Bertetangga dengan Bogor dan Bandung yang notabene salah satu tujuan favorit wisatawan di Jawa Barat, Kabupaten Cianjur ternyata juga memiliki daya tarik yang gak kalah dari dua daerah yang disebutkan duluan. Berada di kawasan yagn sebagian besar berupa pegunungan, potensi wisata yang dimiliki Kota Santri ini tentu gak bisa dipandang sebelah mata. Tak cuma lanskapnya yang mempesona, tapi juga budaya yang telah diwariskan turun-temurun.

Kamu yang belum pernah menjamah Cianjur, pasti penasaran dong dengan keelokan di baliknya? Daripada kelamaan penasaran, mendingan langsung baca artikel ini sampai tuntas, yuk!

1. Kamu yang ngaku pendaki pasti tahu Gunung Gede, gunung favorit pendaki di Jawa Barat. Lewat Cianjurlah kamu bisa menapak ke puncaknya

Alun-alun Suryakencana Gunung Gede

Alun-alun Suryakencana Gunung Gede via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

Advertisement

Pendaki mana yang gak mengenal, atau setidaknya pernah mendengar, Gunung Gede? Inilah salah satu gunung di Jawa Barat yang menjadi favorit para pendaki, baik yang udah berpengalaman maupun yang masih pemula. Gak ada yang meragukan indahnya fajar di puncaknya yang tingginya 2.958 mdpl. Di sepanjang jalur pendakiannya pun kamu akan disuguhkan dengan panorama dari Telaga Biru. curug Cibereum, serta padang edelweis yang mempesona di Alun-Alun Suryakencana.

jalur pendakian yang paling umum dimanfaatkan pendaki untuk menuju ke puncak Gede maupun puncak Pangrango adalah via Jalur Cibodas yang terletak di Cianjur.

2. Di lereng Gunung Gede nan akbar, temukan Kebun Raya Cibodas yang keindahannya serupa nukilan surga

KEbun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas via www.wisatamu.com

Jangan pernah datang kemari, kecuali kamu siap terbuai dengan keindahannya. Sama sekali gak berlebihan kalau Kebun Raya Cibodas yang terletak di lereng gunung Gede ini dijuluki Taman Firdaus. berbagai jenis pepohonan yang dikoleksi di tempat ini plus hawa sejuk pegunungan siap memanjakan panca indera. Tak heran kalau tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata paling populer di Cibodas.

3. Cianjur juga punya situs Megalitik se-Asia Tenggara. Datang aja ke Situs Gunung Padang dan bersiaplah tercengang

Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang via www.indoplaces.com

Advertisement

Pemandangan ini bukan sekadar batu-batu berserakan yang gak berarti. Inilah situs Gunung Padang, situs prasejarah Megalitikum terbesar se-Asia Tenggara yang berada di Cianjur. Luas bangunan purbakalanya mencapai 900 meter persegi, sementara luas areal situsnya sendiri kurang lebih sekitar 3 ha.

Situs megalitik Gunung Padang ini bisa kamu temukan di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, atau sekitar 50 kilometer di sebelah selatan kota Cianjur.

4. Jangan alpa menyambangi keindahan Curug Citambur yang megahnya sanggup membuat kagum

Air Terjun Citambur

Air Terjun Citambur via denisugandi.com

Sebagian besar wilayah Cianjur merupakan daerah pegununga, jadi gak heran dong kalau Cianjur punya air terjun yang kece. Selain Curug Cibeureum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, ada juga Curug Citambur yang pasti bakal membuatmu kagum. Curug ini terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, sekitar 66 Km ke arah selatan Kota Cianjur atau 40 Km dari kawasan Ciwidey, Bandung.

Deras dan dinginnya air terjun setinggi 40 meter ini memercikkan embun ke udara, membuat sekitarnya terasa sangat sejuk dan segar. Apalagi, objek wisata yang satu ini juga masil sangat alami.

5. Temukan kemolekan yang sederhana tapi menawan di Leuwi Soro, sebuah telaga kecil yang nyempil di Kecamatan Pagelaran

Leuwi Soro

Leuwi Soro via www.ceritamu.com

Leuwi Soro adalah sebuah leuwi atau danau kecil yang terletak di Kecamatan Pagelaran, tepatnya di desa  yang bisa kamu tempuh dengan jarak sekitar 65 Km dari pusat kota Cianjur. Danau ini dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan dan pedesaan. Kalau kamu ingin menemukan keindahan dalam kesederhanan, di sinilah tempatnya. Meski mungil, konon air danau ini tetap melimpah di musim kemarau.

6. Tak cuma itu, datangi juga Waduk Jangari yang semarak dengan perahu-perahunyanya yang berlalu-lalang

Waduk

Waduk Jangari via www.flickr.com

Pesona danau buatan alias waduk juga bisa kamu temukan di salah satu sudut Kabupaten Cianjur. Datang aja ke Waduk Jangari yang terletak di desa Bobojong, Kecamatan Mande. Kamu bisa menikmati suasana waduk, lengkap dengan hiruk pikuk masyarakatnya. Tak cuma berkeliling dengan perahu, pertunjukan kesenian tradisional seperti jaipong serta dangdutan juga kerap diadakan di sini. Terlebih lagi, kamu bisa mencicipi kuliner ikan segar hasil dari waduk ini.

7. Jelajahi Cianjur sampai ke ujung selatan dan jamahilah Pantai Jayanti yang rupawan

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti via www.flickr.com

Jarak tempuh menuju pesisir selatan Cianjur emang jauh banget. Tapi, sebagai petualang sejati, tentu belum lengkap kalau kamu gak menjamahi sampai ke ujungnya. Kamu akan menemukan pantai Jayanti, sebuah pantai menawan yang menghadap langsung ke Samudera Indonesia di kecamatan Cidaun. Siap-siap aja dibelai dengan angin sepoi-sepoi beraroma garam. Apalagi, gugusan karang yang ada di bibir pantai ini juga menarik untuk diabadikan.

8. Istana Presiden ternyata juga ada di Cianjur. Yuk intip Istana Cipanas yang klasik nan asri

Istana Presiden Cipanas

Istana Presiden Cipanas via www.flickr.com

Istana Presiden gak cuma berada di Jakarta, Bogor, Jogja, dan Bali aja, lho. Di Cianjur, kamu juga bakal menemukan satu, yaitu Istana Cipanas yang berada di kecamatan Cipanas, sekitar 20 Km dari kota Cianjur. Apalagi, istana ini merupakan istana tertua di antara enam istana kepresidenan.

Kamu bisa mengintip asrinya kawasan Istana Cipanas ini. Menjamahi tamannya yang cantik dan terawat plus arsitektur bangunannya yang klasik bakal jadi pengalaman menarik, plus foto kece buat dipajang di Instagrammu.

9. Jangan sampai terlewat untuk mampir dan menikmati hamparan bunga-bunga cantik di Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara via www.flickr.com

Cianjur memang punya cara tersendiri buat bikin kamu jatuh hati. Selain sejumlah objek wisata yang udah disebutkan tadi, ada satu lagi yang pantang kamu lewatkan saat mengunjungi kota ini, yaitu menikmati hamparan bunga warna-warni di Taman Bunga Nusantara. Taman ini terletak di Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi. Gak begitu jauh kok dari kawasan Puncak.

Kamu gak bakalan bosan mengitari areal taman seluas 35 hektare ini. Taman ini dibagi menjadi beberapa bagian yang tematik, misalnya Taman Air, Taman Labirin, serta Rumah Kaca. Indahnya kuntum-kuntum bunga yang asri bikin tempat ini menjadi salah satu lokasi prewedding favorit.

10. Saatnya mencicipi kuliner asli Cianjur. Cobain  geco, tauge tauco yang sanggup menggoyag lidah dan sukses bikin kamu pengen nambah

Geco khas Cianjur

Geco khas Cianjur via www.flickr.com

Cianjur adalah asal dari tauco, salah satu bumbu penyedap yang terbuat dari biji kedelai yang telah direbus, dihaluskan dan diaduk dengan tepung terigu kemudian difermentasi. Ada beragam masakan yang memanfaatkan tauco ini sebagai penyedapnya. Salah satunya adalah geco, akronim dari tauge tauco, yaitu makanan berupa sayur-sayuran mirip kupat tahu yang berbahan dasar tauge atau kecambah serta berisi mie kuning, potongan ketupat, tahu, dan kentang yang dilumuri saus tauco.

Sayangnya, penajaja makanan ini udah langka, salah satu yang masih bertahan adalah warung milik Pak Iding yang berada tak jauh dari Masjid Agung Cianjur.

Gimana, jadi tertarik buat traveling ke Cianjur? Siap-siap aja menorehkan pengalaman menyenangkan di sana.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya