Bagi kamu pecinta film yang bertema hantu-hantu, kamu pasti sudah hafal dengan berbagai setan yang muncul di layar lebar produksi Hollywood. Kamu pun tentu sudah tahu betul karakteristik setan-setan yang ada di tanah Indonesia. Kira-kira menurut kamu mana yang lebih seram?

Nah, kalau menurut Hipwee sih, setan lokal jauh lebih menyeramkan dari setan luar. Nggak percaya? Hal-hal di bawah ini bisa jadi bukti konkret bahwa setan lokal bisa jadi panutan bagi setan luar!

1. Secara tampang, setan lokal jelas jauh lebih seram. Beda jauh dengan setan luar yang ganteng dan cantik!

Ya kalo setannya gini mah~ via www-keyword-suggestions-com

Oke, pada dasarnya hal pertama yang menentukan setan tersebut layak disebut seram atau tidak, bisa dilihat dari tampang. Setan Indonesia mah jelas. Pocong, kuntilanak hingga genderuwo dan setan lain di Indonesia punya tampang pucat dan nggak jelas yang sangat menyeramkan. Hal itu bertolak belakang dengan setan produksi Hollywood sana. Mereka memasang tampang cakep Robert Pattinson sebagai vampire. Kalau gitu boro-boro takut, yang ada malah banyak yang ngefans dan pingin digigit. *eh

2. Tak bisa dipungkiri lagi, penampilan hantu Indonesia lebih realistis. Sementara hantu barat kesannya lebih modis!

Serem kan… via jakarta.coconuts.co

Advertisement

Urusan penampilan antara setan lokal dan setan luar jelas berbeda. Kalau setan Indonesia, penampilannya lebih rapi dan modis. Mengenakan jaket kulit hingga setelan jas rapi jadi andalan mereka untuk menakuti mangsanya. Singkat kata, mereka keren abis! Layak lah jadi model.

Berbeda jauh dari setan luar, setan-setan lokal Indonesia punya penampilan yang lebih realistis. Pakaian sekenanya (umumnya sih putih polos dan compang-camping) ditambah dengan penampilan kotor membuat setan lokal lebih menyeramkan dari setan luar.

3. Tingkah setan luar pun biasa, banyak dari mereka yang hidup bareng manusia. Setan lokal? hobinya nakut-nakutin orang

Bahkan bisa sekolah~ via whattheflicka.com

Dilihat dari segi tingkahnya, setan luar ternyata lebih toleran terhadap manusia. Banyak diantara mereka yang juga turut hidup berdampingan bersama manusia. Simbiosis mutualisme, katanya. Mereka belajar dan bahkan pacaran juga dengan penduduk lokal yang mereka temui. Sementara setan lokal, jangankan mau berbaur dengan masyarakat sekitar, mereka malah menakuti orang yang melihat mereka. Namun, jika dilihat dari fungsinya, setan lokal jelas lebih cocok jadi panutan dong. Mereka konsisten sebagai setan! Salut buat setan lokal yang tak tergoda masuk ke kehidupan manusia yang fana.

4. Varian setan juga Indonesia punya lebih banyak daripada setan luar. Urusan seremnya, nggak perlu ditanya…

Ada mbak Kunti via www.kompasiana.com

Jika menilik varian setan yang ada, mungkin bisa dibilang varian setan yang ada di Indonesia jauh lebih beragam dibanding setan mancanegara. Nggak cuma WNI saja yang menjunjung “Bhineka Tunggal Ika”, setan lokal pun sama. Ada pocong, kuntilanak, genderuwo, tuyul hingga suster ngesot dan jailangkung yang siap bersatu padu menghantui warga Indonesia. Jelas beda dengan setan luar yang cenderung bekerja sendiri pada wilayahnya sendiri-sendiri~

5. Jika setan luar hanya bisa menakuti dan menyakiti manusia, setan lokal jauh lebih kreatif~

Tugasnya nyari duit… Hehe via hikmahnuralam.blogspot.com

Oke, setelah melihat film-film luar yang memunculkan setan di dalamnya, tentu kamu sadar satu pola khusus yang pasti ada di dalam setiap film tersebut. Setan luar selalu terlihat dan terkesan menakuti orang, seakan itu adalah satu-satunya tugas mereka.

Berbeda dengan setan luar, setan Indonesia jauh lebih kreatif. Ada yang tugasnya mencuri uang, ada yang tugasnya jagain rumah, ada juga yang tugasnya melindungi seseorang. Kaya tuyul kan gitu, kerjanya nyuri uang. Lebih variatif. Keren, kan?

6. Puncaknya, setan di Indonesia juga lebih serem karena bisa melahirkan. Setan luar mah apa…

Nah loh! via dont.im

Nah, ini adalah puncaknya. Bagi setan luar negeri, saat mereka harus berkembang biak, mereka harus menggigit dan meracuni korbannya. Sementara setan lokal, ada loh itu yang sampai bisa melahirkan. Nggak percaya? Coba deh tonton aja filmnya yang konon katanya berasal dari kisah nyata. Iya, KISAH NYATA! Ajaib nggak tuh setannya bisa beranak.
Nah, bukti-bukti diatas sudah valid untuk menguatkan anggapan bahwa setan lokal Indonesia jauh lebih seram daripada setan luar. Yah, meski ada yang nggak setuju, tapi sebagai warga negara Indonesia kamu tentu harus mendukung barang lokal, dong. Hehehe :p