Artikel ini dipersembahkan oleh Makanluar, aplikasi yang menawarkan pilihan restoran berkualitas dan cara nyaman untuk reservasi online. Unduh gratis app-nya di Google Play dan iTunes!

Menjelang musim liburan seperti ini, mungkin banyak dari kamu yang berencana mengunjungi pulau Bali. Beragamnya destinasi yang bisa dijelajahi memang menjadikan Pulau Dewata tujuan liburan yang sempurna. Entah untuk traveling sendirian, berdua sama pacar, atau ramai-ramai bareng keluarga besar.

Tapi tahukah kamu destinasi apa saja yang wajib dikunjungi saat kamu sedang di Bali? Jangan puas cuma mampir ke pantai Kuta atau Legian saja, Bali itu luas dan punya banyak “permata”. Setelah beberapa saat lalu Hipwee sempat membahas 7 destinasi di Bali yang akan bikin kamu menyesal jika sampai kamu lewati, sekarang Hipwee dan Makanluar akan mengajakmu berkeliling mengunjungi tempat-tempat yang gak cuma bikin liburan ala Balimu tambah seru, tapi juga tampak cantik dan menarik di Instagram-mu!

1. Mulailah petualanganmu di Bali bagian selatan. Ada Pantai Gunung Payung di Jimbaran yang cantik dikelilingi ilalang

Pantai Gunung Payung (via @dewayu_embas)

Pantai Gunung Payung (via @dewayu_embas) via instagram.com

Mungkin kamu belum pernah mendengar nama pantai indah ini karena letaknya yang masih tersembunyi. Pantai Gunung Payung terletak di bagian selatan pulau Bali, masih lurus ke arah timur dari Pantai Pandawa yang lebih terkenal. Meskipun masih sepi pengunjung, Pantai Gunung Payung punya panorama yang luar biasa. Airnya jernih dan cemerlang, pasirnya bersih dan bebas sampah sama sekali. Kalau tak mau berlelah-lelah menuruni 283 anak tangga untuk ke pantainya, kamu juga bisa mengambil foto dari bukitnya yang dikelilingi ilalang lebat warna hijau kekuningan. Pantai Gunung Payung juga masih bisa dibilang “perawan” dan belum komersial, sehingga kamu tidak akan menemukan plang-plang resort atau hotel di sini.

2. Mau nginap dalam tenda dengan pemandangan Samudera Hindia? Bukit Asah Karangasem adalah tempatnya

Berkemah menghadap Samudera Hindia (via @blitutde dan @explorebali)

Berkemah menghadap Samudera Hindia (via @blitutde dan @explorebali) via instagram.com

Nggak cuma pantai, Bali juga terkenal dengan bukit-bukitnya yang memesona. Salah satu bukit di Bali yang masih jarang dijamahi adalah Bukit Asah, yang tepatnya berlokasi di Desa Bugbug, Karangasem. Bukit yang hijau dan asri ini dilengkapi dengan pemandangan Virgin Beach Karangasem di balik dinding curamnya.

Terdapat 3 spot untuk berfoto di Bukit Asah ini. Di spot 1 dan 2, kamu bisa menikmati pemandangan Samudera Hindia yang biru gelap. Sementara di spot 3, kamu bisa menginap dengan tenda untuk menangkap sunrise dan sunset di ufuk pantai.

3. Kunjungi taman ala Stonehenge yang ada di Pantai Purnama, Sukawati, Gianyar

Stonehenge ala Bali di Pantai Purnama (via @agus_botak)

Stonehenge ala Bali di Pantai Purnama (via @agus_botak) via instagram.com

Pantai Purnama di Sukawati, Gianyar punya taman menarik yang akan mengingatkanmu pada Stonehenge di Inggris. Tumpukan batu ini sendiri sebenarnya adalah pelinggih yang biasa digunakan masyarakat setempat untuk menaruh sembahyang.

Pantai Purnama juga bisa menjadi lokasi menangkap foto sunset yang cantik. Karena tempatnya lengang dan nggak banyak orang, kamu nggak perlu takut pemandangan sunset-mu “dirusak” oleh banyaknya orang lalu lalang yang tertangkap kamera. Kalau mau ke pantai ini, kamu tinggal berjalan 11 kilometer ke arah timur dari Denpasar. Lokasinya cukup mudah ditemui karena ada banyak hotel dan resort dengan unsur nama ‘Purnama’ di sepanjang jalan.

4. Berpikir buat nginap di Seminyak? The Trans Hotel siap memanjakanmu dengan service bintang 5 dan makanan yang bikin lapar mata

Makan cantik di pinggir pantai (via @TheTransResortBali)

Makan cantik di pinggir pantai (via @TheTransResortBali) via instagram.com

The Trans Resort Seminyak menjadi pilihan yang tepat saat kamu dan keluargamu bingung ingin menginap di mana pada liburan kali ini. Meskipun menginap di hotel tentu sedikit lebih mahal dari pilihan bermalam di hostel, kamu bisa kok memotong biaya dengan memesan satu kamar untuk diisi 3-4 anggota keluarga. Selain itu, Trans Hotel juga punya reputasi sebagai salah satu hotel dengan review terbaik di Bali. Menghabiskan pundi rupiahmu di sini adalah hal yang bijak saat kamu tahu, tak ada apapun yang akan kamu dapatkan kecuali kepuasan!

Selain hotelnya yang tenteram dan “aman” dari bisingnya Seminyak, The Trans Resort juga terkenal dengan restorannya.  Sisi restoran yang langsung berbatasan dengan beach pool menjamin Instagram-mu akan terlihat cantik dan menarik. Tapi jangan salah: selain lokasinya yang bikin teman-temanmu iri, makanannya pun nggak kalah memanjakan mata. Misalnya, mereka punya tray isi snack warna-warni seperti macaroon sampai rainbow cake. Ada juga Laksa dan Sop Buntut ala Trans yang sudah terkenal di antara orang Bali sendiri. Makanan buffet mereka juga enak dan cantik-cantik lho kalau difoto, hehehe.

Kalau kamu berniat datang ke sini, jangan lupa reservasi lewat app MakanLuar yang bisa kamu unduh gratis di Google Play dan App Store. Ada free welcome drink khusus buatmu yang memesan meja via MakanLuar, dan bagi kamu pemegang kartu kredit Bank Mega, nikmati juga diskon 20% untuk pembelian makanan jenis apa saja. Kamu bisa pilih semau yang dirimu suka.

5. Masih di daerah Seminyak yang elok dan berkelas, ada Grocer n’ Grind yang layak dikunjungi buat lunch

Wall art unik (via @grocerandgrind)

Wall art unik (via @grocerandgrind) via instagram.com

Kalau kamu sedang main di daerah Seminyak, restoran + kafe yang punya dekorasi dan interior paling apik adalah Grocer n’ Grind di Jalan Kayu Jati, Petitenget ini. Fotomu nggak akan terlihat “butek” karena dinding restoran ini cerah dan warna-warni. Lampu dekorasi, tiang bangunan, kursi-sofa sampai kartu pos yang dipajang di tembok juga serasi, menunjang atmosfer yang santai dan fun dari restoran ini.

Makanan cantik, unite! (@Grocer and Grind)

Makanan cantik, unite! (@Grocer and Grind) via instagram.com

Makanan yang disajikan Grocer n’ Grind juga nggak main-main penataannya. Dari salad sederhana, sandwich roti gandum lapis telur, sampai pizza tipis, mereka akan menyajikan lunch paling dekoratif yang pernah kamu pesan seumur hidup. Selain makanan, Grocer n’ Grind juga terkenal dengan kopinya yang termasuk paling enak seantero Bali. Makanya, diam-diam restoran ini ramai terus, terutama di waktu pagi.

Daripada repot-repot mengantri meja makan, kamu bisa reservasi dulu lewat app MakanLuar dari penginapan. Gratis dan praktis, kok, apalagi kamu juga berhak dapat diskon 15% kalau kamu punya kartu pelajar. Ah, maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

6. The Parlour Seminyak bisa dijadikan pilihan lokasi dinner. Ruangannya cantik bernuansa abu-biru, promosinya rajin tanpa malu-malu

Wall art Parlour memang juara (via @theparlourbali)

Wall art Parlour memang juara (via @theparlourbali) via instagram.com

Masih di daerah Seminyak yang memang pusatnya restoran berkelas, ada The Parlour, restoran yang menggabungkan konsep fine dining yang elit dengan casual dinner yang bisa dinikmati siapa saja. Di salah satu dindingnya, ada mural penari Bali bermimik centil yang akan memancing tawamu. Mural ini juga bisa jadi latar foto yang menarik untuk kemudian diunggah di Instagram.

Soal makanannya sendiri, The Parlour menyajikan menu mereka dengan profesional. Kamu bisa memesan makanan Asia ataupun Barat, tapi salah satu yang paling enak dan picturesque adalah foie gras, wagyu mini burgers, dan Iberico chorizo alias daging slice khas Spanyol.

Harga makanan di The Parlour termasuk sangat terjangkau untuk kelezatannya yang tingkat tinggi. Sekali berkunjung, kira-kira kamu akan menghabiskan sekitar 100-200.000 saja. Dapatkan segelas wine sauvignon blanc atau sebotol besar bir GRATIS jika kamu mereservasi meja makan secara cuma-cuma lewat app MakanLuar. Oh iya, mereka juga menawarkan diskon 10% bagi pemegang kartu BCA Platinum, Black, dan Signature. Dan kalau kamu pesan Sangria mereka yang segar, ada promosi beli 1 gratis 1 yang sudah menunggu kamu.

7. Setelah bosan main-main di pantai Seminyak, saatnya menikmati omelette atau chicken mushroom di Sasa Ristorante yang murah meriah

(via @thru_zigzach_eyes)

(via @thru_zigzach_eyes)

Sasa Ristorante yang berlokasi jalan Arjuna (Double Six) no. 10x ini dikenal dengan harganya yang murah meriah serta kudapan-kudapannya yang menggoda selera. Meskipun andalan Sasa adalah makanan khas Italia, di sini kamu juga bisa mencoba jajanan yang banyak macamnya — seperti chicken mushroom yang bertekstur lembut dan spaghetti udangnya yang mantap mengisi perut. Kalau kamu udah bosan jalan-jalan di sepanjang Seminyak, mampirlah ke Sasa sekadar buat mengisi perut dan mengistirahatkan kaki. Supaya nggak kehabisan kursi, apalagi musim liburan gini, jangan lupa reservasi lewat app Makanluar dulu ya!

8. Ada kalanya kamu perlu menjauh dari pantai dan pergi ke Ubud yang damai. Sempatkanlah menginap di Bisma Eight atau makan di Copper Kitchen & Bar-nya

Pemandangan di Bisma Eight (via @bismaeight)

Pemandangan di Bisma Eight (via @bismaeight) via instagram.com

Sama seperti The Trans Resort sebelumnya, villa Bisma Eight di Ubud punya rating dan review lima bintang di internet. Bedanya, The Trans adalah hotel besar di tengah kota sementara Bisma Eight lebih mirip villa mungil nan manis di tengah-tengah hutan eksotis. Bisma Eight terhitung masih baru. Kamar-kamar mereka masih bersih dengan interior khas Bali yang bikin kamu merasa seperti di negeri dongeng. Pengalaman menginapmu akan semakin tak terlupakan dengan kamar yang jendelanya tersentuh ranting hutan, serta  infinity pool yang berhadapan langsung dengan sawah berundak-undak.

Death by Chocolate (via @bismaeight)

Death by Chocolate (via @bismaeight) via instagram.com

Bisma Eight juga punya restoran bernama Copper Kitchen & Bar, yang layak kamu jadikan salah satu lokasi makan. Buat pengalaman, cobalah memesan Korean Kal Taco mereka yang gurih, pedas, dan kaya rasa. Ada juga mie soba Jepang mereka yang otentik rasanya. Jangan lupa reservasi lewat app Makanluar, ya. Tinggal unduh di Google Play atau App Store kok!

9. Petualangan kulinermu di Bali belum lengkap tanpa Dolce Arancia. Restoran yang menyadarkanmu bahwa makanan Italia nggak cuma pizza dan pasta saja

Makanan Italia juga ada yang selain pizza! (via @Makanluar)

Makanan Italia juga ada yang selain pizza! (via @Makanluar) via instagram.com

Dolce Arancia yang berlokasi di Jalan Goutama, salah satu jalan teramai di Ubud ini adalah restoran Italia paling serius di Ubud — bahkan mungkin di Bali. Berkunjung ke sana, kamu mungkin akan menyesal kenapa selama ini hanya tahu pizza dan pasta saja. Padahal, makanan khas Italia itu ada banyak banget macamnya. Coba deh pesan porcini mushroom dan Italian sausage-nya yang sempurna. Apple and cheese ravioli-nya yang Instagrammable banget juga jadi pilihan makanan lain yang bisa kamu pesan tanpa merasa sesal. Oh iya, nggak cuma stafnya yang memasak saja, staf pelayan Dolce Arancia ini juga ada yang dari Italia. Kurang otentik apa, coba?

Silakan memesan tempat lewat app MakanLuar sebelum kamu pergi. Gratis, nggak pakai lama, dan ada promosi potongan harga 20% khusus buatmu yang memegang kartu Best Trip Advice.

10. Kamu yang rindu makanan khas Indonesia bisa bertandang ke Bale Udang Mang Engking. Diskon 20% dengan reservasi lewat Makanluar, hari Senin-Rabu!

Bale Udang Ubud (via @sherrier1111)

Bale Udang Ubud (via @sherrier1111) via instagram.com

Bale Udang Mang Engking yang berlokasi di Ubud ini adalah surga untukmu yang nggak bisa pisah dari makanan Indonesia. Selain udang panggang lapis madunya yang menggugah lidah, ada juga gurame bumbu cobek yang patut kamu coba. Oh iya, selain makanan yang lezat, Bale Udang juga punya area bermain untuk anak-anak sehingga tepat jadi destinasi untuk membawa keluargamu makan. Buat foto-foto cantik, ada latar pegunungan Ubud yang memesona serta arsitektur bangunannya yang “khas desa” sekaligus nyaman dan modern.

Istimewanya, Bale Udang menawarkan berbagai promosi yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya adalah diskon 20% dari total semua pesanan jika kamu sudah terlebih dahulu mereservasi lewat app MakanLuar dan datang di hari Senin-Rabu siang. Gimana, mau coba?

11. Sebelum pulang ke rumah, keindahan Air Terjun Sekumpul di Singaraja harus tuntas dirimu jamah

the-greenery-in-this-other-bali-waterfall-shot-is-incredible

(via @muradosmann) via instagram.com

Selain pantai, Bali juga terkenal dengan tukad (mata air) dan air terjunnya yang masih asri dan terlihat sejuk di fotomu. Air Terjun Sekumpul di Singaraja adalah salah satunya. Di lokasi yang jauhnya 20 kilometer dari pusat kota Singaraja ini, kamu bisa mengambil foto dari bawah air terjun yang mengalir deras atau dari atas bukit, sehingga air terjun menjadi latar yang cantik dari fotomu.
Air terjun Sekumpul terdiri dari dua mata air yang berbeda. Keduanya mengalir deras dari ketinggian kira-kira 100 meter. Bayangkan betapa megahnya air terjun ini kalau di-capture dari dekat. Oh iya, karena perjalanan ke Sekumpul terhitung jauh, kalau kamu kelelahan, kamu juga bisa beristirahat di salah satu gazebo yang ada di dekat air terjun. Gazebonya memang dibuat untuk pengunjung yang ingin istirahat, kok.

12. Mau foto yang quirky dan beda dari yang lain? Bangkai pesawat di Jimbaran bisa menjadi latar belakang

(via @agus_botak)

(via @agus_botak) via instagram.com

Pesawat yang “parkir” dengan cantiknya di Desa Kutuh, Jimbaran, Kuta Selatan ini bukanlah pesawat nyasar. Oleh pemiliknya, pesawat ini rencananya akan disulap menjadi sebuah restoran. Tapi mungkin rencana itu ditunda, karena sampai sekarang pesawat ini masih nangkring begitu saja dikelilingi bukit-bukit kapur di sisi-sisinya.

Banyak turis yang mengambil kesempatan ini untuk berfoto dengan si pesawat sebagai latar belakang. Hasil fotonya pasti quirky dan menarik, karena di mana lagi sih di dunia ini kamu bisa foto sama pesawat bekas segede gaban?

13. Daripada Kuta, jauh lebih menarik jika kamu menangkap sunset di Pantai Kelating Tabanan

(via @putuwiana)

(via @putuwiana) via instagram.com

Walaupun berpasir hitam, Pantai Kelating di Tabanan tidaklah layak kamu lewatkan. Pantainya yang bersih dari sampah dan tanaman rambat menghadirkan hamparan pasir yang luas dan picturesque, alias terlihat cantik dalam fotomu.

Sama seperti Pantai Gunung Payung di Jimbaran, Pantai Kelating dikelilingi hamparan ilalang. Tapi jangan khawatir, kamu bisa berjalan dengan mudah di jalan kecil yang sudah disediakan. Selain pasir dan ilalangnya yang memesona, hamparan sawah juga akan memberikan pemandangan sejuk di sepanjang perjalananmu menuju pantai ini.

14. Akhiri perjalananmu ini dengan mendaki sampai puncak Gunung Agung, negeri permai di atas awan

(via @putuwiana)

(via @putuwiana) via igcdn-photos-h-a.akamaihd.net

Sebelum kamu kembali ke rumah lagi, tak ada salahnya menyambangi puncak gunung Agung yang juga merupakan titik tertinggi pulau Bali. Dari ketinggian 3000 mdpl ini, kamu tak hanya bisa menyaksikan pemandangan alam di sekitar lereng Gunung Agung. Ada juga pemandangan Gunung Rinjani di kejauhan, dan pulau-pulau mungil yang membentuk Nusa Penida di ujung tenggara provinsi Bali. Pantai di sepanjang Bali Timur serta Gunung dan Danau Batur adalah eksotisme lainnya yang akan ditangkap mata.

Selain itu, gugusan awan yang indah dan mengelilingi Gunung Agung juga bisa kamu tangkap dengan kamera. Fotonya dijamin ciamik, seolah kamu sedang berada di negeri di awan sana.

Semoga 14 destinasi di atas bisa menjadi tempat tujuanmu yang berikutnya ya. Banyak ambil foto, dan jangan lupa untuk mengunggahnya supaya laman Instagram-mu terlihat memukau. Nah, gak ada salahnya juga buat mengunduh app MakanLuar gratis di Google Play dan iTunes supaya kamu bisa melakukan reservasi dan mendapat diskon-diskon menarik sebagai imbalannya. Semoga liburanmu menyenangkan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya