Apakah kamu anak kereta, alias suka naik kereta api? Kereta api kini sudah punya fasilitas yang bagus dan nyaman. Perjalanan darat jarak jauh pun kini sangat nyaman dengan naik kereta api. Bayangkan 10 tahun lalu, moda transportasi yang satu ini masih jelek banget. Semua orang tumplek blek ada di satu kereta hingga berdiri dan bergelantungan. Kini pemandangan ‘jadul’ seperti itu sudah tidak ada lagi di Indonesia. Ya kecuali KRL sih ya. Hehehe.

Nah, kalau kamu suka naik kereta pasti tau dong 7 kelakuan nyebelin dari penumpang kereta api. Memang kalau ketemu penumpang seperti ini ngeselin banget sih. Pasti kamu udah hapal deh.

1. Suka nyetel musik dengan volume keras adalah penumpang tak tahu diri

pake headset ya via guratankaki.com

Advertisement

Di kereta, kamu punya tetangga kursi yang sepatutnya kamu hormati. Mendengarkan musik dengan speaker menyala tanpa headset adalah sebuah perilaku ‘tidak menyenangkan.’ Ya kalau selera lagu kamu itu bagus. Kalau ternyata kamu sukanya lagu dangdut koplo dan teman dudukmu benci banget dengan lagu begituan ya bisa perang dunia. Hehehe. Pake headset ya, tapi ya jangan sambil nyanyi nyanyi juga.

2. Buang sampah sembarangan adalah ‘budaya’ Indonesia. Entah kenapa ‘budaya’ yang satu ini tidak bisa dihilangkan

sampah berserakan di stasiun MRT via mediaindonesia.com

Di ruang publik, selalu ada orang-orang nggak tahu diri yang suka buang sampah sembarangan. Tak terkecuali di dalam kereta. Tau ada yang bersihin sampah, makin deh semena-mena. Buang sampah makanan sembarangan di kereta tentu sangat menyebalkan ya. Mau ditegur kok nanti pasti galakan dia. Kalau nggak kok ya nggak enak dilihat.

3. Barang-barang ditaruh di kaki. Sebenarnya nggak masalah sih, cuma kitanya jadi susah mau ngapa-ngapain kan?

repotin penumpang lain via phinemo.com

Sekali lagi, hal paling mendasar yang patut diketahui semua penumpang kereta adalah bersikap tidak merugikan orang lain. Kalau naik kereta ya jangan bawa barang kebanyakan, atau bisa 3-4 dus. Kalau tempat barang di atas nggak cukup terus taruh di bawah kaki ‘kan mengganggu teman duduk di depannya. Kakinya susah bergerak dan mau ke kamar mandi aja repot banget.

4. Tidur ngorok dan selonjoran di bawah kursi

tidur di jalan lho via watergius.wordpress.com

Advertisement

Tidur di kereta sih boleh saja. Tapi ya berusahalah tidak mengganggu penumpang lain. Kalau sadar diri ngorok pas tidur, ya usahakan tidurnya miring biar nggak ngorok. Atau setidaknya pake masker lah ya. Jangan juga tiduran di bawah kursi ya. Sumpah itu ‘ndeso’ banget. Lantai bukan buat tempat tidur ya. Jelas bakal mengganggu penumpang lain dong ya.

5. Tempat duduk diserobot orang lain seenaknya pasti sudah pernah kamu rasain

piye perasaanmu? via phinemo.com

Nah ini pasti kamu sudah pernah ngalamin sendiri ya. Kursi yang sudah kamu pesan eh ternyata sudah ada yang menempati. Dan biasanya tipikal orangnya nyebelin, entah yang pura-pura tidur, nggak mau pindah, atau malah nyolot kita yang dimarahin. Kalau ada kejadian begini laporin ke polsuska aja ya. Biar kapok!

6. Cerewet dan suka ngajakin ngobrol

cerewet via www.instagram.com

Obrolan basa-basi di kereta wajar dong ya. Tapi ada ‘kan penumpang yang kepo dan cerewet banget. Mau nggak mau ‘kan harus ditanggepin dong ya. Kalau enggak ‘kan dikira sombong nanti. Kalau ditanggepin terus makin ngelantur dan nggak bisa tidur. Hehehe.

7.  Suka tidur bersandar di bahu kamu. Memang hubungan kalian sejauh apa? Cuma sejauh rute kereta aja kok, berani-beraninya nyenderin kepala. Mau tanggung jawab kalau baper?

kalau yang nyender gini sih gapapa deh, terus-terusin via tva.onscreenasia.com

Tidur di bahu penumpang lain biasanya sih nggak sengaja ya. Tapi bisa jadi modus lho. Hehehe. Nggak enak dan risih gitu nggak sih ada yang nyender di bahu kamu seseorang yang tidak kamu tahu namanya. Ingat, jangan baper ya. Hubungan kalian cuma sampai di stasiun saja. Jangan berharap diajak ke KUA ya. Jangan lebay.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya