Tips Menghindari Boros di Bulan Puasa. Tahan ke BM-an dan Jangan Kalap

Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia ketika Ramadan tiba, bukannya memenuhi masjid untuk beribadah, sebagian dari mereka justru memenuhi pusat perbelanjaan untuk berburu diskon. Kebiasaan ini kemudian menggiring pada perilaku konsumtif yang selalu menginginkan ‘ini-itu’ yang sebenarnya tidak terlalu mereka butuhkan. Biasanya sih, karena termakan gengsi nih SoHip.

Advertisement

Tidak hanya itu, ketika bulan puasa tiba, jalanan juga langsung berubah menjadi semacam festival jajanan yang menjual berbagai menu takjil dari minuman segar hingga jajanan viral dan kekinian. Di jam-jam ngabuburit, banyak masyarakat yang memenuhi jalanan untuk memborong makanan buka puasa. Saking banyaknya yang dibeli, malah berujung tidak termakan.

Kebiasaan tersebut tentu menyebabkan kantong kering dan boros. Agar SoHip terhindar dari kebiasaan tersebut, Hipwee Tips akan memberikan tips spesial untuk kamu agar terhindar dari perilaku boros di bulan puasa.

1. Jangan membeli sesuatu yang berlebihan, seleksi dulu sebelum membeli

Katanya sih, ketika bulan puasa, setan-setan pada dikerangkeng, tapi nyatanya kadang masih suka kalap sama bisikan setan~

Advertisement

Tahan dulu, jangan mudah tergoda, sebab itu hanya bisikan setan yang mengajakmu untuk boros, SoHip. Jadi, pastikan imanmu kuat, ya!

Jika ingin membeli sesuatu, maka sesuaikan dengan porsi kebutuhanmu serta pertimbangkan dengan baik dari segi harga, rupa, dan kemanfaatan. Jangan sampai kamu membeli barang hanya karena termakan gengsi saja, padahal kamu tidak benar-benar membutuhkan. Sayang kan nanti jatuhnya malah mubazir.

Advertisement

2. Tutup mata dulu sama ‘Ramadan Sale’

Godaan paling berat selama puasa jatuh kepada promo dan diskon Ramadan.

Meskipun agak sulit, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba cuek dengan promo dan diskon Ramadan yang begitu menggiurkan. Sebab sejatinya sebelum memberikan diskon, pasti harga produk juga sudah dinaikkan terlebih dahulu. Jadi, sama saja sebenarnya, tidak berbeda jauh antara harga asli dengan ‘harga yang sudah diskon’.

3. Gunakan moment Ramadan sebagai ajang untuk ibadah bukan hanya perayaan saja

Ngabuburitnya ikut kajian di masjid saja, yuk~

Biasanya ngabuburit di sore hari dihabiskan untuk berburu kuliner Ramadan. Tapi hal ini justru membuat kita semakin boros. Daripada jajan makanan yang hanya karena nafsu semata, lebih baik ikut kajian di masjid saja sekalian menambah dan memperdalam ilmu agama. Benar, tidak?

4. Alihkan budaya konsumtif untuk bersedekah

Daripada buat beli yang nggak penting, lebih baik gunakan untuk sedekah~

Budaya konsumtif memang sulit sekali untuk dihilangkan, sayang sekali jika ketika bulan Ramadan tiba, kebiasaan tersebut masih tertanam padahal daripada dibuat membeli barang yang tidak penting, lebih baik uang tersebut digunakan untuk bersedekah. Apalagi, jika kita melakukan ibadah dan sedekah di bulan Ramadan, tentu sangat jelas bahwa pahala kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan.

5. Daripada beli makanan di luar, lebih baik masak sendiri di dapur

Lebih hemat sekaligus itung-itung melatih skill memasakmu

Tips lain yang bisa membantumu untuk tidak boros selama bulan puasa adalah jangan jajan di luar. Daripada kamu membeli makanan di luar, lebih baik kamu masak sendiri di rumah bersama dengan adik atau kakak atau ibumu. Itung-itung sambil melatih skill memasakmu. Bahkan nanti kamu juga bisa lo, mendapatkan resep makanan dan tips memasak dari ibumu yang bisa kamu praktikkan di kemudian hari.

6. Bikin tabungan ‘mudik’ bisa membantu untuk menahan segala ke BM-an, tapi kalau nggak mudik bisa mikirin investasi saja dari uang THR

Motivasi mudik bisa membantumu untuk lebih hemat, sebab untuk mudik juga butuh biaya yang cukup besar, ya~

Kamu bisa membuat tabungan mudik untuk menjadi motivasi menabung agar tidak boros ketika bulan puasa. Kamu cukup membeli celengan kemudian tulis menggunakan spidol permanen “Tabungan Mudik Pulang Kampung”. Dengan begitu, kamu akan lebih semangat menabung daripada menghabiskan uangmu untuk jajan.

Atau alternatif lain buat kamu yang tidak mudik, kamu bisa mulai memikirkan plan investasi mana yang akan kamu lakukan dari uang hasil THR-mu.

Nah, tips di atas bisa kamu terapkan nih mulai bulan Ramadan ini. Selain bisa hemat, kamu juga bisa gunakan momen puasa sebagai ajang untuk melakukan kebaikan lo, SoHip. Selamat menjalankan ibadah puasa~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE