Tangga selama ini hanya dikenal sebagai alat bantu manusia untuk menggapai tempat yang lebih tinggi. Tapi, kamu tau nggak kalau sebenarnya tangga juga bisa difungsikan untuk hal lainnya? Gak hanya berguna, namun tangga ini bisa jadi penghias ruangan yang enak dipandang mata.

Penasaran gimana saja memanfaatkan tangga di rumah? Yuk, simak 8 penjabarannya di artikel berikut ini!

1. Jangan biarkan handuk menggantung di belakang pintu karena bisa bikin jamuran! Kamu bisa menggunakan tangga kayu sebagai tempat gantungan.

tangga bisa dijadiin sampiran handuk via www.pinterest.com

Fungsi alternatif tangga ini sangat sederhana. Kamu nggak perlu bingung gimana caranya. Kamu hanya perlu sandarin tangga di tembok, lalu pijakan tangganya bisa kamu pakai untuk menyampirkan handuk-handukmu. Selain menarik dan unik dilihat, kamu bisa sampirkan lebih dari 1 handuk lho.

2. Tumpukan box sepatu gak enak dipandang mata? Gantungkan saja sepatu berhakmu di tangga yang sekaligus bisa dijadikan pajangan.

juga bisa buat gantung sepatu hak kamu via www.potterybarn.com

Advertisement

Yang satu ini juga nggak kalah simple dan menarik. Ketimbang menaruh koleksi sepatu hak kamu di lantai atau di box sepatu dan menumpuknya, gantungkan saja sepatu hakmu di setiap pijakan tangga. Bahkan, kamu bisa menjadikannya sebagai pajangan juga.

3. Barang-barangmu juga bisa ikutan mejeng dengan rapi di rak yang dibuat dari 2 buah tangga, termasuk TV dan benda-benda lainnya.

rak serba guna. bahkan ada teve segala via www.decoist.com

Bermodal dua tangga lipat dan beberapa papan kayu, rak serbaguna bisa kamu dapatkan. Kamu bisa taruh barang-barang sebagai display sekaligus penghias ruangan. Bahkan, kamu juga bisa menempatkan televisi dan menikmati siaran channel favorit kamu di sini.

4. Pingin memajang frame foto supaya kelihatan unik dan beda? Kamu bisa menggantungkannya di sebuah tangga tua.

frame foto yang digantung di setiap pijakan tangga via craftedniche.com

Kehabisan space buat frame foto-foto kamu? Gantungin aja frame foto-foto kamu di tangga kayu. Kamu cuma butuh tali rami atau kawat untuk mengikatkan gantungan frame ke pijakan tangga. Tempatkan di pojok ruangan sebagai hiasan.

5. Gak perlu kok beli pohon natal yang mahal dan cuma dipakai sekali setahun! Manfaatkan saja tangga lipat, lampu kabel, dan hiasan bertema natal sebagai penggantinya.

pohon natal dari tangga, hemat uang via www.leahdaehling.com

Meskipun natal udah lewat, kamu nggak perlu bingung beli pohon natal untuk perayaan tahun ini. Tangga lipat ternyata juga bisa kamu sulap jadi pohon natal lho! Bahkan, kamu cukup menambahkan lampu natal serta hiasan-hiasan bertema natal saja. Gimana? Hemat di kantong kan?

6. Gak cuma hemat tempat dan nampak rapi, perkakas dapur yang digantung di langit-langit bikin orang yang melihat jatuh hati.

memanfaatkan ruang udara kosong dapur buat gantung perkakas dapur via www.littlethings.com

Kamu bisa menerapkannya dengan menggantung tangga secara horizontal dengan rantai atau pengikat yang kuat lainnya yang tertancap di langit-langit. Dengan menambah pengait-pengait di salah satu sisi tangga yang menghadap ke bawah, kamu bisa gantung perkakas dapur di sana. Selain hemat ruang dan tempat, dapur kamu akan terlihat lebih cantik. Kamu juga bisa coba teknik ini untuk menggantung hiasan-hiasan di atas meja makan.

7. Rak buku gak harus tampak kaku. Kamu bisa memanfaatkan tangga kayu untuk mengatur koleksi buku-bukumu.

bisa juga jadi rak buku lho via www.instructables.com

Kamu juga bisa jadikan tangga sebagai rak untuk menampung koleksi buku-buku. Kamu hanya perlu menambah papan di masing-masing pijakan tangga sebagai alas agar bukumu nggak mudah jatuh. Kemudian tempatkan saja rak buku ini di pojok ruangan. Untuk mempermanis penampilannya, kamu bisa meletakkan boneka atau pot tanaman di puncak tangga yang paling tinggi.

8. Lemarimu sudah gak muat lagi? Gak perlu khawatir, kamu bisa memanfaatkan tangga untuk menggantung lebih dari 10 baju di sini.

bisa buat gantung belasan baju via www.pinterest.com

Gantungan baju biasanya hanya punya 4-6 gigi untuk menggantungkan baju-baju. Sulap aja tangga tak terpakai sebagai gantungan outfit-mu. Kamu perlu menancapkan tangga ke tembok dalam posisi tidur dan horizontal. Dengan begini, kamu bisa gantung belasan bahkan puluhan baju yang nggak kebagian tempat di lemari. Jika gak ingin tembok lecet, kamu bisa menaruh tangga seperti jembatan di antara dua lemari atau permukaan tinggi lainnya.

Jadi, nomor berapa desain favoritmu? Selamat berkreasi ya!