Tips Keamanan buat Cewek yang Tinggal Sendiri. Harus Tetap Terlindungi

Cewek yang tinggal sendiri biasanya jadi mangsa yang mudah, sehingga risikonya lebih tinggi untuk dirampok

Kalau kamu baru pertama kali tinggal sendiri, mungkin kamu senang karena punya lebih banyak kebebasan dan bisa menikmati ruang pribadimu. Tapi, girls, salah satu kerugian tinggal sendiri juga jelas: keselamatan dan keamanan yang sulit terjamin. Kalau kamu adalah salah satu cewek yang hidup sendiri dan mulai cemas soal keamanan kamu, ini adalah beberapa tips praktis untuk menjaga dirimu tetap terlindungi.

1. Kenalan dengan tetanggamu

Tinggal di manapun, kamu tetap perlu kenalan dengan tetanggamu. Tinggal sendiri itu berbeda dengan tinggal bersama orang tua atau roommate. Kalau kamu kesulitan, kamu bisa minta bantuan dari tetanggamu. Apalagi kalau ada masalah yang nggak terduga, tetangga adalah orang terdekat yang bisa kamu hubungi untuk meminta bantuan.

Advertisement

2. Jangan oversharing di media sosial

Nggak ada yang perlu tahu kalau kamu hidup sendiri, apalagi orang asing di internet. Memposting lokasimu, detail tata letak tempat tinggalmu, rutinitas harian, dan perjalananmu malah mempermudah orang untuk mengetahui bagaimana dan kapan bisa masuk ke tempat tinggalmu. Ya… Tapi kalau kamu emang mau share hal-hal itu, hati-hati dengan informasi yang kamu pilih untuk dibagikan.

3. Jangan menunjukkan kalau kamu tinggal sendiri

Cara yang paling baik untuk mencegah penyusup adalah dengan membuat mereka percaya kalau kamu nggak sendirian. Cewek yang tinggal sendiri biasanya jadi mangsa yang mudah, sehingga risikonya lebih tinggi untuk dirampok. Mungkin terdengar lucu, tapi kamu bisa beli sepatu cowok dengan ukuran besar untuk ditaruh di halaman atau jalan depan tempat tinggalmu. Penyusup akan berpikir ada cowok besar di dalam dan takut untuk masuk.

Advertisement

Pastikan juga lampu di dalam dan luar rumahmu selalu menyala, karena penyusup menghindari rumah yang terang. Menutup gorden juga membantu untuk mencegah orang lain melihat ada berapa orang yang tinggal di dalam rumah atau apartemenmu. Kamu juga bisa sesekali mengundang teman atau orang lain yang kamu percayai untuk datang ke tempatmu. Dengan begitu, rumahmu bakal terlihat seperti tempat yang diisi banyak orang.

4. Jangan lupa untuk mengunci pintu

Skenario pada umumnya adalah kuncimu yang sudah rusak atau nggak terlalu kuat sehingga mudah dibobol. Tapi, gimana kalau mantan penyewa rumah atau apartemen kamu punya banyak salinan kunci dan ketika mereka mabuk di tengah malam, mereka lupa kalau mereka udah nggak tinggal di sana lagi? Walaupun terdengar aneh, skenario ini betulan terjadi, lo.

Advertisement

Apa pun masalahnya, kamu harus selalu mengganti kuncimu dengan kunci baru yang mudah untuk dipasang sendiri. Selain mengganti kunci, juga sangat disarankan untuk memasang rantai tambahan atau kunci baut geser kalau memungkinkan.

5. Pertimbangkan sistem keamanan

Mahal, sih, tapi lebih baik jaga-jaga. Nggak peduli kamu tinggal di tempat kecil atau mewah, sistem keamanan bakalan membantu banget biar kamu tetap aman. Ini bisa jadi investasi yang berharga, lo. Kalau belum mampu beli yang mahal, banyak juga opsi lain yang lebih murah.

Walaupun manual, kunci mobilmu juga bisa jadi alarm keamanan, kok. Jadi, nggak ada salahnya kamu simpan kunci mobilmu di dekatmu terus. Kalau kamu merasa ada tamu yang nggak diingankan, kamu tinggal pencet tombol panik mobilmu. Suara keras dan menjengkelkan pasti berbunyi, tetangga juga akan keluar karena tidurnya diganggu, dan pencuri akan panik.

6. Manfaatkan teknologi sebaik mungkin

Smart doorbell, kamera keamanan, dan pendeteksi gerakan dapat membantu mengamankan tempat tinggalmu dari potensi pencurian. Kamu dapat dengan mudah memasang teknologi-teknologi motion-activated yang bisa mendeteksi gerakan di luar dan dalam rumahmu. Teknologi-teknologi ini bisa membantu kamu jadi lebih hati-hati untuk tahu siapa saja yang ada di sekitar atau datang ke rumahmu.

7. Perhatikan sampah-sampah yang dibuang

Hal yang kedengarannya sepele kayak gini ternyata bisa jadi sumber masalah, lo. Kamu pun harus hati-hati dengan sampah-sampahmu. Jangan buang kotak-kotak furnitur mahal, seperti TV atau speaker, di luar rumah atau kamar apartemenmu. Barang-barang itu bikin kamu kelihatan kaya. Kamu pasti nggak mau kalau tempat tinggalmu jadi incaran pencuri.

8. Selalu berhati-hati dengan keadaan sekitar

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mengambil tindakan pencegahan dan pikirkan semuanya baik-baik. Ini akan membantu menghindari situasi yang berpotensi berbahaya. Jaga agar pintu kamu tetap terkunci, walaupun kamu berada di dalam rumah. Jangan biarkan orang asing masuk ke tempat tinggalmu. Kalau ada yang tiba-tiba datang ke rumah, kamu punya hak untuk minta kartu identitas mereka dan ngobrol sama mereka di depan pintu supaya kamu bisa dilihat sama tetangga.

Tetap terus waspada, walaupun kamu cuma jalan dari rumah ke garasi atau dari kamar apartemen ke lobby. Jangan lupa untuk siapin kunci di tanganmu sebagai alat pelindung diri kalau kamu merasa ada seseorang dan sesuatu yang mencurigakan. Kamu bebas lakuin apa pun selama kamu merasa aman.

Ini dia tips keselamatan yang bisa kamu ikuti kalau mau hidup sendiri dengan tenang. Penting buat kamu untuk merasa terlindungi dan aman di tempat tinggalmu sendiri tanpa takut seseorang menyakitimu atau mengambil barang-barangmu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE