10 Tips Jualan di Instagram Biar Orderan Berdatangan Terus. Kudu Rajin Posting dan Studi Kasus

Tips jualan di Instagram

Tak cuma saling berbagi foto, kini Instagram juga sudah banyak dimanfaatkan untuk melakukan transaksi jual beli. Media sosial ini memang cukup menjanjikan untuk jadi lapak jualan lantaran penggunanya yang tiap hari makin bertambah, bahkan kini hampir mencapai satu miliar. Kalau melihat dari kisah sukses jualan di Instagram yang sudah diceritakan orang-orang, memang kelihatannya gampang. Padahal setidaknya kamu mesti tahu dulu bagaimana cara jualan di Instagram supaya laku.

Advertisement

Sayangnya, cara jualan online nggak bisa serta-merta bikin akun begitu saja. Kamu harus memanfaatkan semua fitur jualan di Instagram agar akun bisa terakomodasi dengan maksimal. Banyak cara yang bisa dipakai untuk meningkatkan penjualan di akun Instagram-mu nanti. Memang sih awal-awal akan terasa lebih sulit, tapi jika tips jualan di Instagram agar laris ini bisa kamu praktikkan dengan benar, nggak lama hasilnya pasti bakal mulai kelihatan kok. Nah, daripada nanti mengeluh jualannya di Instagram sepi terus, coba deh aplikasikan beberapa cara praktis dan mudah berikut.

1. Sebagai langkah awal, kamu mesti menyiapkan akun khusus untuk jualan

bikin akun khusus via entrepreneurcamp.id

Cara membuat akun Instagram untuk jualan ini sebenarnya sama saja dengan yang biasanya. Tapi kalau mau kelihatan lebih profesional, kamu bisa bikin akun Instagram bisnis saja. Tujuannya, agar nanti akun ini bisa kamu iklankan atau promosikan melalui Instagram Ads.

Nah, biar akun jualanmu mudah dijangkau, buatlah username yang mengandung ‘kata kunci’ di dalamnya. Misalnya, kalau mau bikin Instagram jualan baju, maka username nanti mesti ada kata bajunya, contoh @bajutiduranak. Username seperti ini cenderung lebih mudah ditemukan dalam pencarian. Kalau masih bingung, cari kata kunci yang tepat, kamu bisa melakukan riset kecil dengan mengetik barang yang kamu jual di kolom search Google.

Advertisement

2. Tentukan audiens dan carilah followers yang sesuai dengan target pasarmu

tingkatkan followers via www.suara.com

Penentuan audiens sangat berpengaruh terhadap branding image dan konten yang akan kamu buat nanti. Harapannya, jika konten yang dibuat sesuai, audiens jadi berminat membeli produkmu. Sembari mengumpulkan audiens, kamu juga harus mulai mencari followers. Sayangnya mencari followers juga nggak gampang. Memang sih bisa beli, tapi ini nggak disarankan karena malah bikin akunmu diblokir oleh pihak Instagram.

Ada cara organik yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan followers. Seperti mempromosikan akun Instagram di media sosial atau mencari lewat komunitas dan online shop tetangga. Kalau sekiranya kamu sudah menemukan audiens yang cocok, coba deh tinggalkan likes di beberapa foto mereka. Biar mereka juga penasaran dan membuka akun Instagram-mu.

3. Mulailah buat konten yang menarik perhatian dan unggah secara berkala

Advertisement

upload konten secara berkala via www.searchenginejournal.com

Nah, karena tujuannya untuk menarik followers dulu, feed Instagram mesti dibikin seapik mungkin. Tapi desain konten hingga caption-nya mesti disesuaikan dengan target audiensmu. Misalnya, targetmu anak muda, maka buat desain yang eye cathcing dan tata kalimat yang lebih santai. Kalau kontenmu berupa foto, perhatikan juga sudut pengambilan, cahaya, serta efek yang dipakai ketika editing.

Tak hanya konten yang bermutu, kamu juga harus konsisten upload supaya akun Instagram nggak sepi. Jadi, followers-mu juga bakal tahu kalau Instagram yang diikutinya ini cukup aktif. Upload-nya nggak harus banyak, sehari dua atau tiga unggahan saja sudah cukup kok!

4. Maksimalkan hashtag atau tagar dengan memilih mana yang paling relevan

pakai hashtag yang relevan via flothemes.com

Penggunaan tagar merupakan salah satu cara jualan online yang bisa membuat pelanggan mudah menemukan produk yang mereka inginkan. Makanya, kamu mesti buat tagar yang sesuai agar produkmu bisa lebih mudah ditemukan di laman explore. Biasanya, tagar juga bisa menambah likes pada unggahan lo! Meski begitu, kamu nggak boleh memakai banyak tagar, takutnya malah dikira spam.

5. Jangan lupa unggah testimoni pelanggan, biar akun Instagram jualanmu kelihatan lebih terpercaya

unggah testimoni via modx.com

Testimoni bisa kamu dapatkan dari komunikasi pelanggan melalui WhatsApp atau DM Instagram itu sendiri. Kamu bisa capture sebagian percakapan pelanggan yang mengungkap kepuasannya berbelanja di akunmu. Tapi, pastikan kamu sudah menyamarkan nomor pembeli guna menjaga privasi konsumenmu. Mengunggah testimoni ini juga merupakan cara jualan di Instagram biar laris.

6. Meski baru buka, jangan ragu untuk melakukan promosi

bikin promosi via www.studiobinder.com

Cara jualan di Instagram biar laku ya dengan promosi. Apalagi kalau kamu baru membangun audiens. Nah, bentuk promosi bisa kamu lakukan dengan beberapa metode, seperti potongan harga atau promo ongkos kirim. Lakukanlah promosi secara berkala, misal sebulan sekali. Promo yang ditawarkan juga bisa beda-beda lo! Bisa kamu sesuaikan dengan stok barang atau hasil penjualanmu saat itu.

7. Cara banjir orderan di Instagram bisa kamu lakukan melalui jasa endorse atau paid promote

lakukan endorse via kumparan.com

Cara jualan di Instagram supaya laku ini bisa kamu lakukan supaya produk jualanmu makin dikenal masyarakat luas. Umumnya, pelanggan akan membeli produk dari influencer karena dianggap terpercaya oleh mereka. Meski begitu kamu nggak bisa sembarang memilih orang yang kamu endorse. Pilihlah artis atau selebgram yang sesuai dengan target marketmu agar audiens nggak melenceng dan promo yang dilakukan pun tetap sasaran.

8. Sesekali adakan giveaway untuk follower agar mereka senang dan mau berbelanja lagi di online shop-mu

adakan giveaway via igfollowershackpw.me

Sebenarnya, metode ini hampir sama dengan sama dengan diskon. Hanya saja kamu bisa mengambil keuntungan lebih dengan membuat giveaway. Misalnya, kamu bisa meminta mereka untuk mengikuti akunmu dan membagikannya ke media sosialnya. Jadi, secara nggak langsung online shop-mu akan lebih dikenal banyak orang tanpa perlu kamu promosikan lagi.

9. Pelajari Instagram Ads untuk meningkatkan penjualan serta branding online shop yang tengah kamu bangun

pelajari IG Ads via www.americaninno.com

Sekarang beriklan di Instagram makin mudah, nggak mesti lewat Facebook Ads lagi.  Kamu hanya perlu memilih unggahan yang menarik dan kemudian promosikan langsung pakai akun Instagram Bisnismu. Kalau kamu bingung mengatur audiens, Instagram Ads memberikan fitur pengaturan target otomatis kok. Jadi tinggal klik saja maka iklan bisa langsung berjalan. Tak perlu khawatir mengenai pembayaran, semua bisa kamu kontrol melalui akun Instagram-mu. Umumnya, tagihan pembayaran akan diminta setelah iklan selesai atau bahkan ada yang di akhir bulan.

10. Kalau sudah bisa beriklan di Instagram, lakukan teknik soft selling untuk menarik minat tersirat para calon atau audiens

gunakan metode soft selling via www.dewaweb.com

Secara nggak langsung, metode ini bisa membangun kedekatan seorang pembeli dengan penjualnya. Cara melakukan teknik soft selling ini pun mudah. Kamu bisa membuat konten terlepas dari produk yang dijual. Atau, jika memang mau menyajikan produk, tampilkan secara tersirat agar pelanggan tak merasa sedang kena teknik marketingmu.

Jangan lupa juga manfaatkan semua aplikasi untuk jualan di Instagram. Misalnya, aplikasi untuk desain atau tracking tagar yang relevan. Apapun bisa kamu lakukan untuk menjangkau market di Instagram, tapi pemilihan waktu dan strategi mesti diperhatikan betul-betul agar audiens yang terjaring pun sesuai. Selamat mencoba, semoga penjualmu menghasilkan cuan, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE