Meskipun banyak orang menyarankan untuk tidak liburan pada saat peak season, tapi yang namanya hasrat liburan toh tidak mengenal waktu. Buktinya meskipun harus mengeluarkan dana lebih, liburan di saat peak season tetap banyak dilakukan.

Alasannya cukup beragam, mulai dari: baru dapat cuti, biar semua bisa ikutan , sampai ada yang memang sengaja pergi karena mengingat ada beberapa event-event yang memang baru diadakan jika musim liburan datang. Sayangnya banyak orang yang setelah liburan baru kelimpungan begitu mengecek tabungan yang ternyata sudah kering kerontang.

Advertisement

Nah untuk membantu kamu menjaga stabilitas ekonomi saat kamu mau tidak mau harus berlibur di saat peak season, berikut ini Hipwee berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menekan pengeluaran:

1. Hukum Berburu Destinasi Itu Mirip Berburu Jodoh. Tak Perlu Cari yang Populer, yang Paling Penting Temukan yang Paling Pas Di Hati

Hindari tempat-tempat yang terlalu turistik

Hindari tempat-tempat yang terlalu turistik via travel.detik.com

Hipwee menyadari bahwa berlibur ke tempat-tempat yang sudah sangat turistik memang cukup digemari. Sebut saja beberapa destinasi domestik seperti: Bali, Yogyakarta, Bandung, atau Medan adalah contoh dari daerah wisata yang banyak diincar oleh masyarakat. Namun sayangnya jika kamu memutuskan berlibur ke daerah populer seperti itu, tentu konsekuensinya adalah besarnya dana liburan yang harus ditanggung. Mulai dari harga tiket kendaraan, penginapan, akomodasi, dan lain sebagainya tentu akan meroket jika dibandingkan dengan hari biasanya. Karena alasan inilah kamu perlu mempertimbangkan ke mana akan pergi untuk bisa menekan biaya saat berlibur di saat peak season.

2. Berburu Tiket Murah Adalah Tantangan Selanjutnya. Satu Kata Dari Hipwee “Jangan Menyerah”

a. Booking tiket lebih awal untuk mendapatkan harga terbaik

booking tiket awal

booking tiket awal via www.solopos.com

Berdasarkan beberapa riset yang dilakukan oleh koorporasi penerbangan, waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat adalah 6-8 minggu sebelum waktu keberangkatan. Jika kamu pergi pada waktu peak season, maka idealnya kamu mem-booking tiket minimal 3 bulan dari masa keberangkatanmu. Bagi kamu yang ingin melihat artikel lengkap tips mem-booking pesawat, silahkan cek artikelnya di sini.

b. Siapkan mata untuk membandingkan harga tiket pesawat antara satu maskapai dengan maskapai lainnya

Gunakan mesin pembanding harga utk membantu

Gunakan mesin pembanding harga utk membantu via www.dailyfinance.com

Advertisement

Traveling murah membuat kita harus memiliki ketangkasan mata level tinggi. Rajin-rajinlah mengunjungi website maskapai penerbangan, siapa tahu menemukan yang murah. Mau sedikit lebih gampang? Gunakan fasilitas website pembanding harga tiket pesawat yang kini banyak tersedia.

c. Subscribe newsletter dari berbagai perusahaan jasa transpotasi dan follow mereka di lini media sosial

Berlangganan newletter dari mereka juga penting loh

Berlangganan newletter dari mereka juga penting loh via www.digitaltrends.com

Berhubung sekarang penggunaan media sosial lagi booming banget, maka tidak mengherankan jika banyak maskapai memanfaatkan media tersebut untuk mempromosikan berbagai hal mulai dari: rute baru, penawaran fasilitas dalam pesawat, sampai dengan berbagai tiket promo. Untuk itu bagi kamu pemburu tiket murah, carilah akun-akun media sosial maskapai untuk memonitor kalau-kalau ada penawaran tiket berharga miring. Tidak hanya maskapai saja, perusahaan-perusahaan jasa transpotasi seperti kereta api dan kapal laut pun terkadang menawarkan promo. Kalau kamu berlangganan newletter dari mereka, kamu juga memiliki kesempatan untuk tahu lebih awal jika ada promo tiket karena pemberitahuannya diberikan langsung ke e-mail pribadimu.

d. Beli tiket dengan jam penerbangan terpagi

Penerbangan terpagi biasanya memiliki harga termurah

Penerbangan terpagi biasanya memiliki harga termurah via www.totalbozomagazine.com

Kamu ingin membeli tiket pesawat murah? Jika ya belilah tiket maskapai dengan jam penerbangan terpagi. Umumnya orang-orang tidak terlalu meminati jam penerbangan terpagi karena berpikir takut ketinggalan pesawat. Maka dari itu tak jarang tiket di jam ini akan dibanderol dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan harga tiket pada jam lainnya.

e. Gunakan kartu kreditmu untuk membeli tiket promo

young woman talking on a mobile phone and holding a credit card

Jika kamu hingga saat ini masih enggan untuk memiliki kartu kredit nampaknya pertimbangan tersebut harus kamu pikir ulang. Alasannya adalah kartu kredit pada dasarnya sangat berguna untuk membeli tiket promo yang terkadang hanya menggunakan kartu kredit sebagai sistem pembayaran.

f. Jangan malas untuk mengecek fare tiket antar stasiun atau bandara

Jangan malas untuk membandingkan harga antar stasiun atau bandara

Jangan malas untuk membandingkan harga antar stasiun atau bandara via rifkilanjalanan.blogspot.com

Kalau kamu pergi dengan menggunakan kereta atau pesawat jangan malas mengecek harga tiket antara bandara yang satu dengan lainnya yang jaraknya berdekatan. Pun hal yang sama bisa kamu lakukan untuk mencari tiket murah kereta api. Misalnya kamu berniat pergi ke Yogyakarta dari Jakarta. Biasanya saat peak season harga tiket kedua stasiun atau bandara di kota ini sangat mahal. Maka dari itu cobalah alternatif bandara atau stasiun lainnya. Kamu bisa mengecek rute Jakarta-Solo atau Jakarta-Semarang siapa tahu menemukan harga yang lebih murah. Baru setelahnya kamu bisa menggunakan bis atau travel untuk sampai di Yogyakarta.

g. Gunakkan connecting flight dan bukan direct flight

Pilih pakai connecting flight saja

Pilih pakai connecting flight saja via nnifson.blogspot.com

Meskipun memang terasa ribet tapi terbang dengan menggunakan connecting flight biasanya akan jatuh lebih murah. Sebaiknya kamu menggunakan sistem transit supaya bisa sedikit menghemat budget.

3. Jika Memang Cara-Cara Di Atas Belum Efektif, Ini Saatnya Kamu Mengumpulkan Massa dan Pergi Dengan Mobil Pribadi

Tiket mahal? Ajak teman atau keluargamu jalan-jalan pakai mobil

Tiket mahal? Ajak teman atau keluargamu jalan-jalan pakai mobil via cicitciguciluba.blogspot.com

Berencana menghabiskan malam pergantian tahun dengan melihat pesta kembang api di Pantai Kuta tapi uang mepet? Jika ya ajaklah teman-teman yang memang sudah berminat ke sana untuk menggunakan mobil agar bisa patungan bensin. Cara ini tentu bisa lebih murah asalkan kalian pergi dalam jumlah besar. Harga tiket penerbangan, kereta api, dan kapal pada saat peak season biasanya akan sangat mahal. Untuk itu agar menghindari over budget kamu bisa menggunakan mobil pribadi. Alternatif ini juga bisa diadopsi saat kamu ingin pergi bersama keluarga. Memang sih akan sangat melelahkan, tapi demi menghemat Hipwee rasa itu bukan masalah besar.

4. Hindari Menginap di Penginapan: Gunakan Kemampuan Jaringanmu Untuk Mendapat Tumpangan. Mau yang lebih Nekat? Menginap Di Tenda Juga Bisa Jadi Pilihan

Daripada dompet kembang-kempis bayar hotel, meding nginap di tenda kan?

Daripada dompet kembang-kempis bayar hotel, meding nginap di tenda kan? via penulisjejak.blogspot.com

Seperti yang telah ketahui bersama mulai dari harga tiket kendaraan, penginapan, dan akomodasi akan mengalami peningkatan cukup signifikan pada masa peak season. Maka dari itu untuk mengakali budget kamu supaya tidak over, pintar-pintarlah mencari penginapan murah atau gratis. Jika memang punya hubungi saja teman atau famili yang bersedia menampungmu. Kalau memang tidak ada tapi tetap mau hemat, bawalah tenda dan camping lah sampai puas. Tapi ingat camping di daerah yang diizinkan ya.

5. Selain Harga Penginapan, Harga Makanan di Tempat Wisata Pun Ikut-Ikutan Naik Level. Maka Dari Itu Penting Hukumnya Membawa Makanan Yang Tahan Lama Untuk Dimakan Di Sana

Bawa rendang atau abon jadi di sana tinggal beli nasi. Lebih hemat

Bawa rendang atau abon jadi di sana tinggal beli nasi. Lebih hemat via ayunda299.blogspot.com

Berhubung kita adalah turis pengiritan alias budget traveler, kreativitas adalah modal utama pengganting dana yang memang tidak belum tersedia. Sebaiknya kamu tidak selalu makan di luar. Bawa saja bahan makanan seperti abon atau rendang yang dimasak sendiri. Umumnya abon dan rendang kan tahan lama tuh. Lumayan beberapa hari kamu bisa cuma beli nasi saja.

6. Hindari Membeli Souvenir, Oleh-Oleh, dan Snack di Tempat Wisata Karena Harganya Gak Wajar

Hindari berbelanja di tempat wisata saat peak season

Hindari berbelanja di tempat wisata saat peak season via www.ferhatt.com

Membeli souvenir atau oleh-oleh sudah jadi kebiasaan bagi orang Indonesia sepulang dari mudik atau jalan-jalan. Namun perlu Hipwee informasikan bahwa sebaiknya kamu tidak membeli oleh-oleh atau souvenir di berbagai objek wisata karena biasanya harga akan sangat mahal, apalagi jika kamu pergi saat peak season. Belilah barang-barang yang kamu inginkan di pusat oleh-oleh atau pasar tradisonal. Selain lebih banyak pilihan, harganya juga masih masuk akal.

7. Jika Kamu Pergi Dengan Pesawat dan Harus Bermalam, Jadikan Bandara Sebagai “Hotel” Tempat Peristirahatanmu

Bermalam di bandara

Bermalam di bandara via gracemccatty.blogspot.com

Untuk mendapatkan tiket murah tak jarang biasanya kamu bisa jadi tiba sangat malam atau malah berangkat sangat pagi.  Mungkin terbersit di pikiranmu untuk bermalam di hotel dekat bandara. Eits, itu hanya berlaku kalau memang uangmu banyak, jika tidak jadikanlah bandara sebagai tempat peristirahatanmu. Tidur di bandara sangat lumrah dilakukan oleh seorang budget traveler. Selain gratis hal ini juga berguna untuk menghindarkan kamu dari kemungkinan ketinggalan pesawat.

8. Packing Barang Seminimalis Mungkin Untuk Menghindari Extra Bagasi, Kecuali Harga Tiketmu Sudah Termasuk Bagasi

Packing minimalis

Packing minimalis via packlite.tumblr.com

Di beberapa penerbangan low cost airlines, kamu memiliki kesempatan untuk tidak membeli bagasi meskipun kamu masih punya hak untuk bawa barang ke kabin dengan kapasitas (7-10 kg). Tapi masalahnya untuk mendapatkan bagasi kamu harus menambah sejumlah uang lagi. Nah daripada uangmu dipakai untuk beli bagasi akan lebih baik kalau kamu tidak membawa banyak barang. Minimalisir barang-barang yang akan kamu bawa.

9. Biar Hemat Beli Oleh-oleh Makanan Khas Yang Bisa Dimakan Bersama

Oleh-oleh murah untuk dimakan bersama

Oleh-oleh murah untuk dimakan bersama via rachmira.blogspot.com

Bingung mau bawa oleh-oleh apa buat teman kantor atau tetangga-tetangga? Mau beliin kaos dengan harga murah pun uangnya takut tidak cukup. Jangan khawatir, beli saja makan khas dari daerah yang kamu datangi dan bagikan bersama di kantor. Selain hemat itu juga bisa mempererat rasa pertemanan di kantor loh. Sudah baca kan artikel Hipwee tentang cara-cara agar kamu bisa disukai orang di tempat kerja?

10. Galakkan Semboyan “Mensana In Corpore Sano” Dengan Banyak Berjalan Kaki yang Membuat Tubuh, Lingkungan, dan Dompet Menjadi Sehat

Jalan...jalan...jalan

Jalan…jalan…jalan via www.thespacewanderer.com

Liburan di peak season juga memberikan implikasi kamu tidak boleh terlalu manja dengan pergi ke mana pun dengan menumpang taksi atau kendaraan lainnya. Ini saatnya kamu banyak berjalan kaki. Cara ini tidak hanya menyehatkan tubuh dan lingkungkan tapi juga dompet. Bravo untuk semua!

11. Kalau Kamu Pusing Melakukan Poin 1-10, Lain Kali Jangan Pernah Kelewatan Jauh-Jauh Hari Mempersiapkan Liburan

Mending vari waktu lain deh..

Mending cari waktu lain deh.. via www.tumblr.com

Kamu: Tiket mahal, hotel juga, uang gak ada. Mau liburan gimana bro?

Teman: Hahaha iya juga ya, mending uangnya dipakai buat ngelamar cewek gue

Kamu: Emang lo punya?

Teman: Oh iya, belum..

Liburan memang seharusnya direncanakan ajauh-jauh hari agar tidak membuatmu kelabakan. Lain kali, pastikan kamu menjadwalkan liburanmu di awal waktu ya agar tidak kelimpungan di masa peak season lagi. Karena ke

Nah itu tadi 11 trik bagi kamu yang ingin berlibur di kala peak season dari Hipwee. By the way masih ada lagi gak nih tips dan trik yang bisa diterapkan untuk menekan biaya ala kamu? Kalau ada jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah ya.

Kredit feature image: dinihajarrahmah.wordpress.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya