perlu khawatir jika harus menyimpan es krim tanpa freezer, kamu masih bisa gunakan styrofoam ataupun dry ice untuk menjaga bentuk dan rasa

Styrofoam box untuk penyimpanan di luar freezer | Credit: Alibaba via www.alibaba.com

Cara menyimpan es krim tanpa freezer bisa gunakan styrofoam dengan bagian dalam yang khusus dilapisi alumunium foil. Kemudian kamu bisa memasukkan es batu untuk menjaga suhu dingin es krim. Cara ini dipredisksi bisa bertahan hingga 2-3 jam sebelum es krim mencair. Trik lainnya bisa menggunakan dry ice yang bisa mempertahankan kebekuan es krim selama 1 jam. Perlu juga diingat jika es krim homemade mempunyai daya tahan yang lebih singkat dibanding es krim terkenal yang diproduksi secara massal. Namun, bukan berarti tak bisa membuatnya bertahan lama.

Nah itulah trik yang bisa langsung kamu praktikkan untuk menyimpan es krim di rumah maupun luar ruangan. Selain pengolahan yang benar, penyimpan juga harus dilakukan secara tepat supaya rasa hingga teksturnya sesuai dengan yang diharapkan. Tak kalah penting, untuk konsumsi es krim secepat mungkin jangan sampai dibiarkan selama 2 bulan lebih. Sebab jika terlalu lama justru akan menimbulkan bau tak sedap karena bakteri yang ada di susu sudah berkembangbiak. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE