7 Fenomena Alam yang Terjadi di Australia. Cantik dan Keren Banget, Fix Jadi Destinasi Liburan Berikutnya~

Fenomena alam cantik di Australia

Siapa yang pas #dirumahaja langsung buka album foto di handphone atau laptop, terus throwback foto-foto kenangan liburan? Salah satu hal yang dikangenin saat ini adalah traveling ke destinasi impian. Buat mengobati rindu traveling, kita cuma bisa lihat-lihat foto liburan lama untuk dikenang kembali.

Kalau udah bosan, lihat foto-foto keindahan wisata di luar negeri via internet pun dilakukan. Kegiatan kayak gini berfaedah juga sih buntuk membuat rencana liburan setelah pandemi usai. Buat kamu yang suka banget liat foto keindahan alam, udah liat foto fenomena alam di Australia ini belum? Coba deh cek, dijamin bikin pengen langsung liburan!

1. Aurora Australis dan star gazing di Tasmania

Aurora Australis, Freycinet, Tasmania – Photo via Instagram @tasmania via www.instagram.com

Berkesempatan melihat taburan bintang di langit mungkin menjadi salah satu pengalaman paling indah dalam sejarah liburanmu. Kalau kamu mau berburu aurora, cobalah ke Tasmania untuk melihat indahnya aurora Australis. Ada beberapa spot di Tasmania yang bisa kamu pilih seperti Cradle Mountain-Lake St Clair National Park. Tasmania juga menjadi tempat terbaik untuk star gazing alias melihat hamparan bintang yang indah. Soalnya, tempat ini menawarkan udara terbersih di dunia dan dilengkapi sedikit dengan cahata buatan.

Untuk mencapai Cradle Mountain, kamu bisa melakukan dua jam perjalanan dari Launceston, salah satu tempat terbaik untuk melihat Southern Cross yang hanya bisa dilihat di belahan bumi selatan. Bahkan terkadang kamu bisa melihat Aurora Australis yang menerangi langit dengan gradasi warna hijau, biru, ungu, dan merah muda. Kamu juga bisa mengunjungi Pulau Bruny untuk melihat hamparan bintang indah. Cukup melakukan perjalanan 30 menit dari Hobart menggunakan mobil. Pemandangannya magis!

2. Jejak kaki dinosaurus terbesar terlihat di Broome

Jejak kaki dinosaurus di Gantheaume Point – Photo via Instagram @westernaustralia via www.instagram.com

Pencinta binatang purba yang ada di film Jurassic Park, wajib banget jalan-jalan ke Broome, Australia Barat. Faktanya, di sebelah utara Broome telah ditemukan fosil jejak kaki dinosaurus terbesar! Dengan panjang 1,7 meter, jejak kaki fosil dinosaurus ini berusia 130 juta tahun ini terbentang hingga 80 km di sepanjang pantai. Kamu bisa mengamati jejak kaki dinosaurus dari Gantheaume Point, tebing batu pasir merah datar yang menjadi spot terbaik tempat ini.

3. The Fairy Pools di Queensland

Kolam pasang surut alami, The Fairy Pools (Foto: dok. Australia Tourism)

Fenomena alam yang satu ini bisa kamu temui di dalam Noosa National Park, Sunshine Coast Queensland. The Fairy Pools merupakan kolam pasang surut alami yang dikelilingi oleh batuan basal yang gelap dan dramatis. Uniknya, kolam ini menyimpan berbagai jenis karang dan bunga karang yang dapat terlihat saat air surut. Menawan banget deh pemandangannya! Kamu bisa mencapai Noosa National Park dengan berkendara selama dua jam dari Brisbane. Untuk melihat fenomena alam ini, coba berjalanlah di sepanjang Coastal Track melewati Noosa National Park.

4. Hutt Lagon alias Pink Lake, Western Australia

Hutt Lagoon (Foto: dok. Tourism Western Australia)

Australia punya beberapa danau berwarna pink yang cantik dan instagrammable banget. Indahnya danau pink ini bisa kamu temukan di Hutt Lagoon atau Pink Lake di Australia Barat. Danau pink ini lebih terkenal dari danau lainnya karena memperlihatkan warna pink yang begitu nyata, bahkan terkadang berubah warna menjadi merah hingga ungu. Berlokasi di Coral Coast, kamu bisa datang ke Hutt Lagoon saat pagi hari atau sunset karena saat itu danau ini akan memamerkan warna terbaiknya!

5. Migrasi cumi raksasa di Eyre Peninsula

Penampakan cumi raksasa (Foto: dok. Carl Charter)

Penampakan cumi-cumi raksasa ini ditemukan di perairan Teluk Spencer. Menjadi fenomena alam paling spektakuler di Australia, spot ini pun jadi buruan banyak wisatawan. Perairan Australia Selatan ini memang menjadi tempat satu-satunya di dunia di mana cumi-cumi raksasa bermigrasi setiap tahunnya. Pada bulan Juni sampai Juli, kamu bisa snorkeling untuk berenang bersama cumi raksasa di Stony Point.

6. Twelve Apostles, Great Ocean Road

Pemandangan batuan kuno di pesisir pantai (Foto: dok. Australia Tourism)

Kalau kamu suka road trip, jangan lewatkan pengalaman berkendara di sepanjang pesisir barat daya Victoria. Kamu bisa melintasi salah satu jalur pesisir yang punya panorama paling indah di dunia. Pesisir ini menawarkan indahnya Twelve Apostles, tumpukan batu kapur terjal yang berdiri megah dari Southern Ocean. Makin cantik kalau kamu melihat pemandangan ini dari helikopter. Soalnya kamu bisa melihat deretan Bay of Islands, London Bridge, atau Shipwreck Coast secara keseluruhan hingga ke mercusuar tertua Australia di Cape Otway. Untuk mencapai pesisir ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 3 jam berkendara dari Melbourne.

7. Dark Sky Park, New South Wales

Pemandangan bintang spektakuler di Dark Sky Park (Foto: dok. Australia Tourism)

Pencinta langit bertaburan bintang nggak boleh kelewatan destinasi yang satu ini. Berkendaralah enam jam dari Sydney menuju Warrumbungle National Park. Di taman ini, kamu bisa berkunjung ke Dark Sky Park yang merupakan taman terkenal untuk melihat bintang-bintang. Langit malam yang kamu lihat bakal sejernih kristal. Untuk melihat keindahan bintang tanpa bantuan alat, kamu perlu mematikan lampu yang ada di sekitarmu. Kalau tidak kelihatan bintangnya, kamu bisa kok berkunjung ke Warrumbungle Observatory untuk melihat langit malam sambil mengamati bintang dan planet melalui lima teleskop yang berbeda.

Cantik dan keren banget ya fenomena alam di Australia, jadi pengen buru-buru liburan. Masih banyak loh fenomena alam keren, destinasi wisata yang indah, kuliner lezat sampai atraksi yang seru di Australia. Dijamin bikin liburan kamu nggak terlupakan! Dapatkan inspirasi untuk bepergian ke Australia dan temui kegiatan fantastis hingga tempat untuk dikunjungi, dan banyak di situs resmi Tourism Australia.

Sudah siap berburu fenomena alam yang indah di Australia?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.