Old soul. Frasa dalam bahasa Inggris ini menggambarkan anak muda yang kedewasaannya berkali-kali lipat dari umurnya yang sebenarnya. Selain itu, mereka yang old soul seringkali menyukai segala karya yang berasal dari era sebelum mereka dilahirkan, entah itu film, musik, atau buku.

Old soul adalah “kaum” yang unik karena tak banyak anak muda yang berpikir sedewasa mereka. Anak-anak ini sangat suka mendalami berbagai pengetahuan, mengetahui lebih banyak hal.  Salah satu cara mereka untuk belajar adalah dengan melakukan perjalanan.

Advertisement

Kamukah salah satu old soul yang selalu ingin melihat sisi-sisi indah dunia? Tidakkah kamu penasaran mengapa hasratmu untuk bertualang seolah tak ada habisnya?

Jika kamu ingin tahu kenapa selalu ada keinginan untuk pergi melihat dunia dari hatimu, mungkin hal-hal di bawah ini bisa menjelaskannya:

1. Para old soul punya selera berbeda dari kebanyakan anak muda. Jika teman-temannya puas hanya dengan makan dan karaoke di mall, kamu ingin tersentuh melihat indahnya dunia

cara pandang berbeda

cara pandang berbeda via yayasanlupusindonesia.org

Selera seorang old soul membuatnya unik dan berbeda. Kamu adalah anak muda yang memiliki ‘aliran’ tersendiri, menyukai sesuatu karena kedalaman pikiranmu dan apresiasimu pada keindahan — entah dalam bentuk seni atau keindahan alam.

Advertisement

Ketika anak muda lainnya lebih memilih mengalokasikan uangnya untuk membeli gadget terbaru, kamu lebih suka membongkar tabungan untuk melakukan perjalanan. Pergi menjamahi pulau-pulau terluar yang harus dijangkau dengan segala pengorbanan terasa lebih menantang daripada sekedar jalan di mall seharian.

Bagimu membeli baju baru tidaklah semenarik bila kamu berhasil menantang diri menjamahi keindahan puncak Rinjani. Meski harus mendaki gunung hingga kelelahan, tidur di tenda dan kedinginan, serta menghabiskan banyak uang, ada kepuasan sendiri ketika kamu melakukan perjalanan. Mungkin karena dengan ini, kamu bisa menyaksikan keindahan yang tak ada di rak-rak supermarket mal dan bilik-bilik karaoke.

2. Mereka yang berjiwa “tua” ingin selalu lebih banyak tahu. Perjalanan tak dilakukan hanya untuk bersenang-senang, namun juga untuk tumbuh setingkat lebih pintar

hasrat belajar terpuaskan

hasrat belajar terpuaskan via www.google.co.id

Sebuah perjalanan tidak hanya dapat dilihat sebagai salah satu cara bersenang-senang. Dengan perjalanan, kamu dapat mempelajari banyak hal baru yang tak bisa kamu dapatkan hanya dengan membaca atau berdiskusi. Ia juga akan memberikanmu kesempatan melihat sesuatu lebih dekat dan akurat. Kesempatan inilah yang membuat orang berjiwa tua juga senang melakukan petualangan.

Orang dengan old soul selalu menyenangi kesempatan belajar yang bisa mereka lakukan pada setiap vakansi. Misalnya saja kalau mereka penasaran dengan kehidupan masyarakat Suku Baduy, daripada hanya membacanya dari buku-buku, memilih untuk melakukan perjalanan dan melihat secara langsung akan lebih disukai.

Dengan perjalanan ke sana mereka bisa mengetahui secara dekat seperti apa sih kehidupan yang dijalani oleh masyarakat pedalaman. Mereka dapat mengetahui secara detail cara mereka berinteraksi dengan orang sekitar, bagaimana Suku Baduy Dalam bertahan tanpa terkontaminasi dengan pengaruh luar, serta kehidupan sehari-hari yang mereka lakukan.

3. Petualangan adalah cara cepat untuk menjadi lebih dewasa. Dengan melakukannya, para old soul ingin mengingatkan diri bahwa mereka bukan orang “paling spesial” di dunia

mendewasakan diri

mendewasakan diri via www.google.co.id

Para old soul adalah orang yang dewasa. Orang yang dewasa selalu tertarik untuk belajar pada kehidupan orang lain, tak hanya terus-terusan memikirkan dirinya. Mereka tahu mereka bukanlah orang “paling spesial” di dunia.

Mungkin bagi orang lain pembicaraan dengan orang asing di angkutan umum bukanlah hal penting yang perlu dipikirkan. Namun bagimu yang old soul, mengobrol dengan orang baru selalu menarik untuk dilakukan. Melaluinya kamu merasa yakin dapat mengambil sesuatu. Karena kamu yakin, semua orang punya cerita yang membuat mereka manusia luar biasa.

Pengalaman adalah sesuatu yang kamu cari sepanjang hidupmu. Berusaha mempertajam pengetahuan dari setiap petualangan menjadi cara belajar yang kamu terapkan. Ada nilai-nilai positif yang bisa kamu temui dalam setiap perjalanan.

4. Old soul tak ingin terkungkung dalam satu tempat saja. Ia pun ingin bertemu banyak orang dan membagi pada mereka apa yang selama ini telah dipelajarinya

dapat ilmu

untuk ditularkan pada orang lain via www.google.co.id

Salah satu syarat untuk berani melakukan pelesiran adalah berani keluar dari zona nyamanmu. Tanpa modal ini, dijamin deh kamu tidak akan berani pergi keluar dari tempat yang saat ini menjadi tempat tinggalmu. Biasanya karena rasa khawatir yang besar dan takut dengan resiko di jalan, membuat orang-orang seperti lebih senang mengurungkan niat petualangan.

Bagi seorang yang memiliki jiwa dewasa keluar dari zona nyaman bukanlah yang menakutkan. Justru inilah cara mereka untuk bertemu sebanyak-banyaknya manusia. Tak hanya untuk belajar dari mereka, namun juga demi berbagi apa yang selama ini mereka punya dalam diri. Para old soul memang tak hanya mudah terinspirasi. Mereka juga pribadi yang begitu menginspirasi. Bayangkan saja: dengan kecerdasan, kedewasaan, dan kerendahan hati yang mereka miliki, siapa yang tak tersihir saat menjadikan mereka teman diskusi?

Apakah kamu termasuk mereka yang old soul? Jika iya, apa yang selama ini mendorongmu untuk melakukan perjalanan melihat indahnya dunia?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya