Thailand adalah negara yang cukup dekat dengan Indonesia dan belakangan jadi negara favorit untuk dikunjungi saat butuh melarikan diri di akhir pekan. Selain budget-nya nggak terlalu mahal, wisata Thailand juga juara. Salah satunya adalah kota Phuket yang punya destinasi wisata paket komplit. Kapan lagi coba bisa berenang di laut yang airnya super bening sampai ikan-ikan kelihatan di sekeliling kita?

Nah biar jalan-jalan ke Phuket, Thailand, di akhir pekan terencana dengan baik dan hemat dompet, simak enam plan liburan asyik dan irit di Thailand berikut ini. Budget-nya pun cukup 2jutaan saja ~

1. Cari penerbangan yang waktunya fleksibel

Cari maskapai yang jadwalnya fleksibel via www.istockphoto.com

Sudah jadi rahasia umum kalau mau jalan-jalan dengan harga tiket murah, yaitu cari dari jauh-jauh hari. Kalau bisa sekitar 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Kamu juga bisa manfaatkan berbagai promo yang ada di tiap maskapai. Biasanya tiap maskapai berikan promo-promo menarik lo. Karena rencana ke Phuket, Thailand, akhir pekan, kamu bisa coba berangkat Jumat malam atau Sabtu dini hari. Misalnya pakai AirAsia yang punya jadwal penerbangan langsung dari Jakarta ke Phuket di akhir Jumat malam. Lebih hemat waktu ‘kan?

2. Menginap di hotel yang nyempil, tapi artsy

selektif cari penginapan via www.istockphoto.com

Selanjutnya yang perlu dipikirkan yaitu tempat menginap. Walau kamu berada di Thailand saat akhir pekan saja, tentunya kamu pengen maksimalkan momen liburan sejenak di sana sambil foto-foto dong. karena itu, kamu bisa pilih menginap di hotel yang nyempil, tapi artsy dengan harga miring. Misalnya, di daerah Phuket Town yang transportasinya gampang, sehingga memudahkanmu mau ke mana-mana, harganya pun murah meriah. Atau buat kamu yang pengen langsung menikmati area pantai di penginapan, daerah Patong Beach bisa jadi alternatif. Meski di Patong Beach merupakan area yang paling ramai di Phuket, fasilitas di sana adalah yang paling komplit, pilihan penginapannya pun beragam.

3. Berburu kuliner rakyat di Banzaan Market

nikmati kuliner rakyat via www.istockphoto.com

Siapa sangka kalau di Phuket, Thailand, mudah sekali menemukan makanan halal? Rata-rata penjual makanannya adalah Muslim, jadi kamu tinggal tanyakan saja apakah mengandung babi atau nggak. Nah, salah satu pusat kulineran yang kamu dapat nikmati yaitu di Banzaan Market. Apalagi saat malam hari, kamu bisa pilih menu makan malam dari seafood yang masih mentah sendiri, lalu minta dimasak oleh penjualnya di Banzaan Market deh. Bukan cuma makanan saja, tapi Banzaan Market juga “menjual” suasana yang asik. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat Banzaan Market menjadi salah satu tempat wisata kuliner paling ramai di Phuket.

4. Mampir ke Wat Chalong untuk melihat bangunan relijus bersejarah

Pagoda di Wet Chalong via www.istockphoto.com

Sudah di Thailand, pastinya sayang banget kalau nggak mampir ke kuil. Salah satunya adalah Wat Chalong yang merupakan salah satu kuil tertua dan utama di Phuket. Di sini kamu bisa melihat bangunan kuil dengan corak yang khas, yaitu ukiran-ukiran unik dan warna keemasan. Di sini kamu juga bisa mendengar musik tradisional Thailand lo. Pokoknya kalau kamu ingin melihat-lihat bangunan bersejarah yang memanjakan mata, di sini lah tempatnya. Apalagi Wat Chalong juga nggak jauh dari bandara lo. Dari sana kamu bisa ke Big Buddha dan Pagoda Jadi bisa hemat waktu deh.

5. Main-main ke Karon Beach

Jadi anak pantai di Karon Beach via www.istockphoto.com

Phuket itu daerahnya mirip-mirip Bali. Punya banyak pantai cantik dan indah yang sayang kalau dilewatkan. Alam-alam liar di sana pun masih sangat terjaga, sehingga bikin kamu pengen balik melulu deh ke sana. Selama di Karon Beach misalnya, kamu bebas mau ngapain saja, semisal berenang atau cuma menikmati suasana Karon Beach seharian sambil menunggu senja. Tuh, me time seru sambil menikmati akhir pekan yang irit budget ya!

6. Berwisata menikmati bangunan tua yang warna-warni di Old Phuket Town

jalan-jalan romantis di Old Town via www.istockphoto.com

Buat kamu yang pengen nikmati suasana kota tua di Phuket, kamu bisa mampir ke Old Phuket Town. Lokasinya sekitar 30 menit dari Patong Beach. Di sana terdapat bangunan-bangunan tua yang berwarna-warni, jadi siapkan outfit of the day-mu yang kece dan kamera ponsel, biar tinggal unggah ke Instagram. Kalau kamu ke sana saat malam hari, suasananya pun makin syahdu dan vintage karena ada tambahan lampu-lampu yang membuat area Old Phuket Town tambah cantik saja.

Phuket cocok banget nih buat destinasi akhir pekanmu untuk sejenak melarikan diri dari penatnya pekerjaan. Selain lokasinya nggak jauh-jauh amat, destinasi wisatanya juara pula. Yang Hipwee sebutin tadi cuma beberapa lo, masih banyak destinasi lain yang nggak kalah kerennya. Salah satunya adalah Phang Nga Bay yang nggak akan tuntas kamu jelajaji satu hari. Apalagi sekarang AirAsia punya rute langsung dari Jakarta ke Phuket dengan jadwal yang super asyik.

AirAsia terbang dari Soekarno Hatta (CGK) – Phuket Intenational Airport (HKT) 3x seminggu dengan jadwal pukul 01.25 – 04.55 pada hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Sebaliknya dari HKT – CGK AirAsia terbang pukul 21.50 – 01.00 pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Selama akhir pekan, kamu bisa menjelajahi sisi lain Thailand. Budayanya yang seru buat dieksplor, makanan dan wisatanya yang nggak kalah bikin mupeng, pasti bakal bikin akhir pekanmu beda deh. Selengkapnya cek di sini ya. Bareng AirAsia, liburan ke Phuket jadi semakin gampang~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya