Nggak berbeda dengan buang air, buang angin atau kentut sudah jadi hal lumrah bagi setiap orang. Kentut yang terlalu sering juga bisa jadi hal yang memalukan jika kamu kelepasan kentut di tempat yang umum dan diketahui oleh orang yang ada di sekitarmu.

Nah, untuk mengatasinya, kamu perlu tahu beberapa makanan yang apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu timbulnya gas di dalam perut dan akan membuatmu sering kentut. Sebelum kamu kena malu malu karena kelepasan kentut di tempat umum, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan di bawah ini secara berlebihan.

1. Jagung rebus atau jagung bakar memang favorit, tapi kalau kebanyakan juga bikin kentut terus-terusan

1. jagung rebus atau bakar

jagung rebus hangat enak sih, tapiā€¦ via authoritynutrition.com

Makan jagung rebus atau jagung bakar akan sangat nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat. Tapi ternyata, memakannya berlebihan juga akan memicu timbulnya gas dalam saluran pencernaan kita. Hal ini dikarenakan adanya kandungan gula dan tepung di dalam jagung. Hmmm, padahal jagung rebus itu enaknya nggak ketulungan šŸ™

2. Ngemil kacang-kacangan juga boleh saja, asal tahu batasannya

kacang juga bikin nagih, tapi..

kacang juga bikin nagih, tapi.. via www.vosizneias.com

Terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan menyebabkan timbulnya gas yang berlebih di perut. Kacang-kacangan mengandung serat larut dan jenis gula yang disebut raffinose. Kandungan raffinose itulah yang memicu kamu yang terlalu banyak makan kacang akan sering kentut.

3. Minuman bersoda punya banyak kandungan gas karbon dioksida, gampang banget bikin kamu kentut. Jangan banyak-banyak, ya!

Advertisement
softdrink seger banget deh, tapi..

softdrink seger banget deh, tapi.. via www.google.co.id

Ngerasa nggak, setelah minum soda kamu akan sering bersendawa? Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan gas karbon dioksida dalam minuman bersoda. Di samping itu, kandungan gas karbon dioksida juga memicu produksi gas yang berlebih di perut.

Itulah kenapa, minuman bersoda jadi salah satu yang harus kamu kurangi konsumsinya kalau kamu nggak mau kentut berlebihan.

4. Mengunyah permen karet memang bermanfaat. Tapi lama-lama, bakal bikin perutmu merasa nggak enak

permen karet bagus buat konsentrasi, tapi..

permen karet bagus buat konsentrasi, tapi.. via flanagansmiles.com

Mengunyah permen karet membuat udara di luar masuk ke dalam perut. Banyaknya udara yang masuk ke perut tersebut memicu produksi gas yang berlebih. Nggak cuma itu, kandungan pemanis buatan dalam permen juga bisa menyebabkan kamu kentut. Pemanis buatan tersebut sulit dicerna tubuh, sehingga memicu pembentukan gas secara berlebih.

5. Sayuran berserat tinggi juga jadi penyebab kentut berlebih, contohnya brokoli, toge dan kubis

brokoli sehat, sehat banget, tapi kalau kebanyakan..

brokoli sehat, sehat banget, tapi kalau kebanyakan.. via servingjoy.com

Brokoli, toge dan kubis termasuk ke dalam jenis sayuran yang memiliki kadar serat tinggi. Serat memang dapat melancarkan pencernaan, namun jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan berserat justru bisa menjadi penyebab kentut.

6. Ternyata bukan cuma serat, makanan yang tinggi karbohidrat juga jadi penyebab. Misalnya kentang, gandum, dan sereal

sereal juga enak, bikin kenyang, tapi..

sereal juga enak, bikin kenyang, tapi.. via www.thesun.co.uk

Makanan yang tinggi karbohidrat seperti kentang, gandum dan sereal juga bisa menjadi penyebab kentut. Ketiga jenis makanan tersebut memiliki kadar gula serta serat yang tinggi. Tingginya kadar serat serta gula dalam makanan tersebut sulit dicerna tubuh, sehingga memicu pembentukan gas berlebih di perut.

7. Kandungan fruktans dalam bawang-bawangan pun bisa memicu kentut. Kurang-kurangin konsumsinya deh

bawang putih punya banyak manfaat, tapi..

bawang putih punya banyak manfaat, tapi.. via www.dvo.com

Meski banyak manfaatnya, bawang merah mengandung fruktans yang memicu produksi gas yang berlebih di dalam perut. Begitupun bawang putih, yang jika kamu terlalu banyak konsumsi makanan berbumbu bawang putih terlalu banyak akan menyebabkan kembung.

8. Danā€¦ makanan cepat saji. Walau enak, sifat susah dicernanya ini akan menimbulkan gas berlebih di perutmu

burger, kentang goreng, ayam goreng, jangan dibanyakin deh..

burger, kentang goreng, ayam goreng, jangan dibanyakin deh.. via www.viresattached.com

Diantara kalian pasti ada yang kerap mengkonsumsi makanan cepat saji. Mie instan, burger, ikan sarden, serta kornet kalengan, semua makanan cepat saji itu menyebabkan gangguan pada pencernaan. Makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang tidak sehat bagi tubuh. Bahan pengawet tersebut memicu pembentukan gas berlebih di perut yang menyebabkan kentut.

Sudah tahu ā€˜kan, makanan apa saja yang bikin kamu sering kentut. Nah, mulai sekarang kurangi porsinya supaya pembuangan gas kamu nggak mengganggu, ya!