Cuma Pakai HP, Ini 5 Tips Ambil Foto yang Nggak Monoton & Anti-Berantakan. Feed Kamu Jadi Kece Deh!

Tips Foto Pakai Handphone

Kalau dipikir-pikir, platform Instagram udah kayak representasi kita di kehidupan nyata. Lewat foto-foto yang kita ambil, bisa ketahuan deh kita orang yang kayak gimana. Bahkan kalau punya feed Instagram yang bagus, banyak orang yang mem-follow akun kamu. Sampai-sampai strategi kamu ambil foto dan bikin feed jadi kece bisa mengantarkan kamu mendapatkan uang!

Buat kamu yang pengen buat feed Instagram jadi kece, coba deh ikutin beberapa tips berikut ini. Dijamin foto yang kamu ambil nggak monoton dan nggak bikin feed berantakan. Enak banget dilihatnya~

1. Banyak-banyak latihan ambil foto. Lama kelamaan kamu bisa dapat foto yang nggak biasa karena angle-nya berbeda

Coba angle yang berbeda deh – Photo by Screen Shoot

Foto yang diambil dari depan udah biasa banget menghiasi banyak feed Instagram orang-orang. Kamu bisa bereksperimen mengambil foto dari berbagai sudut. Coba deh foto dari bawah atau dari sudut yang lebih rendah dari objek foto. Selain dilihatnya unik, angle seperti ini bisa bikin foto selfie seluruh badan jadi terlihat lebih tinggi. Pokoknya rajin-rajin latihan ambil banyak foto aja ya biar feed kamu nggak monoton.

2. Saat menangkap momen, ambil foto sebanyak-banyaknya. Bisa jadi photo story yang oke

Peka terhadap momen di sekitarmu – Photo by Retha Fergusson

Kamu bisa memanfaatkan fitur slide dalam post Instagram untuk bikin photo story yang kece. Apalagi kalau kamu suka traveling, ambil foto sebanyak-banyaknya. Nggak jarang kamu bakal dapetin banyak momen emas dan bikin foto kamu jadi lebih bercerita. Misalnya kamu lagi berlibur ke desa budaya, kamu bisa ambil beberapa frame yang menangkap momen kehidupan beberapa warganya. Intinya sih peka aja sama momen yang terjadi di sekitarmu ya. Masa pekanya ke dia doang~

3. Manfaatkan fitur zoom. Fitur sederhana ini bisa bikin kamu punya foto yang bercerita!

Smartphone yang punya fitur optical zoom 10x udah keren banget loh – Photo by mentatdgt via www.pexels.com

Buat yang suka foto-foto, pastinya kamu sudah memilih smartphone dengan kamera yang mumpuni dong. Coba deh manfaatkan fitur optical zoom. Kamu perlu tahu nih, optical zoom yang besar itu penting. Sekarang ada loh smartphone yang bisa mencapai optical zoom 10x, jadi bisa menghasilkan foto yang oke banget. Nggak kalah deh sama kamera profesional.

Dengan optical zoom 10x, kamu bisa menangkap banyak momen yang tak terlihat oleh banyak orang. Dalam satu klik, kamu bisa mendapatkan foto yang memorable. Coba deh bayangkan kalai resolusi zoom di smartphone kamu jelek, kamu nggak bisa memotret sosok idolamu saat jingkrak-jingkrakan di konser atau nggak bisa ambil foto pelangi di langit. Kalau di kehidupan sehari-hari, tugas kuliah kamu bisa berantakan karena foto tulisan dosenmu di papan tulis nggak berhasil terbaca akibat resolusinya buruk. Penting banget kan fitur zoom di smartphone?

4. Pastikan semua fotomu diambil dengan dukungan cahaya natural atau cahaya yang cukup

Pencahayaan yang cukup bikin foto jadi bagus – Photo by Samuel Toh via unsplash.com

Memang sih smartphone sudah dilengkapi dengan flash, tapi tetap aja foto dengan pencahayaan yang cukup terutama cahaya natural, hasilnya ya lebih bagus. Usahakan setiap kamu ambil foto, pencahayaannya cukup ya. Soalnya ini bisa bikin feed Instagram kamu berantakan kalau ada satu foto aja yang cahayanya kurang. Tapi kalau memang kepepet kamu nggak bisa mendapatkan cahaya natural, pakai flash dengan strategi yang tepat. Ingat ya, jarak flash dengan objek yang bisa menghasilkan foto terbaik itu sekitar 2-3 meter.

5. Selain foto, selipkan feed Instagram kamu dengan video. Lebih bervariasi, lebih menarik!

Tangkap juga momen di sekitarmu dengan video – Photo by Ferran Feixas via unsplash.com

Kamu juga bisa mengunggah video berdurasi pendek yang menampilkan keindahan alam atau sekadar momen yang manis di feed Instagram. Video alias gambar bergerak tak kalah diminati oleh banyak orang loh. Buktinya banyak yang lebih menggemari Instagram Story dan profesi YouTuber kini makin laris manis. Sebenarnya nggak perlu kamera canggih buat bikin video yang keren. Cukup pakai smartphone dengan fitur video 8K resolution sudah bisa menghasilkan video dengan kualitas yang tak kalah bagus. Fitur ini bisa menghasilkan video yang jernih dan menangkap setiap momen dengan detail yang mengesankan. Cocok banget buat kamu yang suka traveling untuk bikin film pendek mengenai keindahan alam atau buat kamu yang suka mengoleksi momen manis, seperti momen ulang tahun atau anniversary.

Nggak susah-susah amat kan bikin feed Instagram jadi lebih rapi?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.