Pergi ke tempat wisata biasanya dengan tujuan memperoleh kesenangan dan juga menghilangkan kepenatan, alias refreshing. Namun, tak sedikit juga tempat-tempat wisata di Indonesia ini yang memiliki mitos dan dipercaya bisa menyebabkan perubahan dalam hidup mereka yang mengunjunginya. Mitos tempat-tempat wisata yang bisa membuat hubunganmu dengan pacar putus misalnya. Sebenernya semua ada penyebabnya, semua ada sejarahnya, simak yuk rangkuman Hipwee Travel berikut ini…

1. Katanya kalau ke Candi Prambanan berdua pacar, hubungan kalian nggak akan lancar. Yaudah, ajakin mak bapak sekalian gih~

syahdu sih, tapi...

syahdu sih, tapi… via www.klikhotel.com

Bicara soal Candi Prambanan, pastilah kisah legenda Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso yang menjadi narasi pendirian candi ini. Roro Jonggrang yang pada saat itu meminta seribu candi dan ternyata hanya siasat, membuat Bandung Bondowoso marah dan mengutuk Roro jonggrang menjadi salah satu patung candi. Legenda inilah yang dipercaya membuat pasangan yang berkunjung ke tempat ini bisa putus. Lha wong candi ini aja berasal dari kutukan lelaki yang patah hati kok, hihiii….

2. Siapa nggak kenal Tanah Lot yang ada di Bali, tapi sudah jamak juga yang tahu kalau kesana berdua dengan si dia, bisa bikin hubungan kalian alot

ini tanah lot, semoga kisah cintamu awet

ini tanah lot, semoga kisah cintamu awet via luwihbali.com

Advertisement

Hampir semua orang di Indonesia kenal dengan ikon wisata yang terletak di Bali ini. Tanah Lot sering dikunjungi karena keindahan pura di tepi pantai, seolah-olah bangunan suci tersebut berada di tengah laut. Di Tanah Lot juga terdapat ular suci yang dipercaya bisa mengabulkan permohonan. Nah ada tapinya nih, sepasang kekasih tidak dianjurkan untuk mengunjungi ular tersebut karena hewan sakral itu dipercaya bisa menyebabkan hubungan cinta menjadi kandas. Kamu, sudah kenalin pacar ke ular tersebut belum?

3. Pulau Kemaro di Palembang ini juga katanya menyimpan misteri yang sangat kelam. Berani kesana sama pacar?

sudah pernah putus disini belom? hihii

sudah pernah putus disini belom? hihii via acprentcar.com

Pulau yang berada di tengah sungai Musi, Palembang ini juga punya sejarah mistis yang sudah melegenda. Konon, seorang Pangeran Tiongkok bernama Tan Bun Ann, yang menikah dengan putri Palembang Siti Fatimah, menceburkan diri ke sungai. Tindakan itu disebabkan kesalahpahaman saat menerima hadiah pernikahan dari orangtuanya. Merana melihat pasangannya bunuh diri, Siti Fatimah juga menceburkan diri dan keduanya tidak pernah muncul lagi ke permukaan. Mitos inilah yang hingga kini dipercaya membuat suatu hubungan tidak akan bertahan lama jika kamu dan pacar kencan di pulau ini.

4. Bukan cuma kesejukan saja yang dikenal dari Kebun Raya Bogor, tapi juga ‘pohon jodoh’ yang justru membuat kalian tak berjodoh #ups

kalau mau lewat sini mending sendiri-sendiri

kalau mau lewat sini mending sendiri-sendiri via www.iberita.com

Kebun Raya Bogor terletak di jantung Kota Bogor, tempatnya sejuk dan di sana terdapat banyak tumbuhan langka. Selain sebagai tempat wisata, juga bisa menjadi tempat anak-anak untuk belajar tentang alam dan tumbuhan. Namun siapa sangka di balik kesejukan tempat tersebut, ternyata terdapat sebuah mitos. Barang siapa yang datang ke situ dalam kondisi lajang, maka akan mendapatkan jodoh bila duduk di bawah pohon jodoh. Dan sebaliknya, bila datang ke tempat itu dalam keadaan berpasangan, maka akan kandas jalinan asmaranya bila menyeberang di jembatan warna merah yang letaknya paling utara. Wah, padahal itu spot bagus untuk berfoto lho!

5. Cerita lawas soal hubungan yang tak direstui pun beredar di Baturraden. Bawa kesini pasanganmu kalau berani~

kasihan ya si batur sama raden dulu? iya

kasihan ya si batur sama raden dulu? iya via anekatempatwisata.com

Advertisement

Taman wisata ini terletak di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Terkenal dengan air terjun dan goa yang sangat indah. Nah konon, nama tempat wisata ini berasal dari seorang anak bupati (Raden) yang menjalin kisah cinta dengan anak pembantu (Batur). Sudah tahu dong asal-usul namanya sekarang? Lalu, hubungan mereka yang tidak mendapat restu orang tua harus kandas dan menjadi taman yang sekarang bernama Baturraden. Katanya lagi nih, pasangan yang berkunjung ke sana bisa putus setelahnya. Entah setelah berapa lama, Hehehee..

6. Di tepi danau Rawa Pening ada bukit cinta kan? Nah kalau kamu kesana bareng pasangan katanya hubungan kalian nggak akan sampai ke pelaminan

ini si bukit cinta yang malah mengandaskan cinta

ini si bukit cinta yang malah mengandaskan cinta via hellosemarang.com

Bukit Cinta terletak di tepi Danau Rawa Pening, Desa Kebondowo, Kecamatan Banyubiru, Kabubaten Ambarawa Jawa Tengah. Di tempat yang terkenal teduh dan sejuk ini terdapat mitos kalau bukan muhrim yang datang ke sana, maka hubungan mereka akan kandas di tengah jalan. Di sisi lain, ada mitos lain yang berbeda bahkan sangat bertolak belakang. Mitos tersebut menyebutkan bahwa pasangan yang ke sana justru berakhir di pelaminan. Buktikan deh mana yang benar.

Ada sedikit cerita juga sih soal asal usul bukit cinta dan danau rawa pening ini. Jadi gini, dulu di daerah Ambarawa hidup seorang yang kaya raya dan sedang merayakan pernikahan putrinya. Tiba-tiba, datanglah seorang bocah kecil miskin yang meminta nasi untuk makan. Jangankan memberi, si kaya malah mengolok dan menghina si bocah. Kemudian, si bocah pun menantang orang tersebut untuk mencabut lidi yang sudah dia tancapkan ke tanah. Singkat cerita, tak ada seorang pun yang mampu menjawab tantangannya. Sampai akhirnya anak kecil tersebut yang mencabut lidi itu dan ajaib di bekas cabutan lidi itu memancarlah air seperti air yang lama kelamaan berubah menjadi genangan air danau yang sekarang disebut danau rawa pening. Sedangkan bekas buangan lidi itu berubah menjadi bukit yang sekarang disebut bukit cinta. Ya bisa aja sih itu kutukan dari bocah miskin tadi kan?

7. Yang pernah mendaki Semeru, pasti sudah tau mitos soal Tanjakan Cinta kan? Sudah berapa kali kamu kesana dan membuktikan?

jangan noleh ke belakang ya bang

jangan noleh ke belakang ya bang via www.yukpiknik.com

Tanjakan Cinta adalah nama sebuah tempat di Gunung Semeru, tepatnya di bagian barat Ranu Kumbolo, pada jalur pendakian menuju puncak Mahameru. Legenda tempat ini berawal dari dua sejoli yang sudah bertunangan, mendaki gunung Semeru bersama. Ketika melewati jalur ini, si lelaki sudah sampai di atas lebih dulu. Sedangkan si wanita yang kepayahan, jatuh terguling dan meninggal dunia. Hingga sekarang, mitos yang beredar ialah barang siapa yang bisa terus berjalan tanpa henti hingga di atas bukit dan tanpa menoleh ke belakang. Jika sedang pacaran, maka akan berakhir bahagia. Namun bila berhenti di tengah-tengah, maka hubungan itu akan putus.

8. Jalan menuju Pantai Balekambang memang menantang, apa iya sepulang dari sini hubunganmu dan kekasih jadi mengambang?

cantik sih, tapi ngeri

cantik sih, tapi ngeri via www.telusurindonesia.com

Pantai berpasir putih ini terletak di daerah Malang Selatan, Jawa Timur. Tepatnya di Kecamatan Bantur, sekitar 65 km dari pusat Kota Malang. Pantai yang terkenal dengan pasir putih dan pura yang ada di pulau kecil di bibir pantainya ini ternyata menyimpan sebuah mitos. Barang siapa pacaran di tempat ini, niscaya akan putus, namun hal itu tidak berlaku untuk pasangan suami istri. Jadi kapan pacarmu itu dihalalin bro? Eh ada satu mitos lagi juga disini, air yang ada di sekitar area pantai balekambang akan membuat awet muda. Jadi, kalau kamu kesana jangan heran ketika menemui orang-orang atau wisatawan yang berendam atau sekedar mengusapkan air ke wajah mereka.

9. Masih di Malang, Air Terjun Coban Rondo katanya tempat merenungnya seorang janda yang sedang patah hati ditinggal mati suaminya. Semacam kutukan gitu dari dia~

keren sih, tapi mistis

keren sih, tapi mistis via www.ixotrans.com

Wisata air terjun ini terletak di wilayah Pujon, Kabupaten Malang. Nama Coban Rondo sendiri berasal dari legenda seorang putri bernama Dewi Anjarwati yang merenungi nasibnya di batu besar di bawah air terjun setelah menjadi janda (rondo, bahasa Jawa) karena ditinggal mati Raden Baron Kusumo. Hingga saat ini, tempat wisata ini pun dikenal ‘angker’ bagi masyarakat setempat. Sekadar info nih, banyak yang mengaku putus setelah pergi berdua ke air terjun setinggi 84m tersebut.

10. Terakhir, yang ini dari Candi Gedong Songo. Kalau datang sama pacar sih masih nggak papa, coba kamu keluarin rayuan gombal. Katanya sih katanya…

orang dulu mah sakit ati bikin candi

orang dulu mah sakit ati bikin candi via infojalanjalan.com

Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, Desa candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Dinamakan Gedong Songo karena memang ada 9 candi di kawasan tersebut. Percaya atau tidak, bila berada di kawasan candi ini, jangan coba-coba untuk menggombal kepada pasangan. Karena bila mengeluarkan rayuan gombal, dipercaya akan membuat hubungan percintaan akan putus di tengah jalan.

Jadi gini sedikit sejarahnya, Gunung Ungaran tempat Candi Gedong Songo ini berdiri dulu digunakan oleh Hanoman untuk menimbun Dasamuka dalam perang besar memperebutkan Dewi Sinta. Seperti diketahui dalam cerita pawayangan Ramayana, Dasamuka telah menculik Dewi Sinta dari sisi Rama, suaminya. Untuk merebut Sinta kembali, pecahlah perang besar antara Dasamuka dengan bala tentara raksasanya melawan Rama yang dibantu pasukan kera pimpinan Hanoman. Akhirnya, Hanoman yang anak dewa itupun mengangkat sebuah gunung untuk menimbun tubuh Dasamuka. Jadilah Dasamuka tertimbun hidup-hidup oleh gunung yang kemudian hari disebut sebagai gunung Ungaran. Ya kali si Dasamuka masih dendam kan?

Jadi, itu tadi 10 tempat wisata di Nusantara dengan mitos yang dapat membuat hubungan kekasih kandas di tengah jalan, alias nggak sampai di pelaminan. Mungkin di wilayah tempat tinggalmu ada juga? Atau malah kamu sudah membuktikannya? Ya terserah mau percaya atau enggak, namanya juga mitos.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya