Apa kamu punya rencana untuk jalan-jalan ke Jepang? Jepang punya 4 musim dan di tiap musim Jepang punya sesuatu yang menarik. Seru deh kalo bisa jalan-jalan ke Jepang di musim yang berbeda. Kalau winter banyak salju, kalau spring bunga sakura bertebaran di mana-mana. Sementara summer cuaca sangat panas, sementara autumn bunga dan dedaunan berwarna kecoklatan nan indah.

Salah satu musim yang menarik untuk jalan-jalan di Jepang adalah winter atau musim dingin. Musim dingin bukan hal yang bisa kita dapatkan di Indonesia kan. Tapi ada beberapa alasan yang sebaiknya kamu perhatikan sebelum memutuskan jalan-jalan ke Jepang saat winter atau musim dingin. Simak ulasannya ya!

Saat winter, suhu di Jepang itu dingin banget. Yakin mau jalan-jalan dan kedinginan?

winter in jepang via www.anepiceducation.com

Advertisement

Suhu udara saat musim dingin di Jepang bisa mencapai minus untuk daerah-daerah tertentu. Tapi aku cuma mau berbagi pengalaman musim dinginku di destinasi Jepang populer; Tokyo, Osaka, dan Kyoto aja ya. Tiga tempat ini katanya punya suhu udara yang lebih bersahabat saat winter. Temperaturnya sekitar -3 sampai 7 derajat celcius.

Aku nggak kebayang deh gimana kalau suhunya lebih dingin dari itu. Di suhu -3 sampai 7 derajat Celcius aja rasanya aku udah membeku kedinginan sepanjang jalan-jalan. Jadi mager nggak sih kalau sedingin itu? Suhu ini harus kamu pertimbangkan, kalau emang nggak kuat dingin mending nggak usah.

Buat kamu yang males bawaan banyak, mau nggak mau bawaan kamu membengkak karena harus bawa baju tebal dan coat

Coat yang bikin barang bawaan tambah berat dan banyak via www.dinilint.com

Jalan-jalan ke Jepang saat winter tanpa membawa baju tebal dan coat adalah bunuh diri. Apalagi kalo kamu berencana baru akan beli coat di Jepang. Sebaiknya jangan beli di sana karena kamu harus sudah siap dengan baju hangat sesampai di sana.

Advertisement

Tapi emang sih, kalo pakai jaket atau baju hangat bikinan Jepang dengan yang dibeli di Indonesia itu beda banget. Entah kenapa kalo pake baju hangat yang dibeli di Jepang kok rasanya lebih hangat. Nah, bawa baju hangat bakal membuatmu harus mikirin untuk beli bagasi atau nggak. Baju tebal dan coat jelas menambah volume dan berat barang bawaan. Kalau backpacker bujet minim sih pasti jadi masalah juga ‘kan?

Jangan berharap foto OOTD, yang ada foto coat off the day. Nggak bisa ‘pamer’ outfit, hehehe

Foto OOTD pakai coat yang sama tiap hari via www.dinilint.com

Jangan berharap bisa foto dengan outfit yang beda-beda selama di Jepang. Ini aku ngomong sebagai orang normal yang kemungkinan cuma bawa 1 coat aja ya. Selama jalan-jalan di Jepang saat winter, pasti kita bakal pakai coat atau baju hangat. Nah, saat foto, tentu saja foto dengan coat yang kita pakai. Jangan mikir untuk membukanya demi foto bagus ya. Dingin banget. Belum lagi kalo ada angin super dingin yang tiba-tiba datang. Bisa mati beku ntar.

Jangan tertipu dengan cuaca cerah. Meski ada matahari tapi dingin ya tetep aja dingin.

Meski cuaca cerah saat winter, suhu udara tetep dingin banget via www.dinilint.com

Perkiraan cuaca di Jepang ini akurat banget. Tapi jangan salah paham dengan perkiraan cuaca cerah dengan gambar matahari saat jalan-jalan di Jepang ketika winter. Meskipun matahari cerah banget, tapi cuaca dingin banget. Aku pun sempat tertipu pas memutuskan untuk pakai coat yang lebih ringan. Ternyata aku kedinginan setengah mati dan mau nggak mau harus cari coat yang lebih tebal di toko. Budget membengkak deh.

Pulang malam saat winter di Jepang adalah sebuah aktivitas yang sangat tidak disarankan. Percaya deh!

Makin malam makin dingin via www.dinilint.com

Aku selalu pulang malam ketika travelling. Sayangnya hal ini jadi siksaan ketika jalan-jalan di Jepang saat winter. Dimana-mana yang namanya malam pasti suhu udaranya lebih dingin. Apalagi saat winter. Suhu udara saat siang hari aja udah dingin, apalagi kalau malam, dingin banget. Tapi ya gimana ya, namanya lagi jalan-jalan kan mesti di puas-puasin, akibatnya pulang malam, akibatnya lagi kedinginan deh.

Illumination yang cuma ada saat winter di Jepang sangat cantik dan bikin kerasa banget kalau lagi di luar negeri. Hehehe

Illumination cuma ada saat menjelang natal di Jepangj via www.dinilint.com

Jalan-jalan ke Jepang saat winter emang beda dengan musim-musim yang lain. Saat mendekati natal, kota-kota di Jepang berlomba-lomba untuk mempercantik diri dengan memasang illumintion. Illumination ini adalah kumpulan lampu-lampu cantik yang dibentuk menjadi beraneka ragam kreasi. Lampu-lampu ini bisa menjadi bunga-bungaan, jenis hewan, bahkan menjadi bangunan. Nah, yang istimewa begini cuma ada di Jepang saat winter.

Salju di Jepang cuma muncul saat winter. Meski kamu bakal kedinginan, foto-foto dengan ornamen salju di Jepang wajib hukumnya~

orang jepang kreatif emang via intojapan.co.uk

Sebagai anak tropis, bertemu salju itu seperti impian kan. Kalau beruntung, di Tokyo dan Osaka akan muncul salju saat winter. Berfoto di dekat tumpukan salju yang masih putih tentu saja jadi picnic goal. Hal begini cuma bisa didapat saat winter aja. Cobalah yang lebih seru, berfoto bersama salju yang telah dibentuk dengan berbagai rupa. Memang ya orang Jepang kreatif banget.

Winter yang dingin punya sejuta tantangan tapi juga banyak keseruan. Gimana, tetep mau jalan-jalan ke Jepang saat winter? It’s all up to you. Selamat berlibur ke Jepang!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya