Tahun 2017 segera berakhir dalam hitungan hari saja. Tahun ini bisa dikatakan banyak terjadi peristiwa-peristiwa yang unik di dunia penerbangan. Bukan, bukan terkait insiden kecelakaan atau hal-hal buruk seperti itu ya. Peristiwa unik ini adalah kejadian-kejadian yang terjadi di pesawat dan jarang terjadi sebelumnya. Hal ini sekaligus membuktikan bahwa makin banyak pengguna pesawat ya. Dan makin banyak pula kejadian lucu di atas sana.

Mau tahu 7+ peristiwa konyol di pesawat yang terjadi di tahun 2017. Yuk simak aja ulasannya di Hipwee Travel!

Masih ingatkah kamu dengan kejadian konyol di United Airlines pada 9 April lalu? Ya waktu itu terjadi overbooking dan seorang dokter mengalami kekerasaan karena menolak turun

Perlakuannya kasar banget! via www.asiancrush.com

Advertisement

Nasib apes harus dialami seorang dokter di pesawat United Airlines, 9 April 2017. Dikarenakan kursi pesawat overbooked, pesawat harus menurunkan 4 penumpang. Sayangnya tidak ada yang mau turun atas kesadaran pribadi, untuk itu kru pesawat yang harus memilih. Sialnya, salah satu penumpang yang terpilih adalah dokter tersebut. Tidak mau turun dari pesawat, dokter tersebut akhirnya diseret dengan paksa oleh pihak maskapai agar turun dari pesawat. Tak terima hendak diturunkan, si dokter pun meronta hingga ia pun terluka. Jelas saja kejadian ini membuat panik seisi kabin pesawat. United Airlines dikecam dan diserukan terhadap boikot maskapai ini.

Nggak bisa bahasa Inggris, penumpang tujuan Paris ini malah nyasar ke Amerika. Waduh!

nyasar di amerika via www.businessinsider.com

Tanggal 24 April 2017, Lucie Bahetoukilae mungkin sedang sial. Betapa tidak, gara-gara ia masuk gate sesuai yang tertera di boarding pass, ia malah nyasar sejauh 4.800 km. Karena tidak bisa bahasa Inggris, Lucie yang akan naik pesawat United Airlines dari New Jersey tujuan ke Paris ini justru naik ke pesawat dengan tujuan San Francisco, Amerika Serikat. Padahal sebelumnya telah terjadi perubahan gate di menit-menit terakhir di mana dia tidak menyadari adanya perubahan itu. Masuklah ia di pesawat yang menuju ke San Francisco. Di dalam pesawat, ia pun menyerahkan boarding pass ke pramugari dan anehnya pramugari mempersilakan Lucie duduk. Ketika mendarat di San Francisco ia sangat terkejut dan pihak United Airlines segera menerbangkan Lucie ke Paris setelah transit 11 jam!

Sepasang calon pengantin diturunkan paksa karena duduk di kursi yang berbeda dalam perjalanan ke acara pernikahan mereka di Kosta Rika

pasangan pengantin ini diturunkan dari united airlines via www.thisisinsider.com

Masih di United Airlines (mungkin pesawat ini sangat bermasalah), ada kejadian lagi di mana penumpang diturunkan dari pesawat. Michael Hohl dan Amber Maxwell mungkin nggak pernah menyangka bahwa perjalanannya ke Kosta Rika untuk menikah jadi kacau seperti ini. Awalnya mereka berdua kaget ada penumpang lain yang menempati tempat duduknya dan tidur. Mereka berdua pun memilih duduk di kursi lain. Ketika ditanya pramugari mengapa duduk di kursi lain, mereka menjawab kalau ada penumpang yang tidur. Mereka pun diminta menempati tempat duduknya sendiri. Namun, tak berapa lama mereka malah diturunkan karena dianggap (versi United Airlines) tidak mau kembali ke tempat duduknya sendiri.

Bercanda ada bom di pesawat dan berteriak ‘Allahu Akbar’, 9 penumpang ini diturunkan paksa di Brussels, Belgia

Ryan Air terancam bom via www.airlinequality.com

Advertisement

Dilansir dari DailyMail, dalam pesawat Ryan Air tujuan Madrid dari Zaventem, Brussels, tersebut akan berangkat pada pukul 7 pagi tanggal 2 September 2017. Namun ada kejadian yang bikin seluruh penumpang dan awak kabin ketakutan. Gara-garanya sepele, ada 9 orang yang bercanda dengan sangat keterlaluan. Mereka berteriak bahwa ada bom di dalam pesawat, sembari meneriakkan Allahu Akbar (Allah Maha Besar) yang seakan itu ulah umat Islam. Sontak penumpang dan kru pesawat pun panik gara-gara kejadian tersebut karena selama ini terjadi islamophobia di Eropa. Akhirnya mereka harus diturunkan karena dianggap mengganggu kenyamanan penumpang.

Baru terjadi beberapa waktu yang lalu, pesawat Delta Airline rute New York ke Seattle mengalami masalah sepele namun bisa jadi fatal, yakni toilet mampet. Pesawat pun sampai harus mendarat darurat lho!

toilet pesawat via www.dailymail.co.uk

Pesawat Delta Airlines ini mengalami masalah dengan toilet. Toilet di pesawat itu mampet alias tidak berfungsi secara normal. Hal ini tentu jadi masalah serius mengingat perjalanan masih butuh waktu 6 jam. Alhasil pesawat mendarat darurat. Sesampainya di bandara terdekat, tepatnya di Kota Billings, Montana, awak kabin mempersilahkan para penumpang untuk menggunakan toilet di bandara tersebut sebelum melanjutkan perjalanan.

Seorang bayi lahir di pesawat Turkish Airlines pada April tahun ini. Ini kejadian yang positif sih, meskipun aneh juga.

bayinya lucu via www.bbc.com

Nafy Diabi tentu saja nggak menyangka akan terjadi keajaiban ini. Usia 28 minggu kehamilan sebenarnya masih jauh dari kehamilan normal yang berkisar di angka 36 minggu. Namun itulah yang terjadi pada Nafy Diaby ketika sedang naik pesawat ke Istanbul. Ketubannya pecah dan ia akan segera melahirkan. Sontak, kru pesawat dan juga penumpang membantu persalinan wanita ini. Bayi mungil Nafi Diaby ini pun lahir dengan selamat di dalam pesawat. Mengharukan sekali ya. Ya walaupun agak rumit mengurus dokumen kelahiran bayi ini, dia lahir di negara mana kira-kira ya? Hehe.

Satu keluarga diturunkan dari pesawat JetBlue karena membawa kue ulang tahun untuk ibunya. Duh, ada-ada saja nih maskapai

Satu keluarga Burke yang berjumlah 4 orang merasa sangat sedih karena kue ulang tahun buat ibu tercinta, mereka harus diturunkan sebelum pesawat lepas landas. Hal ini diawali ketika Burke menaruh kue ulang tahun di kabin pesawat. Oleh pramugari mereka diminta memindahkan ke bawah tempat duduk. Namun oleh pramugari lain, Burke justru dimarahi karena menaruh kue di bawah kursi. Entah karena alasan apa, mereka justru diturunkan dari pesawat. Kebijakan yang sangat aneh. Terlebih, bagasi mereka ikut terbang bersama pesawat tersebut.

BONUS 

Dari Indonesia, ada penumpang pesawat Citilink yang diturunkan karena mendorong pramugari. Norak banget sih!

Insiden ini berawal dari cekcok mulut antara penumpang pria yang duduk di barisan kursi depan dengan pramugari Citilink Indonesia terkait barang bawaan penumpang yang diketahui melebihi ketentuan penerbangan. Tidak terima atas pemberitahuan dari awak kabin, penumpang tersebut tiba-tiba saja mendorong pramugari. Atas kejadian itu, si penumpang yang berasal dari Medan langsung diturunkan dari pesawat. Ya masa gara-gara diingatkan tentang bawaan yang overload, malah marah-marah. Norak banget ya.

Sekian dulu kejadian konyol di pesawat yang terjadi di tahun 2017. Kalau kamu ada kisah yang lebih unik, share di kolom komentar ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya