Meski jadi salah satu kebutuhan tersier, nggak bisa dimungkiri bahwa keberadaan kulkas di rumah tinggal sudah menjadi hal yang nyaris mutlak dewasa ini. Kenapa? Karena fungsi utamanya adalah untuk menyimpan makanan. Masalahnya, harga sebuah kulkas juga nggak murah. Seenggaknya mesti sedia satu jutaan untuk mendapatkan kulkas baru berukuran cukup yang layak.

Nah, sebagai alternatifnya, kamu bisa kok membeli kulkas bekas di tempat loak terpercaya yang harganya jauh lebih terjangkau di bawah harga barunya. Baiknya, perhatikan beberapa hal ini dulu sebelum fix membeli.

1. Pilihlah kulkas yang kondisi fisiknya masih bagus. Tampilan luar kulkas sangatlah penting

cek bagian luarnya via sg.carousell.com

Advertisement

Bagian luar yang mulus menjadi syarat utama ketika mencari kulkas bekas. Memang, bagian dalam kulkas adalah yang terpenting, namun jika sisi luar kulkas sudah nggak menarik, kemungkinan besar banyak orang juga yang nggak menginginkannya. Tampilan luar yang bagus menjadi penting agar kulkas bekas yang kamu beli nggak terkesan rongsokan.

2. Utamakan kulkas yang mereknya populer dan banyak dipakai, bisa jadi tolak ukur kualitasnya juga

merek juga penting via www.youtube.com

Hal yang kedua wajib jadi bahan pertimbangan adalah merek dari kulkas bekas yang akan kamu beli. Selain bisa melihat jaminan kualitasnya, kulkas bekas dengan merek yang populer dan sama dengan yang dipakai di lingkungan tempat kamu tinggal tentu jadi keuntungan tersendiri. Kamu bisa sharing mengenai apa pun yang berhubungan dengan kulkas tersebut sehingga ketika ada permasalahan nantinya bisa ditangani dengan tepat.

3. Jika memungkinkan, pilih kulkas bekas yang masih punya garansi

pilih yang ada kartu garansinya via idejuragan.blogspot.com

Meski terdengar cukup sulit, kulkas bekas yang bergaransi menandakan umur dan waktu pemakaiannya belum terlalu lama. Jadi hampir bisa dipastikan kualitasnya masih tergolong bagus. Lumayan kan, kualitas bagus dan harganya terjangkau? Selain itu, kamu bisa langsung mendatangi tempat garansi ketika kulkas bekas yang dibeli bermasalah.

4. Pastikan wadahnya dan aksesorinya lengkap, kalaupun nggak, kamu bisa tekan harga dari kelengkapannya tersebut

pastikan wadahnya lengkap via www.jualo.com

Advertisement

Cek dulu kelengkapan wadah berikut aksesori dari kulkas bekas yang akan kamu beli, masih ada atau nggak. Cek juga, apakah masih berfungsi dengan baik atau nggak. Beberapa komponen yang perlu kamu cek seperti halnya rak telur, tempat penyimpanan air, tempat penyimpanan sayur dan buah, tempat penyimpanan daging dan ikan, penyimpanan makan, juga freezer-nya. Periksa juga bagian lampunya, pastikan masih berfungsi dengan baik.

5. Bagian pendinginnya juga mesti kamu periksa sebelum memutuskan untuk membeli kulkas bekas

cek bagian pendinginnya juga via www.youtube.com

Sebelum membeli kulkas bekas, mintalah pada penjualnya untuk mencoba menyalakannya terlebih dahulu untuk memastikan apakah mesin pendinginnya masih berjalan dengan baik atau nggak. Jangan lupa mintalah untuk memperlihatkan padamu kalau kulkas tersebut memang masih berfungsi dengan baik.

6. Akan lebih baik jika kulkas bekas yang kamu beli, punya service center yang jaraknya terjangkau dari rumahmu

dekat dengan service center via www.hireworks.net.au

Kalaupun kamu nggak berhasil mendapatkan kulkas bekas yang bergaransi, setidaknya pastikan merek kulkas tersebut punya service center yang available dan terjangkau jaraknya dari rumahmu. Jika ada kerusakan atau membutuhkan perawatan berkala, maka kamu nggak perlu khawatir lagi karena bisa segera membawanya ke service center yang mudah dijangkau. Lebih bagus lagi kalau bisa dipanggil untuk datang ke rumah.

Memilih kulkas bekas itu memang gampang-gampang susah. Perlu pertimbangan matang dalam hal pengecekannya agar ke depannya nanti nggak malah merugikan diri sendiri. Semoga bermanfaat dan bisa jadi panduanmu yang pengen berburu kulkas bekas, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya