Sering ditanyain kenapa suka traveling gak? Trus jawab apa?

Apapun jawabannya, saat kamu bisa jawab itu udah bagus!

Bagiku pribadi, pertanyaan yang paling sulit untuk dijawab adalah pertanyaan “Kenapa suka traveling?” Duh! Berasa mau bongkar dan obrak – abrik seisi kepala deh buat jawab, tapi tetep aja jawabannya nggak ketemu.

Pernah juga ngalamin hal kayak gini?

Buat yang belum bisa jawab, seperti saya #ehem, mungkin 25 alasan di bawah ini bisa jadi salah satu pilihan jawabannya. Oke deh, ini dia alasan – alasannya!

1. Karena Diajakin Temen

Advertisement

Traveling karena ajakan teman via blog.clarity.fm

Awalnya sih cuman diajakin doank, dan enggak enak kalau nolak. Eh tapi ternyata traveling kok bikin nagih ya?! Jadi suka banget ma traveling nih!

Hayooo, berapa banyak yang kasusnya kayak gini?

2. Nyari Calon Pacar, Istri maupun Suami! #Uhuk

Modus! Modus sodara – sodara!

Ini alasan paling populer untuk para jomblo dan jomblowati. Lah, gak papa donk, namanya juga usaha.

Kali aja bener – bener dapet jodoh waktu traveling, kayak di pilem Eat, Pray, Love ituuuh.

3. Biar Bisa Melihat Dunia

Punya kesempatan traveling bisa membuatmu melihat belahan dunia lainnya via leannebuchan.files.wordpress.com

Keren kan kalau kita bisa cerita ke orang – orang kita sudah pernah ke New Zealand, Raja Ampat, Singapura, Australia, New York dan belahan dunia lainnya.

Keren banget! Apalagi kalau cerita kita bisa dibukukan, dijamin berlipet – lipet kerennya!

4. Bosan Ngapa – Ngapain

Bo to the sen, Bosen! via www.bubblews.com

Bosan sama sekolah, bosan sama kuliah, bosan sama kerjaan, pokoknya udah bosan ngapa – ngapain!

5. Nyari Tantangan Donk

Traveling sama dengan tantangan via 4.bp.blogspot.com

Siapa sih yang enggak ngerasa tertantang buat naklukin gunung Semeru? Buat surfing di Mentawai? Buat diving di Bunaken yang super duper indah itu?

6. Penasaran

Penasaran gue via www.zastavki.com

Penasaran aja. Kayak apa sih indahnya kepulauan Seribu, seluas apa sih Danau Toba terus apa susahnya sih mendaki gunung? Gue gak bakal percaya kalo gue belum ke sana!

7. Belajar Ribet

travel itu ribet…tapi ngangenin via 3.bp.blogspot.com

Yang suka traveling apalagi tanpa pake tour gitu, pasti tahu deh ribetnya travel! Mulai dari apa aja yang musti disiapin, mau pake angkutan apa, makan dan tidur dimana, dan segambreng hal – hal lain yang musti masuk di check list.

8. Belajar Sabar

Traveling itu waktunya buat sabar via 1.bp.blogspot.com

Traveling bisa bikin kamu lebih sabar.

Mulai dari belajar sabar nunggu angkutan, belajar sabar nahan lapar, belajar sabar kalau ada temen perjalanan yang nyebelin dan semaunya sendiri, belajar sabar kalau digencet – gencet di angkutan umum, belajar sabar kalau harus dorong motor, belajar sabar kalau capek, eh udah kepanjangan ya?! Ya pokoknya travel itu waktunya buat belajar sabar!

9. Belajar Bersimpati

Mau anak cucu kita nikmatin alam yang kayak gini? via www.beritafoto.net

Khususnya simpati sama alam! Siapa juga yang enggak sebel waktu lihat orang – orang yang ngakunya pecinta alam dan traveler sejati justru bikin rusak alam dengan buang sampah sembarangan?!

So guys, please please pleaaaseee buang sampah pada tempatnya atau bawa plastik khusus buat sampah saat kamu traveling. Jangan sampai anak cucu kita besok gak bisa nikmatin alam yang indah – indah ini karena ulah kita sendiri!

10. Belajar Mengenal Diri Sendiri

kenali diri lewat travel via uphillwriting.org

Dengan traveling  kamu bisa menemukan dirimu sendiri, apa yang kamu sukai, apa yang tidak kamu sukai. Seberapa kuat kakimu untuk berjalan dan melangkah untuk travel, dan mungkin juga kemana tujuan traveling dan hidupmu kemudian.

11. Belajar Menerima Nasib

Salah satu contoh kejadian (tak) terduga saat travel via shnews.co

Karena saat traveling pasti ada hal – hal yang kamu duga sebelumnya. Paling umum sih seperti gambar di atas.

12. Belajar Bekerja Sama

Kerja sama mutlak perlu waktu traveling via ase7adventure.files.wordpress.com

Kalau kamu ngerasa egois, jangan pernah pergi traveling, apalagi traveling yang berkelompok! Ada banyak kejadian yang gak terduga. Kalau gak mau kerja sama mending traveliing sendiri atau tidur saja di rumah.

13. Belajar Mengatur Uang

Traveling dan perencana keuangan via life.eppi.it

Kebanyakan para traveler pasti pinter ngatur duit mereka, kalau enggak gitu sih pasti kerja part time jadi jutawan! Yakin deh. Kalau traveler nggak pinter – pinter ngatur duit mana bisa pergi ke berbagai tempat dan kembali pulang ke rumah hangat mereka?

14. … dan Atur Waktu

Mengatur waktu via www.ou.org

Traveling perlu kedisiplinanmu untuk mengatur waktu. Kapan harus mengambil cuti, mau naik kereta atau pesawat di jam berapa, di obyek ini sampai jam brapa, balik ke rumah kapan, hal – hal seperti itu tentu harus kamu pikirkan baik – baik kan?

15. Belajar Bahasa Asing

belajar bahasa asing dengan traveling via palettaonline.hu

Traveling memberikan kita kesempatan untuk mempelajari bahasa – bahasa yang belum kita kuasai. Mau itu bahasa dari negara lain seperti bahasa Inggris, bahasa Perancis, bahasa Korea, bahasa Jepang maupun bahasa daerah kita seperti bahasa Minang, bahasa Jawa, bahasa Bali, bahasa Manado, ataupun bahasa daerah Papua.

16. Belajar Mengambil Keputusan

Karena banyak jalan menuju Roma, traveler musti pinter – pinter menentukan jalan mana yang harus ditempuh kan?!

17. Belajar Mandiri

Hidup mandiri via sensoril.com

Traveling bukanlah kegiatan yang pas jika kamu ingin bermanja – manja ria. Namun traveling merupakan kegiatan yang pas untuk melatihmu untuk lebih mandiri, karena kamu harus bisa melakukan apa – apa sendiri dan tidak bergantung pada orang lain.

18. Belajar Mecahin Masalah

Belajar memecahkan masalah via www.holstgroup.co.uk

Traveling tidak selalu mulus lho! Dalam traveling bisa banyak hal terjadi seperti mobil yang kamu gunain mogok di tengah jalan, kamu enggak dapet tiket kereta, obyek wisata yang kamu tuju tutup, kamu sakit perut, kamu laper, kamu kangen pacar #eh, lanjuut.

19. Belajar Bertanggung Jawab

Tanggung jawab via www.addeen.my

Traveling akan memupuk rasa tanggung jawab, bukan tanggung jawab yang besar dulu sih memang, tapi setidaknya kamu akan mencoba bertanggung jawab pada dirimu sendiri. Contohnya nih, kalau kamu touring naik kendaraan bermotor, kamu pasti jadi lebih peka pada peraturan lalu lintas. Gak mungkin kan kamu touring seenak udelmu dan membahayakan nyawa orang lain?

20. Bekerja (?!)

Traveling sambil bekerja atau bekerja sambil traveling?

Siapa yang sangka kegiatan traveling yang menyenangkan ini juga dapat menghasilkan pendapatan untuk kita? Menjadi travel writer mungkin adalah pekerjaan impian bagi para traveler! Traveling sambil bekerja atau bekerja sambil traveling? Yang mana aja pasti asyik!

21. Belajar Mengenali Indonesia

Kenali Indonesia via 2.bp.blogspot.com

Siapa sih yang engga jatuh cinta pada keindahan negeri kita?! Dan katanya sih, semakin sering kamu traveling ke daerah – daerah di Indonesia, kamu bakal makin jatuh hati sama negeri luar biasa ini! Nggak percaya? Yuk jelajah Indonesia?!

22. Belajar PD

Percaya pada diri sendiri via 4.bp.blogspot.com

Berinteraksi dengan orang – orang baru yang ada di obyek wisata baik itu sesama pelancong, para penjual, ataupun masyarakat sekitar tentu bakal perlu percaya dirimu. Apalagi jika kamu mau traveling ke puncak gunung, percaya diri untuk bisa nyampe puncak mutlak harus kamu miliki.

23. Ingin Mendekatkan Diri Pada Sang Khalik

Mendekatkan diri pada Tuhan via algristian.files.wordpress.com

Bumi dan seisinya tentu ada penciptanya kan?! Nah, dengan traveling kamu bisa menikmati keindahan – keindahan alam dan seisinya yang diberikan Tuhan padamu.

Tak hanya menikmati keindahan alam, traveling juga bisa bikin kamu lebih bersyukur lho! Bersyukur udah dilahirin di Indonesia, bersyukur masih sehat, bersyukur bisa nakhlukin gunung, dan banyak banyak banyak hal lain lagi pastinya.

24. Mengejar Cita – Cita

Keindahan alam via 3.bp.blogspot.com

Ada teman saya yang menjadikan traveling ke sebuah tempat sebagai cita – citanya, saat cita – citanya tercapai dia merasa sangat senang dan akan mencari cita – cita yang baru. Dia pernah berkata pada saya bahwa dia tidak ketakutan untuk kehabisan cita – cita, karena dia tidak akan pernah kehabisan tempat untuk dituju.

25. Tapi Apapun Alasanmu, Pada Akhirnya Kamu Akan Menyadari Traveling Selalu Membuatmu Menjadi Orang Yang Lebih Baik

Enggak percaya dengan alasan ini? Baca lagi alasan – alasan sebelumnya, dan katakan apa pendapatmu? Di bawah adalah berbagai qoutes tentang traveling yang akan membuatmu bertambah yakin jika traveling itu baik untukmu dan untuk hidupmu.

Karena travel adalah kehidupan itu sendiri via cheapskatechronicles.files.wordpress.com

Suatu saat aku menyadari cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan traveling via 1.bp.blogspot.com

Saat virus traveling menyerang, aku tak butuh penawar karena aku tahu sepanjang hidupku aku akan terinfeksi dengan bahagia via 1.bp.blogspot.com

Traveling akan merubah hidupmu via 2.bp.blogspot.com

So, kamu udah nemu alasanmu buat traveling belum?