Pernah coba kuliner khas Indonesia Timur? Ya, kuliner khas Ambon, Ternate, hingga Papua memang tidak ada duanya. Perpaduan aneka bumbu dan rempah-rempahnya siap menggoyang lidah. Bahkan, ada juga beberapa bahan pangan yang mungkin bakal bikin kamu penasaran sekaligus ingin mencicipinya.

Demi menuntaskan rasa penasaran para pembaca Hipwee, berikut ini ragam resep kuliner khas Indonesia Timur yang bisa kamu praktikan di rumah sendiri. Dari Papeda sampai jus Gandaria semua ada. Yuk, langsung intip resepnya!

1. Papeda – kuliner khas Maluku dan Papua. Kamu bisa kok menyajikannya di rumah kalau lagi bosan sama nasi yang sudah terlalu biasa.

Kenyal dan lezatnya Papeda… Bisa kamu coba bikin di rumah loh… via asean-community.tumblr.com

Papeda ini terbuat dari sagu. Biasanya disantap bersama Ikan Kuah Kuning. Ini dia resepnya..

Bahan:

Advertisement
  • 100 gram tepung sagu
  • 1 liter (1000 cc) air
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula

Cara membuatnya adalah pertama kamu harus mencairkan tepung sagu dengan 300 cc air di dalam panci. Kemudian tambahkan garam dan gula.  Setelah itu didihkan sisa air (700 cc) tadi dengan menggunakan panci lain. Apabila telah mendidih, tuang air rebusan ke dalam panci isi larutan tepung sagu. Masaklah dengan api kecil. Jangan lupa untuk mengaduk perlahan hingga sagu berwarna bening atau matang. Terakhir, angkat dan sajikan sebagai pendamping Ikan Kuah Kuning.

2. Gurihnya Ikan Kuah Kuning sungguh menggugah selera. Rasanya yang kaya bumbu, bikin lidahmu gak ingin berhenti menyantapnya.

Lezatnya Ikan Kuah Kuning, khas Maluku dan Papua… via www.bospedia.com

Menu ini paling cocok kalau disantap dengan Papeda. Bumbu yang harus kamu siapkan juga cukup banyak. Tapi itu sepadan dengan rasanya. Ini dia resepnya…

Bahan-bahan:

  • 500 gram ikan tongkol
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1 sdt asam jawa, yang dilarutkan dengan 50 ml air, saring.
  • Minyak secukupnya

Bumbu halus: seperti halnya bumbu halus kuning lainnya. Terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, ketumbar, merica, kunyit, garam, dan penyedap rasa. Untuk takarannya bisa kamu cek di sini.

Bumbu rempah:

  • 1 lmbar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 600 ml santan
  • 1/2 sdt gula putih
  • 1 ikat kecil daun kemangi

Cara membuatnya, cuci bersih ikan tongkol, potong-potong dan baluri dengan garam dan larutan air asam. Diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu goreng ikan hingga berwarna kecokelatan dan angkat. Sisihkan. Nah, sisa minyak bekas menggoreng ikan bisa kamu gunakan untuk menumis bumbu halus dan rempah-rempah. Setelah bumbu yang ditumis harum, tuang santan dan gula pasir. Didihkan sambil kamu aduk ya.

Eits, belum selesai. Masukkan ikan tongkol goreng, lalu kecilkan api. Tunggu sampai mendidih lagi lalu angkat, taburi daun kemangi dan aduk rata. Ikan Kuah Kuning… siap kamu santap! Yipiii…

3. Bosan sama ikan bakar biasanya? Coba deh bikin ikan bakar colo-colo dengan rasa pedas dan gurih yang menyatu sempurna.

Ikan Bakar Colo-Colo yang laziiiiz… via indonesianculinary.tumblr.com

Kuliner khas Ambon ini wajib kamu coba. Karena rasanya gurih dan sambel colo-colo-nya… Bikin kamu ketagihan deh..

Bahan-Bahan :

  • 500 gram ikan tongkol/ikan lain sesuai selera. Lebih praktis kalau yang di-fillet.
  • 1 butir jeruk nipis yang diambil air perasannya
  • 1 sdm garam

Bahan sambal Colo-Colo:

  • 5 butir bawang merah, diiris halus
  • 2 siung bawang putih, diiris halus
  • 100 ml air hangat
  • 3 buah cabe merah, diiris tipis
  • 5 buah cabe rawit, iris tipis
  • ½ buah tomat, cincang
  • 2 butir jeruk nipis, ambil air perasannya.
  • 1 sdt gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm kecap manis

Cara membuat:

  1. Cuci bersih ikan lalu baluri dengan air perasan jeruk nipis dan garam.
  2. Kemudian panggang ikan di atas teflon. Sisihkan.
  3. Terakhir, satukan bumbu yang diiris, campur dengan tomat, air jeruk nipis, garam, gula pasir, air hangat, dan kecap manis. Aduk sampai gula dan garam larut. Sajikan sambal dengan ikan yang sudah dipanggang tadi. Yummyyyy…

4. Kue Bagea, cookies manis khas orang Ternate. Camilan ini cocok disajikan sebagai pendamping teh di kala sore.

Kue Bagea, kue kering khas Ternate.. via www.pinterest.com

Bisa dibilang kue ini cookies-nya orang Ternate. Kue yang satu ini wajib kamu coba bikin di rumah. Rasanya manis dan pastinya enak banget buat dijadiin teman minum kopi atau teh. Berikut ini resepnya…

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

  • 200 gram gula kelapa
  • 50 gram kenari cincang
  • 300 gram tepung sagu
  • 100 ml minyak sayur
  • 50 gram tepung terigu yang sudah diayak
  • 100 ram kacang tanah yang sudah dicincang halus
  • 2 Butir telur ayam
  • ½ sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh cengkeh bubuk

Cara membuatnya mirip dengan proses membuat cookies pada umumnya. Nah untuk step-step membuatnya, kamu bisa klik di sini. Selamat mencoba…

5. Halua Kenari – camilan khas Maluku yang legit dan menggugah selera. Untuk membuatnya kamu cuma butuh 3 bahan aja!

Halua Kenari, cara bikinnya mudah loh! via 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 200 gr kenari
  • 150 gr gula aren
  • air sedikit untuk melarutkan gula aren (sekitar 25 ml)

Cara membuatnya:

  1. Panggang kenari sampai matang. Lalu cincang kasar. Jangan lupa cairkan gula aren dengan air. Setelah gula mencair dengan rata, masukkan kenari panggang, aduk sampai rata.
  2. Dalam keadaan hangat, bentuk adonan bulat-bulat sesuai selera kamu, sampai adonan habis ya. Supaya adonan tidak lengket di tangan, saat membentuknya kamu bisa memakai plastik.
  3. Diamkan sampai adonan yang sudah kamu bentuk tadi menjadi dingin dan agak keras. Setelah itu Halua Kenari pun siap untuk kamu santap!

6. Indonesia Timur juga punya Sashimi! Namanya Gohu Ikan, khas Ternate…

Gohu Ikan, Sashimi-nya Indonesia Timur, yakni khas Ternate… via 1000warnaindonesia.blogspot.co.id

Heiii, Indonesia Timur juga punya Sashimi loh! Namanya Gohu Ikan. Kuliner khas Ternate yang biasanya dibuat dari ikan Tuna. Cara bikinnya juga mudah loh. Nih resepnya…

Bahan yang harus kamu siapkan diantaranya:

  • 200 gram ikan tuna yang fresh
  • garam secukupnya
  • 2 buah lemon cui
  • 1 genggam daun kemangi, iris kasar.
  • 10 siung bawang merah, iris kasar.
  • 10 cabai rawit, iris kasar.
  • 4 sdm minyak kelapa
  • 1 genggam kacang tanah goreng, tumbuk kasar.

Untuk membuatnya, pertama-tama kamu harus memotong daging tuna kecil-kecil, lalu lumuri dengan garam dan perasan lemon cui. Setelah itu campur dengan daun kemangi yang diiris kasar. Diamkan beberapa saat ya.

Sementara untuk bumbunya, siram irisan bawang merah, cabai rawit, dan kacang tanah goreng dengan minyak panas. Nah, Minyak panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah yang masih fresh tadi. Yippiiii Sashimi Ternate-nya siap kamu hidangkan….

P.S: Untuk resep lengkapnya bisa kamu klik di sini.

7. Kue Ampas Tarigu khas Ambon gak cuma bisa dijadikan camilan, tapi sekaligus mengenyangkan.

Kue Ampas Terigu, camilan sore dari Ambon… via myfunkitchen.blogspot.com

Kamu bisa loh bikin camilan sore khas Ambon ini di rumah.  Kue Ampas Terigu ini semacam roti. Ini dia resepnya….

Bahan-bahan yang wajib kamu siapkan adalah…

  • 500 gr tepung terigu protein tinggi
  • 150 gr gula aren
  • 200 ml air
  • 1 lbr daun pandan
  • 11 gr ragi
  • 50 gr margarine
  • 2 btr kuning telur
  • 1 sdt kayu manis bubuk
  • kelapa yang tidak terlalu tua dikupas dan diiris tipis
  • garam

Cara membuatnya:

  1. Rebus gula dengan daun pandan dan air, setelah larut dan mendidih,
    saring lalu sisihkan biarkan dingin.
  2. Campur tepung, kayumanis, ragi, telur,  lalu aduk rata.
  3. Tambahkan air gula sedikit demi sedikit. Aduk rata. Tambahkan kelapa
    sambil aduk terus adonan. Terakhir tambahkan margarine, aduk sampai kalis.
  4. Diamkan adonan sampai mengembang 2x lipat.
  5. Kemudian kempiskan, timbang adonan kurang lebih 40 gr. Bentuk bulat dan susun dalam
    loyang ukuran 22 x 22 yang sudah dioles margarine tipis-tipis.
  6. Diamkan sekitar 30 menit.
  7. Panggang adonan dalam oven selama sekitar 20 menit.
  8. Keluarkan roti, oles dengan margarine dalam keadaan panas.

Sajikan selagi hangat ya…

8. Jus Gandaria siap memberikan kesegaran di bawah teriknya matahari. Sajikan juga sebagai pendamping Papeda dan Ikan Kuah Kuning.

jus gandaria via kakaban.co.id

Di Ambon, Gandaria tumbuh dengan baik. Di banyak restoran di sana, jus Gandaria kerap dijadikan minuman pendamping sehabis menyantap Papeda dan Ikan Kuah Kuning. Kalau kebetulan lagi musim Gandaria, coba deh bikin jus ini di rumah…

Ini dia bahan-bahannya:

  • 15 buah gandaria
  • 3 sdm gula pasir
  • 400 ml air matang
  • Es batu secukupnya

Cara bikin jus Gandaria :

  1. Pisahkan buah gandaria dari bijinya. Ambil dagingnya.
  2. Masukkan Gandaria, air dan gula pasir ke dalam blender.
  3. Blender hingga menjadi halus.
  4. Masukkan es batu yang sudah dipotong kecil ke dalam gelas saji. Lalu tuangkan jus Gandaria diatasnya.
  5. Kalau kamu suka, bisa kamu tambahkan susu kental manis.

Nah, ragam kuliner Indonesia Timur di atas bisa langsung kamu praktikan di rumah loh… Dari mulai hidangan utama, camilan, sampai minuman yang segar. Dari Ambon, Ternate, hingga Papua, dari Papeda sampai Jus Gandaria.

Happy Cooking! 😉

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya