Saat bertandang ke Jawa Timur, Kota Malang dan Surabaya ibarat primadona di kalangan para traveler. Tak bisa dipungkiri, keduanya memang memiliki berbagai destinasi wisata yang layak dikunjungi.

Namun, bukan berarti daerah-daerah lain di Jawa Timur boleh kamu abaikan begitu saja. Kabupaten Jember dengan berbagai pesona wisata yang dimilikinya terbukti juga patut kamu jamahi saat musim liburan tiba. Nah, apa saja sih destinasi wisata yang ada di Jember? Simak di artikel ini, yuk!

1. Menjajal Wisata Edukasi, Kunjungi Pabrik Coklat Peninggalan Belanda di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia

Puslit Kopi dan Kakao Indonesia via jembertourism.com

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia yang lokasinya di Jalan PB. Sudirman 90 sangat cocok bagi kamu yang ingin menjajal serunya wisata edukasi. Di tempat ini pula terdapat pabrik coklat peninggalan Belanda yang sudah berdiri semenjak tahun 1911.

Salah satu produk andalan dari Puslit Kakao ini adalah coklat dengan merek Vicco. Meskipun tidak banyak dikenal, kualitas cokelat dari pabrik ini telah dikenal hingga negara-negara lain, lho. Bahkan, konon Vicco termasuk salah satu cokelat dengan kualitas di terbaik dunia.

Advertisement

Nah, bagi para wisatawan yang ingin berkunjung di pabrik coklat ini, diharuskan untuk mengurus surat perizinan terlebih dahulu, ya!

2. Mencicipi Sensasi Ecotourism dengan Jalan-jalan ke Kebun Kopi, Terowongan Kereta Api, dan Pabrik Kopi Gumitir

Pabrik Kopi Gumitir via agrorolas.wordpress.com

Usai menjelajahi Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, kamu dapat meneruskan jalan-jalan ke Pabrik Kopi Gumitir. Di sini, kamu dapat mencoba sensasi ecotourism di Jember. Kamu bisa menikmati jalan-jalan ke kebun kopi, terowongan kereta api, dan pabrik kopi serta melihat proses produksi di dalamnya.

Uniknya, semua peralatan dan bangunan Pabrik Kopi Gumitir adalah peninggalan zaman kolonial Belanda. Selain itu, panorama perbukitan dan kawasan perkebunan kopi di kawasan ini sudah pasti membuatmu betah berlama-lama di sana. Fasilitas flying fox dan outbond pun tersedia dan bisa dicoba untuk memeriahkan liburanmu.

3. Tak Lengkap Berkunjung Ke Jember Jika Belum Mampir ke Museum Tembakau

Jember, Kota Tembakau via kelompok4mensi.blogspot.com

Jember memang tersohor sebagai kota penghasil tembakau. Saat berkunjung ke sana, tak lengkap rasanya jika kamu tak menyempatkan mampir ke Museum Tembakau Jember yang dikelola UPT Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau Jember.

Di Museum Tembakau ini, pengunjung bisa memperoleh wawasan mengenai tanaman tembakau. Kamu pun juga bisa menyaksikan film dokumenter mengenai proses cocok tanam tembakau sejak jaman Belanda dahulu. Buku-buku tentang tembakau dan alat-alat kuno seperti lintingan rokok serta tempat penyimpanan tembakau pun turut dipamerkan di museum ini.

4. Menengok Peninggalan Zaman Megalitikum di Situs Duplang, Desa Duplang

Situs Duplang dari zaman megalitikum via vieraajeng.blogspot.com

Situs Duplang merupakan peninggalan masa megalitikum yang terletak di Dusun Duplang, Desa Kamal Arjasa. Situs ini diyakini sebagai sebuah desa purba sehingga banyak ditemukan benda-benda peninggalan prasejarah di tempat ini.

Kamu berkesempatan melihat langsung benda-benda purbakala seperti kubur batu, batu kenong, dan menhir. Situs Duplang yang diperkirakan ada pada abad 4 Masehi ini menandakan bahwa manusia purba sudah mengenal kegiatan-kegiatan manusia, misalnya bercocok tanam.

5. Manjakan Matamu dengan Menyaksikan Keindahan Air Terjun Tancak dan Kebun Kopi Gunung Pasang

wisata di Air Terjun Tancak via boerhunt.wordpress.com

Air Terjun Tancak di Jember menawarkan pemandangan alam nan eksotis. Tak hanya di lokasi air terjunnya, tapi perjalanan menuju lokasi air terjun pasti tak akan terlupakan. Selama perjalanan kamu bisa menyaksikan indahnya pemandangan Kebun Kopi Gunung Pasang. Jika sedang panen, kamu pun dapat mengamati aktivitas para pemetik kopi yang tengah sibuk memanen biji kopi.

Setelahnya, kamu akan menikmati perjalanan melewati jalan setapak dan matamu pun akan dimanjakan dengan hamparan warna hijau. Meskipun sedikit terasa melelahkan, pemandangan air terjun yang menantimu jelas akan setara dengan rasa lelahmu.

6. Kalau Bogor Punya Puncak, Jember Pun Punya Kawasan Puncak Rembangan yang Banyak Terdapat Perkebunan Buah Naga

Kawasan Puncak Rembangan via zedtravellerone.blogspot.com

Terletak di ketinggian Gunung Argopuro, panorama alam di Puncak Rembangan memang luar biasa indah. Sejuknya udara di kawasan Rembangan pun akan membuatmu merasa nyaman berlama-lama berada di sana.

Selain terkenal dengan panorama dan kesejukannya, Puncak Rembangan juga tersohor lantaran terdapat banyak perkebunan buah naga di sana. Sepanjang perjalanan menuju Kawasan Puncak Rembangan, kamu bisa melihat perkebunan buah naga di kanan kiri jalan. Saat malam hari, pemandangan lampu-lampu kota pun akan terlihat indah dari kawasan ini.

7. Selepas Perjalanan Menjelajahi Jember, Tak Ada Salahnya Sejenak Bersantai di Taman Botani Sukorambi

Taman Botani Sukorambi via it-is-my-adventure.blogspot.com

Taman Botani Sukorambi terletak di Jalan Mujahir. Di kelilingi kawasan persawahan, sebagian wilayah Taman Botani ini masih berupa hutan dengan berbagai flora dan fauna yang ada di sana. Selain itu, taman ini memiliki beragam fasilitas seperti kolam ikan, kolam renang, kafe, restoran, perpustakaan, hingga ruang pertemuan. Ada pula fasilitas olahraga air dan flying fox yang bisa kamu nikmati.

Di bagian atas taman ini terdapat kebun dengan ratusan jenis tanaman herbal. Terdapat pula ratusan jenis bunga dan buah-buahan serta beragam binatang yang terpelihara dengan baik di taman ini.

Selain destinasi-destinasi yang disebutkan di atas, tentu masih banyak pesona wisata yang dimiliki Jember. Gimana? Sudah bersiap merencanakan perjalananmu ke Kota Tembakau ini?