Secangkir kopi tentu lebih nikmat jika dinikmati sambil ngobrol bareng kawan atau berkutat dengan kerjaan di tempat yang nyaman. Apalagi jika kopinya merupakan racikan barista ahli. Wah, pasti bikin kamu betah berlama-lama.

Tapi tahukah kamu kalau Jakarta, sebagai kota yang tak pernah kekurangan tempat gaulsebenarnya punya banyak tempat asik untuk nongkrong sambil ngopi? Lalu, mana aja sih tempat ngopi yang cozy di Jakarta? Hipwee merangkum beberapa di antaranya.

Advertisement

Jadi, malam ini bisa nongkrong sambil ngopi di tempat baru ‘kan?

1. 1/15 – One Fifteenth Coffee

1/15 Coffee

1/15 Coffee via www.1-15coffee.com

Di bilangan selatan Jakarta, tepatnya di Jalan Gandaria, Jakarta Selatan, ada spot minum kopi yang wajib kamu coba. Digawangi oleh Doddy Samsura, juara Indonesia Barista Championship 2013, gak diragukan lagi kalo rasa kopi di sini juga juara. Tempatnya juga terang dengan pencahayaan yang alami, bikin kamu berenergi dan betah berlama-lama.

Jika kamu bertandang ke sini, menu yang wajib kamu coba adalah Rojali. Signature coffee dari 1/15 ini dibuat dari kopi yang “diperas” selama 12 jam, dicampur dengan sedikit soda dan perasan jeruk, kemudian disajikan dingin. Sekilas, rasa si Rojali akan terasa seperti tequila di lidahmu. Tapi, kalau kamu mencecapnya dengan seksama rasa kopinya akan tetap terasa. Unik ‘kan?

Advertisement

Alamat: Jalan Gandaria I/63, Jakrta Selatan. Jam buka: 7 pagi–9 malam.

2. Koultoura Coffee

Koultoura Coffee

Koultoura Coffee via caramelleontop.blogspot.com

Bergeser sedikit ke Jakarta Barat, ada tempat ngopi yang pantang dilewatkan penikmat kopi. Koultoura Coffee gak cuma menawarkan rasa kopi yang khas dan berkualitas, tapi juga desain interior yang super.

Koutura menawarkan pilihan kopi yang beragam. Mulai dari latte, hingga kafe artisan yang diolah dengan metode French Press dan Vietnamese Drip. Kudapan ringan yang ditawarkan kedai kopi yang satu ini pun cukup lengkap. Satu alasan lagi yang bisa membuatmu tertarik ke sini? Harganya terjangkau! Kopi di Koultura dibanderol dengan harga mulai Rp 20.000-Rp 40.000 saja.

Bawa kerjaan kemari atau sekadar nongkrong? Pasti kamu jadi pengen kembali lagi.

Alamat: Taman Ratu Indah Blok AA2 no 33 Jakarta Barat. Jam buka: 10 pagi–10 malam.

3. ABCD Coffee

ABCD Coffee

ABCD Coffee via qrc.print.kompas.com

Nah, siapa yang menyangka di tengah pasar tradisional modern ada kedai kopi yang ngehits?

A Bunch of Caffeine Dealers–disingkat ABCD–mulanya adalah tempat bagi mereka yang ingin mempelajari cita rasa kopi dan para barista yang berlatih meracik kopi. Kini, ABCD Coffee menjadi salah satu tempat nongkrong favorit hipster penikmat kopi.

Terletak di Pasar Santa, ABCD coffee memang tidak menawarkan pengalaman ngopi di bawah dinginnya AC. Tapi jangan salah, pasar yang kini makin terasa geliat aktivitas para hipster-nya ini justru sering menawarkan kejutan. Beberapa waktu lalu, ada ballerina yang beraksi di tengah deretan los Pasar Santa.

ABCD memang menawarkan pengalaman menyeruput kopi yang berbeda.

Alamat: Pasar Santa A.L01-BKS No 75.77 Jl. Cipaku 1, Jakarta Selatan.

4. Pandava Coffee

Pandava Coffee

Pandava Coffee via eatdrinkcookdo.com

Pandava Coffee punya keunggulan sendiri dalam hal roasting, grinding, dan blending sehingga kopinya diincar para penggemar kopi. Barista-barista berkemampuan serta pemiliknya mampu menyuguhkan passion ngopi mereka ke mejamu, diramu dengan tempat yang nyaman di Epicentrum Walk.

Buat cewek-cewek yang suka minuman kopi dingin dengan metode shake, kamu bisa memesan Milkshake Vanilla Affogato With Espresso Granita. Sedang untukmu yang lebih suka kopi bercita rasa kuat, cobalah mencicipi Piccolo Latte yang jadi andalan kafe ini. 

Alamat: Epicentrum Walk, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Jam buka: 8.30 pagi–11 malam.

5. Giyanti Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery

Giyanti Coffee Roastery via www.giyanticoffeeroastery.com

Untuk mencapai Giyanti Coffee Roastery, kamu memang mesti memasuki gang kecil terlebih dahulu. Tapi, jangan remehkan tempat ini, karena kamu akan menemukan tempat ngopi yang keren banget. Dengan desain vintage dan homey, kamu bisa menikmati sejumlah kopi khas Indonesia yang diracik secara modern.

Biji kopi Bali Kintamani, misalnya — bisa kamu pesan dalam beragam olahan. Mulai dari cappucino, hingga picollo yang kental dengan perpaduan rasa pahit dan gurih. Cemilan di Giyanti juga tak kalah seru. Ada Glutten Free Chocolate Brownies dan Almond Croisant yang wajib kamu cicipi.

Mahal? Nggak kok! Kopi di Giyanti berkisar di harga 30-40 ribu Rupiah saja. Sedang kue-kue pengganjal perutnya dijual seharga 25 ribuan. Terjangkau lah ya….

Alamat: Jalan Surabaya No. 20, Menteng, Jakarta Pusat. Jam buka: Rabu–Sabtu, 9.30–17.30.

6. Monolog Quality Coffee

Monolog Quality Coffee yang bersarang di lantai dasar Plaza Senayan adalah salah satu tempat nongkrong favorit anak-anak muda di Jakarta Selatan. Sambil menikmati desain kafe yang minimalis dan berbau western dengan ornamen kayu, kamu bisa mencicipi cappucino yang smooth sembari menyantap aneka pastry.

Sering punya bayangan tentang kafe yang enak dipakai duduk dan melihat orang berlalu lalang? Monolog juga bisa menawarkan kenyamanan itu padamu. Tapi awas, kalau mampir ke tempat ini di akhir pekan, kamu mesti rela berebut tempat dengan orang-orang lain.

Alamat: Plaza Senayan CP 101B, Palm Gate Entrance (Jalan Asia Afrika No. 8). Jakarta. Jam buka: 10 pagi–10 malam.

7. Kedai Tjikini

Kedai Tjikini

Kedai Tjikini via wanderbites.com

Masih di bilangan Menteng, ada satu lagi kedai kopi yang menyajikan pengalaman unik di area bernuansa retro. Dibangun dengan desain klasik yang cantik, di Kedai Tjikini kamu nggak cuma bisa ngopi aja; mereka juga menyajikan berbagai menu masakan khas Indonesia, seperti nasi goreng, soto, dan rawon. Gak cuma itu, tersedia juga aneka dessert, kudapan, dan minuman yang akan menggoda lidah.

Rekomendasi Hipwee sih kalau ke sini cuma pesan pancake dan Kopi Aroma Bandung-nya. Ciamik banget!

Alamat: Jalan Raya Cikini 17, Jakarta Pusat. Jam buka: 12 siang–12 malam.

8. Sabang 16

Satu lagi tempat nongkrong sekaligus ngopi khas anak muda bernuansa antik ada di Jalan Sabang. Menggunakan alamat sebagai nama, Sabang 16 menawarkan tongkrongan unik dengan pilihan kopi premium dari berbagai daerah di Nusantara sebagai menu andalannya. Jumlah kursinya mungkin gak begitu banyak, tapi itu dimaksudkan agar tercipta suasana yang akrab di antara pengunjung. Cobain kaya toast-nya yang melegenda, deh.

Alamat: Jl. H. Agus Salim no .16B Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Jam buka: 7 pagi–11 malam.

9. Common Grounds

Common Grounds

Common Grounds via www.zomato.com

Common Grounds serius bukan hanya dalam meracik kopi, namun juga mempersembahkan menu sarapan atau brunch yang sempurna. Keseriusan ini diawali dengan “kegundahan” tiga serangkai pemiliknya, yang juga pemilik dari Pandawa, tentang kurangnya keseriusan kafe-kafe di Jakarta dalam menggarap menu makanan.

Kafe ini terletak di Citywalk Sudirman, dan memiliki dekorasi modern yang sejenak akan mengingatkanmu pada stasiun-stasiun metro di kota New York atau Paris. Jika kamu berkesempatan mengunjungi mereka, coba deh egg benedict mereka yang juara.

Alamat: Citywalk Sudirman Lt. 1, Jl. K.H. Mas Mansyur, No. 121, Jakarta Pusat

10. Anomali Coffee

Anomali Coffee

Anomali Coffee via blog.orori.com

Anomali seringkali disebut-sebut sebagai ‘Starbucks’-nya Indonesia. Membawa idealisme cita rasa khas kopi Indonesia, jangan harap kamu bisa menemukan kopi luar di tempat ini. Digawangi oleh dua sahabat, Agam dan Irvan Helmi sejak 2007, Anomali kini memiliki sejumlah outlet yang tersebar di Jakarta dan Bali. Dengan desain interior berupa industrial minimalis, gak perlu mikir dua kali untuk nongkrong di sini.

Alamat: lihat di sini.

Cita rasa kopi yang sebenarnya memang gak bisa kamu dapatkan dari kopi instan. Makanya, jangan ragu untuk mencicipi kopi sejati di tempat-tempat ini. Omong-omong, kamu udah tahu apa aja manfaat kopi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya