11 Makanan Pengganti Tumpeng Nasi Kuning untuk Perayaan. Nggak Monoton dan Cantik Tampilan

Tumpeng selain nasi

Makanan adalah bagian tak terpisahkan dari sebuah perayaan. Biasanya tumpeng digunakan sebagai makanan utama dalam perayaan seperti ulang tahun, syukuran atau selamatan. Tak hanya di Jawa, potong tumpeng sudah menjadi tradisi yang telah mengakar dalam kebudayaan masyarakat Indonesia. Tumpeng biasanya berupa nasi dengan bentuk kerucut yang dikelilingi oleh lauk pauk.

Advertisement

Namun apa jadinya jika tumpeng diganti dengan bahan makanan selain nasi? Yuk cek macam-macam kreasi makanan berbentuk tumpeng yang Hipwee Tips rangkum berikut ini!

1. Singkong adalah bahan pangan kedua pengganti nasi. Siapa sangka jika olahan singkong juga bisa menjadi bahan dasar tumpeng? Contohnya adalah getuk yang berbentuk tumpeng ini

tumpeng olahan singkong via www.instahu.com

2. Kombinasi sate dan lontong yang ditata sedemikian rupa dengan dihiasi sayuran dan acar ini nggak kalah menggoda selera

tumpeng sate via picdeer.com

3. Unik, kini ada variasi bakso raksasa berbentuk tumpeng lo! Tumpeng bakso ini biasanya disajikan bersama dengan mi, tahu dan sayuran hijau sebagai pelengkap. Cocok deh dinikmati ramai-ramai!

tumpeng bakso via www.guideku.com

4. Tumpeng mi instan cocok dijadikan pengganti nasi sebagai makanan utama dalam perayaan. Unik dan menggugah selera makan!

tumpeng mie via demo.travelingyuk.com

5. Manis dan kenyal, kreasi puding warna-warni dan buah-buahan ini bisa menjadi alternatif makanan utama sebagai pengganti tumpeng tradisional

tumpeng puding via www.youtube.com

6. Susunan buah berwarna-warni ini nampak segar dan menggoda. Cocok nih sebagai pengganti tumpeng di acara pesta!

tumpeng buah via www.dijuragantumpeng.com

7. Buat kamu yang suka makanan manis, donat yang disusun mengerucut seperti tumpeng ini bisa menjadi alternatif makanan untuk perayaan.

tumpeng donat via food.detik.com

8. Jajanan pasar yang disajikan dalam perayaan biasanya disusun layaknya tumpeng atau gunungan. Wah, nggak heran kalau selalu jadi rebutan!

tumpeng jajanan pasar via ncccelebrationweek2015.blogspot.com

Advertisement

9. Berbahan dasar tepung beras dan gula merah, kue awug bisa menjadi alternatif tumpeng yang manis namun juga mengenyangkan.

kue awug via beritabaik.id

10. Susun tumpukan berbagai jenis pempek dengan rapi dan… taraaa! Jadilah tumpeng pempek! Jangan lupa lengkapi dengan saus cocolnya, ya~

tumpeng pempek via www.youtube.com

11. Apa jadinya jika makanan khas jepang dipadukan dengan cita rasa tradisional? Jawabannya adalah tumpeng sushi ini. Bisa disontek nih, buat kamu yang pengen tetap pakai nasi tapi mau yang anti mainstream

tumpeng sushi via twitter.com

Unik dan menarik kan? Kamu bisa berkreasi sekaligus sambil tetap melestarikan tradisi. Gimana, yang mana nih yang ingin kamu coba?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mind wanderer~

CLOSE