Akhir dari 2017 tinggal menghitung hari. Destinasi liburan harus kamu tentukan agar momen pergantian tahunmu berkesan dan tidak membosankan lagi. Ada banyak tentunya tempat wisata yang bisa didatangi akhir tahun ini. Namun, banyak tempat wisata yang biasanya ramai diserbu pengunjung ketika pergantian tahun. Rencana melewatkan liburan menyenangkan sekaligus foto-foto menawan pun harus buyar, karena destinasi yang didatangi terlalu  penuh oleh pengunjung.

Nah, Hipwee dan Angkasa Pura Airports ingin memberikan rekomendasi destinasi liburan untuk akhir tahun yang antimainstream dan cocok buat akhir tahunmu nanti. Mungkin kamu akan jarang menemukan nama wisata populer di sini. Tapi jangan salah, deretan destinasi ini pun tak kalah indah. Dan yang paling penting, kamu bisa menambah foto-foto kece biar feeds Instagram kamu makin berkesan dan jauh dari kata pasaran.

Advertisement

Yuk simak 7 destinasi pilihan berikut!

1. Main ke Papua jangan lupa mampir ke Kolam Biru Samares di Biak. Dijamin kamu betah berlama di sana

Doc. Angkasa Pura I

Tahukah kamu? Di Biak, Papua, terdapat wisata alam tersembunyi. Namanya Kolam Biru Samares. Kalau kamu pengen menyaksikan pemandangan yang fresh, kamu wajib ke sana. Perjalanannya memakan waktu sekitar 40 menit dari Bandara Frans Kaisiepo, Biak. Suguhan pemandangan kolam alami yang berwarna biru jernih di sana pasti bikin kamu betah berlama-lama di sana. Bayangin deh di feeds Instagrammu nampang foto cantik pemadangan Kolam Biru Samares ini, dijamin bakal banyak likes yang kamu dapatkan.

Capek setelah penerbangan? Tenang, istirahat sebentar di Bandara Frans Kaisiepo. Ada Internet Corner, Photo Booth dan Orchard Garden yang siap memanjakanmu sebentar.

2. Alih-alih pasir, di Pantai Kolbano kamu akan disambut hamparan batu beragam warna dan ukuran. Unik!

Doc. Angkasa Pura I

Advertisement

Kalau kamu berencana menghabiskan liburan akhir tahun di Nusa Tenggara Timur, coba deh kunjungi Pantai Kolbano di Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sangat pas bila dijadikan destinasi liburan keluarga. Di sini kamu akan menemukan hamparan batu yang beragam. Kamu yang suka mengoleksi batu akik, mungkin bisa menemukan bahan di sini. Hehe

Dari Bandara El Tari Kupang, kamu harus menempuh 3 jam perjalanan lagi. Namun mengajak anak-anak pun tak akan susah, karena Bandara El Tari punya fasilitas Kidz Zone yang ramah dan seru untuk rehat sejenak.

3. Mau liburan ke Lombok tapi yang sepi? Gili Kondo cocok kamu jadikan destinasi

Gili Kondo via www.instagram.com

Nah, kalau kamu sudah sampai Lombok, ada baiknya kamu mampir juga ke Gili Kondo yang terletak di Kabupaten Lombok Timur. Seperti gili lainnya, Gili Kondo juga berada terpisah dengan Lombok. Sesampainya Bandara Internasional Lombok, coba deh istirahat dulu dan menikmati fasilitas di sana. Ada Internet Corner yang bisa kamu manfaatkan untuk mengupload foto pertama liburan.

Setelah itu kamu bisa naik kendaraan umum DAMRI sampai Selong lalu berganti kendaraan umum ke pelabuhan Gili Lampu. Dari sana ada kapal yang akan mengantar ke Gili Kondo. Jangan ditanya keindahannya, buktikan sendiri saja dan kunjungi pulau ‘pribadi’ ini.

4. Anak pantai harus datang ke Pantai Ngurtafur di Maluku. Pasir timbul di tengah laut sudah menunggumu

Pasir timbul bukan hal yang baru di Indonesia. Tapi di Pantai Ngurtafur, Kepulauan Kei, Maluku, punya keistimewaan yang paripurna. Pasir timbulnya menjorok ke tengah laut sepanjang 2 km! Wow, indah sekali ya. Untuk mencapainya, kamu harus terlebih dulu terbang ke Bandara Internasional Pattimura, Ambon sebelum melanjutkan perjalanan ke Tual dan ke Pantai Ngurtafur dengan kapal selama 1-1,5 jam atau dengan pesawat ke Langgur. Cukup jauh memang. Tapi untuk pengalaman tak terlupakan, kenapa tidak?

5. Bosan dengan destinasi itu-itu saja di Yogyakarta, coba main ke Merapi Park. Destinasi baru berisi landmark kota-kota besar di dunia

Merapi Park via www.instagram.com

Nama lengkap tempat ini adalah The World Landmark Merapi Park. Destinasi kekinian yang masih baru ini menyediakan berbagai landmark top dunia sebagai fasilitas bagi pengunjungnya berfoto selfie. Ada Menara Eiffel, Museum Louvre, Menara Pisa, hingga kincir angin Belanda yang bisa kamu “ajak” foto bersama.

Dari Bandara Internasional Adisucipto, Jogja, tempat wisata ini cuma berjarak sekitar 25 km. Jadi kamu bisa naik motor saja. Sambil menunggu kendaraan yang akan mengantarkanmu ke sana, istirahat sejenak di Bandara.  Suguhan live music tradisional di Bandara akan membuatmu benar-benar yakin sudah tiba di Yogyakarta!

6. Hutan Pinus Kragilan di Magelang, Jawa Tengah cocok banget jadi destinasi liburan akhir tahun kamu yang luar biasa

Kragilan by Angga Setio Aji via www.123rf.com

Wisata kekinian di Magelang ini sebaiknya tidak kamu lewatkan. Hutan pinus menghijau dengan spot-spot foto menarik ini cocok banget buat akhir tahun kamu. Tak perlu bingung bagaimana untuk sampai ke sana. Dari Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta, kamu kamu bisa sewa motor atau mobil dan menuju ke Magelang (arah barat laut) sejauh 40 km.

7. Jika ke Bali, datanglah ke Nusa Penida. Sepi dan nyaman berwisata di sana

Kelingking Beach via www.123rf.com

Pulau Nusa Penida di sebelah tenggara Bali memang destinasi idaman para wisatawan yang butuh ketenangan. Di pulau ini banyak tersedia destinasi yang indah dan murah meriah. Maklum, pulau ini masih belum terlalu berkembang sehingga masih relatif sepi. Coba deh cicipi Kelingking Beach atau Angel Billabong yang berupa kolam renang alami di atas karang lautan.

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, kamu harus menuju ke Pelabuhan Sanur dan naik kapal cepat menuju Nusa Penida. Sebelum ke mana-mana, isi ulang dulu smartphonemu supaya nanti nggak kehabisan daya saat mau foto-foto. Manfaatkan Charger Corner di Bandara International Ngurah Rai. Sambil foto-foto dengan Mural Art boleh juga lho.

Semua lokasi wisata tersebut bisa dijangkau dengan mudah dari bandara-bandara daerah yang dikelola oleh Angkasa Pura Airports. Tak hanya itu, demi kenyamanan para wisatawan dan masyarakat, Angkasa Pura Airports menyiapkan Contact Center Bandara 172 sebagai wadah untuk mencari informasi sekaligus menyampaikan keluhan bagi seluruh pengguna layanan bandara. Beroperasi 24 jam, Contact Center Bandara 172 dapat kamu hubungi melalui nomor telepon 172, e-mail cc172@ap1.co.id, Twitter dan Facebook @angkasapura172. Selengkapnya bisa kamu cek di sini ya.

Nah, itu dia 7 destinasi kekinian yang nggak terlalu populer dan cocok buat liburan akhir tahun kamu. Pilih yang mana nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya