8 Tips Agar Wajan Baru Nggak Lengket saat Digunakan untuk Menggoreng

Saat menggoreng makanan dan lengket di wajan pasti bikin kesal. Apalagi biasanya makanan yang lengket saat digoreng hasilnya kurang bagus, terlalu menyerap minyak, danĀ  alot. Padahal, menggoreng menggunakan wajan memang cara memasak yang cukup simpel dengan alat yang sangat mudah. Namun, masalah wajan yang lengket memang sulit dihindari. Apalagi jika wajan yang digunakan adalah bukan wajan anti-lengket yang baru.

Advertisement

Bahkan, wajan lama pun jika nggak sering digunakan untuk menggoreng bisa saja jadi lengket. Sebenarnya, menggoreng di wajan baru nggak akan bikin lengket asal tahu triknya, lo Sobat Hipwee. Berikut ini, Hipwee bagikan tips agar wajan baru nggak lengket saat menggoreng. Yuk, praktikan!

1. Pastikan wajan dicuci bersih dan kering sempurna sebelum digunakan untuk menggoreng

Cara mengatasi wajan lengket

Wajan kering | Foto oleh Simpson33 dari Depositphoto

Langkah pertama di tips agar wajan baru nggak lengket adalah dengan memastikan wajan dicuci bersih dan kering sempurna sebelum dipanaskan. Pastikan juga kalau wajan sebelumnya nggak dipakai untuk merebus atau membuat oseng-oseng, karena bisa menyebabkan wajan jadi lengket.

2. Panaskan wajan lebih dulu hingga seluruh permukaannya panas sempurna, baru dituang minyak

Cara mengatasi wajan lengket

Panaskan wajan | Foto oleh Koldunov dari Depositphoto

Ini adalah salah satu trik kunci supaya wajan baru nggak lengket. Pastikan wajan bersih dan kering dipanaskan di atas api yang besar hingga panasnya merata. Kemudian tuangkan minyak goreng secara menyeluruh ke semua permukaan wajan. Setelah itu, kecilkan api, dan tunggu minyak mendidih dan siap digunakan untuk menggoreng.

Advertisement

3. Gunakan minyak yang banyak di masa-masa awal penggunaan wajan baru

Cara mengatasi wajan lengket

Pakai minyak yang banyak | Foto oleh DmitryPoch dari Depositphoto

Wajan yang lengket saat untuk menggoreng biasanya terjadi pada wajan baru atau wajan lama tapi lebih terbiasa untuk merebus atau memasak oseng-oseng daripada untuk menggoreng. Jadi saat awal-awal digunakan untuk menggoreng, pastikan minyaknya cukup banyak sehingga makanan bisa mengambang di minyak dan nggak terlalu menyentuh permukaan wajan.

Langkah ini bisa dilakukan beberapa kali, sampai wajan sudah terbiasa untuk menggoreng. Selama masa awal-awal menggoreng ini jangan gunakan wajan untuk membuat oseng-oseng apalagi merebus air, misalnya untuk membuat mi instan. Tujuannya supaya wajan terbiasa dengan suhu minyak panas.

4. Jangan digunakan untuk menggoreng makanan mengandung gluten tinggi dan makanan beku

Cara membersihkan wajan lengket

Gorengan | Foto oleh Lisafx dari Depositphoto

Makanan mengandung gluten misalnya dari tepung terigu berpotensi lengket di wajan. Jadi, untuk sementara di masa awal-awal wajan baru, hindari menggoreng makanan mengandung gluten ya. Selain itu, jika ingin menggoreng frozen food, pastikan bahan makanan sudah meleleh dan mengikuti suhu ruang. Pebedaan suhu yang tinggi antara makanan dan wajan juga bisa berpotensi lengket.

Advertisement

5. Usahakan makanan yang digoreng nggak mengandung bumbu marinasi yang terlalu banyak

Cara membersihkan wajan lengket

Makanan marinasi | Foto oleh RostuOlevskin dari Depositphoto

Bumbu marinasi apalagi yang berbahan gula bisa membentuk karamel saat dipanaskan pada minyak. Selain membuat minyak jadi cepat kotor, bumbu yang masuk kedalam wajan bisa menyebabkan makanan lengket di wajan. Jadi sebelum memasukkan makan ke wajan berisi minyak panas, coba ketuk-ketuk dulu supaya bumbu marinasi yang menempel di permukaan bisa berkurang.

6. Balik makanan saat sudah benar-benar kering

Cara membersihkan wajan lengket

Dibalik saat sudah kering | Foto oleh Zigzagmtart dari Depositphoto

Saat menggoreng dengan wajan baru, usahakan makanan di balik saat benar-benar sudah kering, karena permukaannya yang kering saat dibalik nggak akan lengket di wajan. Sebaliknya, makanan yang baru setengah kering saat menempel di permukaan wajan pasti akan lengket. Tips kunci lainnya agar wajan baru nggak lengket adalah kurangi intensitas membolak-balik makanan, ya!

7. Jika wajan menimbulkan kerak, maka harus dicuci dengan air mendidih untuk mengindari menggosok terlalu keras

Tips agar wajan baru tidak lengket

Jangan terlalu kuat menggosok | Foto oleh IgofVetushko dari Depositphoto

Di awal-awal wajan yang berkerak adalah hal yang wajar. Jika ini terjadi, maka hindari menggosok wajan telalu keras, karena akan membuat lapisan luarnya memudar dan wajan akan makin lengket.

Cara membersihkan kerak di wajan baru adalah dengan merendamnya dengan air mendidih dicampur sabun dan garam kasar. Biarkan hingga air hangat dan gosok perlahan menggunakan spons cuci piring.

8. Jika wajan tetap lengket, coba panaskan wajan dengan air dan minyak 2-3 kali

Tips agar wajan baru tidak lengket

Wajan lengket | Foto oleh vikabest88@gmail.com dari Depositphoto

Jika beberapa langkah agar wajan baru nggak lengket di atas sudah dicoba 3-5 kali untuk menggoreng, tapi masih gagal karena wajan belum terbiasa dengan suhu minyak panas, maka lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Cuci wajan dan keringkan, kemudian letakkan wajan di atas kompor dengan api besar
  2. Panaskan wajan hingga berasap dan seluruh permukaannya benar-benar panas
  3. Dalam keadaan api tetap menyala, tuangkan segelas air dan ratakan ke seluruh permukaan wajan dengan spatula. Buang air, lalu ulang langkah 2 dan 3 ini 2-3 kali
  4. Masih dalam keadaan api menyala besar, pastikan wajan bersih dari air kemudian tuang sedikit minyak, lalu ratakan ke seluruh permukaan wajan.
  5. Biarkan hingga wajan berasap, lalu tuang minyak ke wadah lain.
  6. Tes wajan dengan digunakan untuk menggoreng telur ceplok, jika nggak lengket bararti wajan siap digunakan untuk menggoreng berbagai jenis makanan yang lain. Namun, jika masih lengket, maka coba ulang langkah 2-5 lagi.

Nah, itulah tips agar wajan baru nggak lengket saat digunakan untuk menggoreng. Selain butuh konsisten, pastikan juga kamu memang mengkhususkan wajan itu untuk menggoreng ya. Tingkat keberhasilan cara mengatasi wajan lengket ini juga tergantung pada jenis bahan wajan. Biasanya, wajan yang terbuat dari alumunium lebih lama proses adaptasinya supaya nggak lengket saat digunakan untuk menggoreng.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE