7 Gunung yang Telah Dibuka dengan Protokol New Normal. Pendaki Mau Mendaki ke Mana Nih?

Gunung Dibuka Kembali

Pendaki gunung di Indonesia mungkin sudah stress nggak bisa mendaki gunung sekian lama. Kalau biasanya paling tidak sebulan sekali sudah bisa mendaki, sekarang sudah setengah tahun nggak bisa ke mana-mana. Pasti rasanya gatel banget packing keril untuk dibawa mendaki. Namun karena pandemi belum usai, sebaiknya kamu tahan dulu ya.

Advertisement

Meski begitu, ternyata sudah ada beberapa gunung yang dibuka dengan protokol new normal. Kali ini Hipwee Travel bakal mengulas 7 gunung yang sudah dibuka untuk umum. Pendaki sudah boleh mendaki dengan ketentuan ketat ya. Jangan mendaki seperti dulu, tapi biasakan jaga jarak, pake buff dan masker, serta sering cuci tangan.

Gunung Papandayan jadi gunung yang paling awal dibuka. Gunung yang terletak di Garut ini sudah dibuka sejak 8 Juni lalu

gunung papandayan via www.instagram.com

Gunung Papandayan telah dibuka per 8 Juni 2020 dengan penerapan adaptasi kenormalan baru (AKB) atau new normal. Pastikan selalu gunakan masker dan patuhi protokol kesehatan yang diterapkan di Papandayan dengan disiplin

Gunung Cikuray juga baru saja dibuka pada tanggal 20 Juni lalu di beberapa pintu masuk pendakian

cikuray via jelajahgunung.com

Sebagian besar jalur pendakian Gunung Cikuray dibuka pada tanggal 20 Juni. Yaitu via Pemancar, via jalur Pamalayan, Bayongbong, dan Kiara Janggot dengan penerapan protokol kesehatan untuk adaptasi kenormalan baru atau ‘new normal’.

Gunung Lawu sedang ujicoba new normal untuk pendaki. Jika protokol berhasil diterapkan segera dibuka secara luas

gunung lawu via www.ayosemarang.com

Gunung Lawu via Candi Ceto dibuka terbatas mulai tanggal 21 Juni 2020 dibuka hingga 3 hari ke depan, dalam rangka uji coba pemberlakuan protokol new normal. Jika berjalan baik maka pembukaan secara penuh dapat dilakukan setelahnya. Untuk jalur pendakian Gunung Lawu lainnya masih tutup hingga saat ini sampai waktu yang belum ditentukan.

Gunung Marapi di Sumatra Barat sudah dibuka di awal bulan Juni lalu

Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat sudah dibuka per tanggal 7 Juni lalu. Hanya saja jalur yang dibuka hanya via jalur pendakian Koto Baru.

Gunung Guntur di Garut juga sudah mulai bisa kamu kunjungi di tanggal 12 Juni lalu

gunung guntur via www.traveloka.com

Jalur pendakian Gunung Guntur, Garut telah dibuka pada tanggal 12 Juni dengan memberlakukan protokol kesehatan ‘new normal’ atau adaptasi kebiasaan baru. Jangan lupa membawa masker, hand sanitizer, dan juga khusus yang camping bawa surat keterangan sehat ya.

Advertisement

Gunung Singgalang di Agam, Sumatra Barat juga bisa didaki kembali pada tanggal 10 Juni lalu

telaga dewi singgalang via www.gotonesia.id

Sementara di Jawa masih banyak yang ditutup, gunung-gunung di Sumatra mulai dibuka perlahan. Salah satunya gunung Singgalang yang terletak di Kabupaten Agam yang dibuka tanggal 10 Juni. Pasti udah kangen datang ke telaga dewi yang sangat indah itu bukan?

Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu juga sudah dibuka untuk pengunjung. Ini nih paling gampang didatangi dibanding gunung lainnya

gunung tangkuban parahu via www.suara.com

Terakhir, Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu yang terkenal dengan legenda Sangkuriang dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Akan dilakukan cek suhu tubuh, diwajibkan menggunakan masker, dan dianjurkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu di pintu masuk. Memang sih untuk ke sini nggak perlu mendaki karena gunung ini merupakan tempat wisata.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

Editor

Traveler Baper, Penghulu Kaum Jomblo

CLOSE