Sebuah daratan diisi oleh manusia mungkin jadi hal yang sangat biasa terjadi di muka bumi ini. Namun bagaimana kalau daratan tersebut hanya diisi oleh kawanan binatang? Beberapa di antaranya bahkan dinamai sesuai nama binatang yang hidup di pulau tersebut.

Nah kali ini Hipwee Travel telah mengumpulkan 7 pulau yang menjadi habitat satu kawanan binatang. Kirai-kira pulau apa aja ya? Yuk langsung scroll ke bawah~

Menyaksikan kawanan kuda berlari-lari di alam bebas tentu pengalaman menarik. Cuma ada di Assateague Island

Banyak kudanya

Banyak kudanya via ngm.nationalgeographic.com

Advertisement

Amerika Serikat ternyata punya pulau unik yang jadi tempat hidup kawanan kuda. Pulau tersebut bernama Assategue. Terletak di negara bagian Maryland dan Virginia, pulau tersebut tak dihuni satu orang pun manusia.

Konon, pada zaman dahulu, kuda-kuda yang berada di Pulau Assateague adalah sekawanan kuda mampu selamat dari karamnya kapal. Cerita lain menyebutkan, kuda-kuda tersebut datang dari Pulau Chincoteague yang berenang ke Pulau Assateague.

Entah mana yang benar, namun kuda-kuda tersebut sangat bersahabat kepada turis yang mengunjungi pulau tersebut. Nggak sedikit turis yang ngaku betah liburan di sana karena pemandangan kuda-kuda liar yang hidup secara bebas.

Memang sih cerita asal muasalnya bikin ngeri, tapi sekarang pemerintah Jepang melindungi kelinci di Pulau Okunoshima kok

Bugs bunny-nya banyak

Bugs bunny-nya banyak via assets.kompas.com

Advertisement

Kisah awal mula keberadaan kelinci-kelinci di Pulau Okunoshima pasti bakal bikin pecinta binatang geram. Pasalnya, dulu Okunoshima jadi tempat pembuatan gas beracun pada masa Perang Dunia II. Kelinci-kelinci tersebut pun jadi hewan percobaan. Mungkin inilah alasan yang bikin kenapa ada istilah ‘kelinci percobaan’.

Usai masa perang usai, lokasi produksi pun ditutup. Namun, kelinci-kelinci dibiarkan hidup dan berkembang biak hingga mendominasi pulau tersebut. Kini, kelinci-kelinci di Okunoshima jadi hewan yang dilindungi.

 

Meski hidup di sekitar hiu-hiu ganas, ribuan anjing laut lucu tetap jadikan Seal Island di Afrika Selatan sebagai rumah singgahnya

Banyak banget

Banyak banget via i.ytimg.com

Di baca dari namanya, kamu mungkin langsung bisa menebak pulau ini diisi hewan apa. Letaknya tak jauh dari lepas pantai Cape Town, Afrika Selatan. Pulau ini sangat kecil jika dibanding pulau-pulau binatang lainnya. Nggak ada vegetasi sama sekali. Namun, pulau tersebut bisa diisi ribuan anjing laut lho. Kebayang badan-badan mereka yang lucu saling sempit-sempitan.

Berisinya ribuan anjing laut membuat perairan sekitar Seal Island dipenuhi kawanan hiu putih ganas. Anjing laut merupakan salah satu makanan favorit predator laut tersebut. Atas sebab itulah perairan di sekitar Seal Island disebut sebagai ‘Ring of Death’.

Di balik indahnya pemandangan laut dan pasir putih yang membentang, Kepulauan Bahama juga punya pulau unik yang cuma jadi habitat babi

Lagi rame turis nih

Lagi rame turis nih via i1.nyt.com

Sebagian dari kamu mungkin ada yang membayangkan persis seperti pulau yang jadi penjahat di film Angry Birds. Tapi bukan kok, soalnya, babinya nggak berwarna hijau.

Pig Island terletak di Kepulauan Bahama. Di pulau tersebut, babi-babi juga pandai berenang! Konon sih babi-babi ini milik para pelaut yang sengaja ditinggalkan sebagai bahan makanannya. Namun sayangnya para pelaut tersebut tak kembali dan keberkahan menyelimuti babi-babi. Kawanan babi tersebut beradaptasi dan beranak pinak sampai sebanyak sekarang.

 

Pulau kebanggaan bangsa Indonesia, siapa lagi kalau bukan Pulau Komodo?

Ditemenin ranger ya

Ditemenin ranger ya via ngetripmulu.com

Kita semua jelas tahu pulau ini terletak di negara mana. Di negara kita sendiri: Indonesia. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pulau Komodo bahkan sudah jadi Taman Nasional. Beberapa tahun, Pulau Komodo bahkan makin dikenal masyarakat dunia karena diangkat dan dipromosikan sebagai salah satu keajaiban dunia di mana-mana.

Sejatinya, komodo adalah hewan karnivora yang bisa menyerang manusia kapan pun dan di mana pun di pulau tersebut. Namun, pemerintah mengizinkan siapa pun untuk plesiran di pulau ini, dengan syarat ditemani ranger atau pemandu wisata khusus. Jadi kalau kamu ke sana, jangan pernah sekali-kali berpikir bakal aman-aman aja tanpa ranger.

 

Kamu seorang cat lovers? Nggak sah rasanya kalau kamu lagi di Jepang, tapi nggak main ke Pulau Tashirojima

Cat lovers, yakin nggak mau ke sini?

Cat lovers, yakin nggak mau ke sini? via simomot.files.wordpress.com

Pulau yang satu ini sangat Hipwee rekomendasikan untuk dikunjungi cat lovers. Pulau Tashirojima di Prefektur Miyagi Jepang surganya para kucing. Pasalnya, jumlah manusia yang hidup di sana lebih sedikit dari populasi kucing. Pulau ini terletak di sebelah timur Jepang. Buat kamu yang penasaran dan ingin membuktikannya sendiri, kamu bisa menaiki ferry kurang lebih dua per tiga jam dari Ajishima Line.

Populasi kucing yang melebih manusianya sendiri ternyata gara-gara kepercayaan. Penduduk di Pulau Tashirojima percaya kalau kucing adalah hewan pembawa keberuntungan. Nggak tanggung-tanggu lho, di sana juga terdapat kuil yang mereka persembahkan untuk kucing, yaitu Neko-jinja.

Kamu jarang disenyumin orang? Sowan Rottnest Island, di sana banyak makhluk yang siap berikan kamu senyum termanisnya

Turis pun bisa dengan mudah mengajak hewan tersebut selfie

Turis pun bisa dengan mudah mengajak hewan tersebut selfie via amateurtraveler.com

Bagian barat Australia memiliki rumah bagi fauna unik quokka. Nama quokka memang sangat asing bagi kita, pasalnya mereka adalah salah satu hewan khas benua tersebut. Pulau itu bernama Rottnest Island. Quokka nya sering disandingkan dengan kanguru, tapi versi mininya.

Sebenarnya yang bikin unik dari quokka sendiri adalah rupanya. Media-media internasional bahkan menyebutnya sebagai binatang paling bahagia di bumi berkat rupa dari wajahnya. Wajahnya jenaka dan selalu tampak selalu tersenyum. Aduhhh jadi pengen disenyumin langsung.

Nah itulah 7 pulau di dunia yang isinya didominasi satu jenis hewan. Menurutmu, mana pulau yang paling ingin kamu kunjungi?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya