Buat kamu yang nggak begitu mahir masak, telur dadar mungkin jadi masakan andalan yang bisa kamu banggakan. Telur dadar atau dikenal juga sebagai omelet memang makanan yang sangat praktis dan gampang dibuat. Tinggal dipecah, dikocok, tuangin ke wajan, dibalik, jadi deh!

Tapi bosan nggak sih kalau tiap hari makannya cuma telur dadar itu-itu saja?

Nah, kali ini Hipwee Tips akan memberi tahumu beberapa variasi telur dadar yang bisa kamu coba di kost’an maupun di rumah. Gampangnya tetap sama, tapi rasa dan kualitasnya jauh beda dari telur dadar biasa. Makin mantap pokoknya, cobain satu-satu yuk!

1. Telur dadar kentang, olahan praktis yang bisa memenuhi kebutuhan protein dan karbohidratmu sekaligus

Telur dadar kentang

Telur dadar kentang via brit.co

Kalau bikin resep yang satu ini, kamu nggak perlu lagi masak nasi karena ada kentang sebagai penggantinya. Kebutuhan akan protein dan karbohidratmu jadi terpenuhi, deh! Begini cara membuatnya:

Advertisement

Bahan:
3 btr telur ayam
2 kentang (kupas, bersihkan, potong, lalu rebus)
2 btg daun bawang (iris)
1 btg daun seledri (cincang)
2 sosis (iris melintang)
1/2 sdt garam
1/2 sdt merica

Cara membuat:
1. Kocok telur dan campurkan semua bahan kecuali sosis.
2. Panaskan minyak, goreng sosis hingga matang.
3. Tuangkan campuran adonan ke wajan berisi sosis tadi.
4. Masak hingga menyatu dan kering, lalu balik.
5. Angkat, potong jadi beberapa bagian lalu sajikan.

Sajikan selagi hangat dan nikmati sebagai sarapan, ya!

2. Buatmu yang kurang suka sayur, mengolah telur dadar isi bayam ini bisa jadi solusi terbaik!

telur dadar bayam

telur dadar bayam via vemale.cm

Bukan cuma bayam, kamu pun bisa menggantinya dengan sayuran lain seperti; wortel, tomat dan sawi hijau. Cara bikinnya juga gampang banget!

Bahan:
Seikat bayam
3 btr telur
3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 cabai (sesuai selera)
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Iris semua bumbu dan tambahkan garam.
2. Cuci bayam lalu campurkan dengan bumbu.
3. Tambahkan telur dan aduk merata.
4. Panaskan minyak lalu goreng hingga berwarna keemasan.
5. Angkat dan sajikan 🙂

Mudah bukan?

3. Nasi sisa jangan sampai dibuang percuma, karena bisa jadi bahan campuran telur dadar yang luar biasa enaknya

telur dadar isi nasi

telur dadar isi nasi via dapurshofie.com

Punya nasi sisa kemarin yang masih bisa dikonsumsi paginya? Dibikin telur dadar isi nasi istimewa aja!

Bahan:
100 gr nasi sisa
6 telur ayam
2 sosis (iris)
1/4 buah wortel (potong dadu)
1 btg seledri (cincang)
1 sdt garam
1/2 sdt merica
6 sdm minyak goreng

Cara membuat:
1. Kocok telur dan tambahkan garam serta merica.
2. Panaskan wajan, tuangkan minyak dan tumis bahan lain yang tersisa. Aduk rata.
3. Masukkan kocokkan telur, aduk rata, lalu balik.
4. Sajikan 🙂

Cuma butuh waktu kurang dari 10 menit saja, telur dadar isi nasi ini sudah bisa dinikmati 🙂

4. Kenalin nih telur dadar jamur yang rasanya nendang banget, bikin kamu nagih minta lagi dan lagi

Telur dadar jamur

Telur dadar jamur via foreverfit.tv

Awalnya sih dari telur dadar isi daging-dagingan. Tapi karena daging harganya mahal, jamur pun tak apa! Enaknya sama, kok.

Bahan:
50 gr jamur merang (cincang)
2 siung bawang putih (cincang)
1 batang daun bawang (iris halus)
50 gr wortel (parut)
5 butir telur
1 tomat (buang biji, potong kotak)
3/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 sdm minyak

Cara membuat:
1. Panaskan minyak. Tumis bawang putih sampai harum. Tambahkan jarum. Aduk sampai layu dan angkat.
2. Campurkan bumbu dan bahan lainnya ke dalam mangkuk. Aduk rata.
3. Tuang adonan dan jamur ke wajan, biarkan setengah matang lalu lipat jadi dua.

Ini nih alternatif lain buatmu yang kurang suka sama sayuran. Sehat dan sederhana banget!

5. Empuk dan bergizinya telur dadar tahu bisa membuatmu kenyang, sekaligus irit di akhir bulan 🙂

telur dadar tahu

telur dadar tahu via penulispro.net

Tahu tergolong bahan makanan yang murah, jadi kamu nggak perlu khawatir soal budget buat beli bahan-bahan di resep ini ya, guys!

Bahan:
10 tahu putih (atau kuning juga boleh)
3 telur
garam secukupnya
daun bawang (iris halus)
1/2 sdt lada bubuk

Cara membuat:
1. Hancurkan tahu lalu masukkan telur.
2. Masukkan bahan lainnya dan aduk merata.
3. Panaskan wajan lalu masukkan adonan.
4. Angkat ketika matang lalu sajikan

Nggak cuma murah, olahan telur tahu ini juga bisa membuatmu kenyang tanpa harus keluar biaya mahal!

6. Telur juga bisa diolah jadi masakan ala-ala Italia, apalagi kalau bukan telur dadar pizza!

telur dadar pizza

telur dadar pizza via nutritiontofit.com

Meski terkesan mahal karena disebut sebagai telur dadar pizza, kamu nggak perlu takur keluar banyak biaya kok untuk mengolahnya. Cukup siapkan bahan-bahan ini dulu saja:

Bahan-bahan omelet:

  • 3 butir telur (dikocok lepas)
  • susu putih cair 30ml
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 merica bubuk

Bahan-bahan saus:

  • 1/4 bawang bombay (cincang kasar)
  • 1 sdm pasta tomat
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 gula pasir
  • margarin secukupnya

Bahan topping:

  • paprika merah & paprika hijau (dipotong kotak)
  • keju mozarella
  • jamur kancing
  • sosis (diris bulat)

Cara membuat:

  • Membuat saus: tumis bawang bombay sampai harum, masukkan pasta tomat, garam, meria, gula dan aduk hingga mengental
  • Membuat omelet: kocok bahan omelet hingga rata, tuangkan ke wajan dan masukkan saus serta topping-nya
  • Tambahkan keju mozarella di atasnya. Angkat perlahan
  • Potong pizza telur berbentuk segitiga seperti pizza Italia pada umumnya
  • Sajikan selagi panas!

Gimana? Meski budget-mu minim, tetap bisa makan pizza ‘kan?

Demi meningkatkan skill memasakmu, tak ada salahnya variasi telur dadar tadi kamu coba sekarang juga! Murah, enak dan bergizi pastinya 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!