Tips Take Video Cuma Bermodal Smartphone, Biar Nggak Kalah Sama yang Pakai Kamera Beneran!

Tips Take Video Modal Smartphone

Salah satu kompetisi yang sering muncul di media sosial adalah lomba bikin video. Hadiahnya yang menarik dan proses kreatifnya yang menantang kadang bikin kamu tertarik pengen ikutan. Tapi pas liat video bikinan orang-orang, nggak jarang juga kamu jadi minder sendiri.

“Bikin video bagus, mereka pasti modalnya kamera mahal”. Pasti kamu sering deh berpikir begitu. Tenang, jangan patah semangat dulu. Ikutin aja tips dan trik di bawah ini. Biar cuma bermodal smartphone, kalau ikutin tips ini hasilnya pasti nggak kalah keren kok!

1. Pakai format landscape, hasilnya dijamin berkelas!

Biar hasilnya berkelas pakai format landscape (Foto:Luthfi/Hipwee)

Jangan malas ya memiringkan smartphone-mu saat merekam video untuk menghasilkan format landscape. Percaya deh, video landscape lebih banyak digemari banyak orang karena hasil gambarnya jadi lebih berkelas dan memukau! Soalnya kamu bisa menangkap banyak objek dengan  format ini. Belum lagi, format landscape aman buat ditonton di hanpdhone manapun sampai ditonton di TV.

2. Perhatikan jarak smartphone dengan objek agar fokusnya pas

Jangan mager buat ngatur jarak antara objek dan smartphone-mu ya (Foto: Luthfi/Hipwee)

Ini nih yang sering bikin video jadi kurang estetik. Kamu harus pintar-pintar mengatur jarak smartphone dengan objek biar fokusnya pas. Kadang kamu ingin mendapatkan momen di mana latar objeknya blur seperti bokeh, tetapi justru objeknya yang blur. Coba latihan dulu untuk menempatkan objek agar fokusnya bisa pas dan hasil videonya sesuai ekspektasi kamu.

3. Bila perlu, pakai tripod biar videomu stabil

Pakai tripod emang bisa bikin video bagus, tapi nggak praktis – Photo by Bartosz Piechaczek from unsplash.com

Untuk mendapatkan video yang kece, kuncinya harus bisa mengambil gambar dengan stabil. Jadi video nggak goyang-goyang dan bikin penonton pusing. Cara yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan tripod. Tapi kalau kamu mau nggak repot bawa-bawa tripod, miliki aja OPPO Reno2. Smartphone ini punya fitur Ultra Steady Video yang bikin kamu nggak butuh tripod lagi. Kamu hanya cukup tekan satu tombol, kamu sudah bisa merekam video dengan sangat stabil.

Hasil rekaman bisa sangat stabil karena OPPO Reno2 menyematkan OIS + EIS juga didukung dengan sensor IMU. Kamu juga bisa mengatur fitur ini pada kualitas 1080p dengan frame rate pada 60fps. Dijamin video kamu bakal kece banget tanpa bantuan tripod sekalipun. Nggak heran kalau OPPO Reno2 dijuluki #TheUnshakableReno.

4. Fokus pada framing video biar nggak perlu pakai filter atau efek 

Usahakan nggak merekam gambar langsung pakai filter atau efek ya! – Photo by Tinh Kuong from unsplash.com

Tahu nggak kalau kualitas video bisa menurun karena kamu menambahkan filter dan efek? Mungkin saat merekam video dengan filter, kamu membatin hasilnya sudah bagus. Namun setelah dilihat lagi dan ingin di-edit, video tidak bisa kembali ke warna aslinya. Jadi usahakan fokus pada framing video ya supaya nggak perlu pakai filter atau efek. Kalau mau menambahkan filter bisa saat editing, kok~

5. Jangan mengandalkan zoom, kualitas gambar bisa pecah 

Harus pintar-pintar nge-zoom kalau mau dapat video yang bagus – Photo by Alexei Scutari from unsplash.com

Untuk mendapatkan video yang keren layaknya diambil pakai kamera profesional, ada satu hal yang harus kamu ingat. Usahakan jangan menggunakan fitur zoom untuk mendapatkan gambar objek yang lebih jelas. Sering sekali video jadi kurang bagus karena teknik pengambilan gambarnya di-zoom sehingga resolusi piksel menurun, gambar pun jadi pecah. Kalau kamu mau mendapatkan gambar objek yang jelas, dekatkan saja objeknya.

Nggak mungkin mendekat ke objek? Gapapa kok, hasilnya bisa tetep bagus asalkan kamu pakai OPPO Reno2. Soalnya, smartphone ini juga dilengkapi fitur 5x Hybrid Zoom Video dengan resolusi 13MP. Gambar tetap jernih walaupun di-zoom hingga 5x!

Nggak cuma itu, OPPO Reno2 juga punya fitur Ultra Wide Angle Video yang bikin kami bisa merekam video dengan cakupan pandangan yang lebih luas. Bayangkan, sudut pandang rekaman video menjadi lebih luas hingga 116° pada resolusi 8MP. Canggih banget, kan?

Nah, udah siap belum bikin video modal smartphone dengan hasil kayak pakai kamera profesional?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.