Tips Mengecas HP yang Benar. Dijamin Lebih Awet dan Nggak Cepat Rusak

Baterai yang menurun cepat emang suka bikin kesal! Kok bisa, ya? Padahal dulu tahan lama.

Apa, sih, yang jadi pertimbanganmu kalau beli handphone? Apa salah satunya karena baterai yang awet? Kalau iya, kamu pasti nyadar kekuatan bateraimu melemah dari waktu ke waktu. Awalnya, ponselmu bisa dimainkan seharian. Lama-kelamaan, bateraimu sudah berkurang setengah di siang hari.

Advertisement

Semua baterai, termasuk baterai ponsel, memang melemah seiring waktu pemakaian. Meskipun baterai biasanya memiliki umur  3-5 tahun, atau antara 500 dan 1.000 siklus pengisian, baterai ponsel yang sudah memasuki usia 3 nggak akan bisa bertahan seperti baterai baru.

Kenapa bisa begitu?

tips mengecas HP

Baterai iPhone yang tersisa setengah | Foto oleh Rann Vijay dari Pexels

Coba kamu cek ponselmu, deh. Biasanya, cara pemakaianmu memengaruhi baterai sehingga dia bisa menurun. Misalnya, ada banyak aplikasi yang kamu instal dan notifikasi yang kamu terima. Ditambah lagi, kamu jarang membersihkan sampahnya. Terus, ada juga customization yang kamu lakukan. Kalau di iPhone, kamu bisa menghias sendiri homescreen kamu, kan? Nah, hal-hal seperti ini bisa membebani baterai ponselmu.

Teknologi yang bisa mengoptimalkan daya baterai mungkin akan dibuat di masa depan, tapi kayaknya kita harus menunggu lama untuk itu. Daripada menunggu, lebih baik kita belajar menjaga baterai kita. Bisa dimulai dari cara kita mengisi daya, di sini ada beberapa tips kami untuk menjaga kesehatan baterai ponselmu lebih lama!

Advertisement

Waktu yang tepat untuk mengisi baterai

tips mengecas HP

Mengisi daya ponsel di siang hari | Foto oleh Mayıs dari Pexels

Pertama-tama, kamu harus tahu kalau baterai ponselmu nggak boleh sampai di bawah 20%. Menurut Tech Advisor, lebih ideal untuk mengisi ulang baterai kamu di antara 30% dan 90%. Kamu harus tetap cabut colokan sebelum mencapai 100%. Makanya, cas semalaman sangat nggak dianjurkan. Lebih baik untuk mengisi ulang di waktu-waktu produktif, supaya kamu bisa mengawasi persentase baterai saat mengisi daya.

Kita betulan nggak boleh isi penuh baterai kita, nih, jadinya? Boleh, kok. Beberapa orang menyarankan untuk mengisi ulang baterai dari 0% sampai penuh 100% sebulan sekali untuk mengalibrasi ulang baterai. Di hari-hari lain, jaga persentase baterai biar nggak terlalu rendah, tapi juga nggak terlalu tinggi. Baterai akan lebih cepat menua kalau dibiarkan sampai di bawah 20% atau dicas sampai 100%.

Jangan buat baterai ponselmu bingung

tips mengecas HP

Ponsel yang dicas di malam hari | Foto oleh Hasan Albari dari Pexels

Advertisement

Kalau kamu menggunakan handphone-mu saat sedang mengecas, baterainya akan bingung. Nantinya, akan tercipta siklus mini, di mana baterai terus turun-naik. Idealnya, kamu harus mematikan perangkat saat mengisi daya. Kebingungan ini juga terjadi pas kamu mengisi daya semalaman. Walaupun banyak ponsel modern yang mematikan pengisian daya otomatis saat mencapai 100%, tapi baterai bisa turun sedikit saat ditinggal semalaman.

Bayangkan, ketika kamu tidur, baterai kamu terisi penuh 100%. Di saat ini, kamu nggak cabut casnya karena tidurmu nyenyak. Setelah beberapa jam, walaupun nggak dimainkan, baterai kamu turun menjadi 99%. Proses pengecasan akan dimulai lagi untuk menjaga ponsel tetap 100% sampai kamu terbangun. Artinya, bateraimu terus-terusan memantul antara 99% hingga 100% semalaman. Kebingungan ini bisa memanaskan telepon, yang juga buruk untuk baterai.

Lebih baik pakai cas bawaan

tips mengecas HP

Pengisian daya ponsel dengan kabel USB | Foto oleh Stanley Ng dari Pexels

Kalau bisa, pakai cas bawaan yang diberikan waktu kamu membeli handphone-mu, karena sudah didesain agar cocok dengan jenis ponselmu. Kalau rusak dan kamu terpaksa membeli casan baru, pastikan beli yang asli atau yang disetujui oleh pabrik ponselmu, ya! Alternatif murah yang bisa kamu beli di mana saja justru bisa membahayakan ponselmu, atau lebih parah, terbakar.

Lagipula, yang asli pasti jauh lebih baik. Sekarang, kebanyakan casan memuat tegangan yang tinggi yang bisa mengisi daya bateraimu dengan lebih cepat. Pengisian cepat ini malah nggak akan merusak baterai kamu, lo. Hanya saja, panas yang dihasilkan berpotensi memengaruhi masa pakainya. Jadi, kamu harus bisa menyeimbangkan keuntungan dari pengisian daya yang lebih cepat dengan suhu ponselmu.

Sekarang, kamu sudah tahu cara mengisi baterai yang benar, belum? Kalau sudah, jangan lupa tinggalkan kebiasaan mengecasmu yang lama, ya! Mulai kebiasaan yang sehat, biar baterai ponselmu awet juga.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE